Cara Mendapatkan Jadwal Keberangkatan Bus di Android

Beberapa minggu lagi umat islam akan merayakan hari kemenangan, hari idul fitri. Hari di mana semua orang bersuka cita, karena telah berhasil melewati bulan suci Ramadan dengan ibadah penuh.

Tentunya, ibadah-ibadah tersebut bisa diharapkan untuk terus berlangsung setelah Ramadan.

Menjelang lebaran pula, terdapat rutinitas tahunan yang biasa orang-orang lakukan. Yakni rutinitas untuk pulang kampung atau pergi piknik bersama keluarga.

Memang kondisi pulang kampung saat ini berbeda jauh dengan kondisi pulang kampung pada saat 2019.

Masa di mana Covid-19 belum menyerang, dan masyarakat dapat pulang kampung dengan tenang.

Untuk kamu yang masih ingin pulang kampung, diharapkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan dengan baik, dan jangan sampai lengah.

Pastikan bahwa setiap barang bawaan kamu aman, dan higienis.

Advertisements

Selain faktor tersebut, kamu juga dapat memastikan bahwa smartphone kamu memiliki aplikasi-aplikasi yang akan membantu perjalanan.

Salah satu dari aplikasi yang mungkin akan banyak membantu perjalanan kamu adalah TemanBus.

Aplikasi ini memang sangat cocok untuk kamu yang baru pertama kali menjelajah sebuah kota, dan tidak memiliki opsi untuk naik kendaraan pribadi di sana.

Aplikasi akan secara gamblang menampilkan jadwal keberangkatan bus. Jadi kamu bisa dengan tenang menunggu bus yang tujuannya sesuai dengan tujuan kamu, di halte.

Lalu bagaimana cara mengggunakan aplikasi ini?

Baca juga: Cara Mengetahui Jalur Khusus untuk Plat Kendaraan Ganjil & Genap

Teman Bus

Aplikasi Teman Bus adalah aplikasi yang memudahkan penggunanya untuk mendapatkan informasi keberangakatn bus dengan lengkap dan juga real time.

Aplikasi ini dikembangkan langsung oleh Direktorat Angkutan Jalan Kemenhub.

Advertisements

Teman Bus memiliki banyak armada bus yang siap untuk kamu gunakan. Tidak hanya memudahkan pengguna untuk mengetahui informasi keberangkatan, tapi juga memudahkan pengguna untuk melacak rute perjalanan bus.

Ada banyak fitur yang bisa dimanfaatkan dari Teman Bus.

Penulis akan menyebutkannya satu per satu kepada kalian, pembaca setia Androbuntu.com

Fitur-Fitur Teman Bus

  • Fitur Mau Kemana Hari Ini, adalah fitur yang memudahkan kamu untuk lokasi tujuan perjalanan dan kamu akan diarahkan pada halte terdekat dengan posisi kamu.
  • Jadwal. Dengan fitur ini, kamu bisa mudah mengetahui jadwal, dan halte waktu keberangkatan dan kedatangan bus.
  • Peta jaringan, memudahkan kamu untuk melihat peta keseluruhan rute Teman Bus di setiap kota
  • Berita untuk kamu yang ingin mendapatkan berita-berita terbaru terkait Teman Bus

Itulah beberapa fitur-fitur yang ada di aplikasi Teman Bus. Aplikasi ini sendiri telah tersedia di Yogyakarta, Solo, Bali, Medan dan Palembang.

Diperkirakan aplikasi akan terus berkembang ke berbagai kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Cara Mendapatkan Jadwal Keberangkatan Bus di Android

1. Langkah pertama dan tentu saja harus kamu lakukan adalah menginstal aplikasi Teman Bus di Play Store.

Instal Teman Bus di Play Store.jpg

2. Setelah aplikasi terinstal, bukalah aplikasi tersebut. Kamu akan sambut oleh aplikasi Teman Bus dengan pesan layaknya “Tour Guide” pengenalan aplikasi. Kamu bisa membacanya sampai slide terakhir, atau memutuskan untuk melewatinya dengan tombol Lanjut.

Advertisements
Ucapan Selamat Datang Aplikasi Teman Bus.jpg

3. Setelah itu izinkan aplikasi Teman Bus untuk mendapatkan akses pada pengelolaan panggilan telepon. Akses ini diperlukan agar kamu bisa dengan mudah menggunakan salah satu fitur dari Teman Bus, yakni Call Center.

Izinkan untuk Akses Telepon.jpg

4. Izinkan juga Teman Bus untuk mendapatkan izin lokasi perangkat. Izin diberikan agar kamu dapat mengakses fitur Mau Kemana Hari Ini.

Izinkan untuk Akses Lokasi.jpg

5. Inilah tampilan utama daripada aplikasi Teman Bus. Dapat dilihat di aplikasi terdapat 6 menu utama, yakni Beranda, Jadwal, Setelan, Bantuan, Berita dan Riwayat.

Tampilan Utama Teman Bus.jpg

6. Penulis mencoba terlebih dahulu menggunakan fitur Mau Kemana Hari Ini yang ada di bagian Beranda. Setelah fitur itu dipilih, pilih kota yang ingin kamu kunjungi.

Memilih Kota.jpg

7. Di sini penulis memilih kota Surakarta (Solo), dan inilah hasilnya. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan nomor bus, dan rute perjalanan bus. Plih menu Jadwal ya.

Jadwal Keberangkatan Bus di Solo.jpg

8. Penulis memilih K1S, perjalanan dari Bandara Adi Sumarmo – Terminal Palur. Pilih icon panah kecil pada rute yang kamu inginkan. Inilah hasilnya. Kamu dapat melihat nomor bis, jam keberangkatan, estimasi perjalanan, dan juga rute perjalanan Dari – Menuju ke mana.

Jadwal Keberangkatan Bus dengan Detail.jpg

9. Balik ke beranda. Jika tadinya kamu memilih Solo, maka kamu bisa mendapatkan Peta Jaringannya dengan mudah. Cukup akses fitur tersebut, dan kamu bisa melihat Peta Jaringan Solo dengan jelas. Sesuaikan pilihan Kota yang kamu ingin tuju.

Advertisements
Peta Jaringan di Teman Bus.jpg

10. Catatan penting, untuk dapat menggunakan aplikasi ini, kamu harus terus terhubung ke dalam jaringan internet.

Kesimpulan

Aplikasi Teman Bus adalah aplikasi yang memudahkan kita untuk mendapatkan informasi keberangkatan bus kota lebh mudah.

Kita dapat dengan mudah mengetahui rute perjalanan, jadwal dan estimasi keberangkatan serta halte terdekat dari bus yang ingi kita tumpangi.

Aplikasi ini sendiri juga bisa diakses untuk wilayah Solo, Yogyakarta, Bali, Medan, Palembang dan beberapa kota besar lainnya.

Diharapkan Teman Bus mampu terus melebarkan sayapnya di berbagai kota besar lainnya.

Menulis adalah healing terbaik.