Apa itu ApeCoin? Haruskah Kalian Membelinya?

Salah satu tren baru yang muncul di dunia kriptokurensi adalah non-fungible token atau NFT. Banyak orang berlomba-lomba membuat NFT mereka sendiri, kemudian menjualnya.

Namun diantara sekian banyak NFT, hanya ada beberapa nama saja yang benar-benar bisa dikatakan “sukses”. Salah satu nama besar dalam dunia NFT adalah Bored Ape Yacht Club.

Nah, baru-baru ini, perusahaan yang membuat NFT tersebut juga membuat sebuah token bernama ApeCoin.

Apa itu ApeCoin? Apakah kalian harus membelinya? Temtukan jawabannya dibawah ini.

Baca juga: Mengenal OpenSea, Platform Jual-Beli NFT Terbesar di Dunia

Mengenal Bored Ape Yacht Club

ApeCoin (APE) adalah token berbasis Ethereum yang terhubung dengan NFT Bored Ape Yacht Club. NFT Bored Ape Yacht Club sendiri adalah salah satu proyek NFT paling sukses saat ini.

NFT Bored Ape Yacht Club terjual dengan harga yang fantastis. Banyak selebritis di luar negeri yang membeli NFT ini, sehingga semakin meningkatkan harganya.

Jika Sobat Androbuntu ingin membeli NFT ini, maka minimal kalian harus menyiapkan uang sebesar 300.000 Dolar Amerika, itu adalah salah satu NFT termurah dari NFT Bored Ape Yacht Club.

Sedangkan untuk NFT Bored Ape Yacht Club termahal dibanderol dengan harga 2 juta Dolar Amerika.

Web 3.0 dan Metaverse

Seiring dengan semkain populernya NFT Bored Ape Yacht Club, perusahaan dibaliknya, YugaLabs, menggunakan momentum ini untuk meluncurkan aplkasi Web 3.0 mereka.

Perusahaan tersebut telah meluncur metaverse buatan mereka sendiri yang disebut dengan Otherside.

Mereka bahkan berencana untuk melangkah lebih jauh lagi dengan menciptakan Web 3.0 dan teknologi blockchain berbasis komunitas.

Untuk memulai rencana mereka ini, YugaLabs membagikan ApeCoin secara gratis kepada para pemilik NFT Bored Ape Yacht Club.

Untuk setiap pemilik NFT Bored Ape Yacht Club, mereka menerima 10.094 ApeCoin. Berdasarkan harga saat airdrop tersebut terjadi, nilainya adalah $70.000.

YugaLabs menggunakan blockchain untuk menelusuri alamat wallet para pemilik NFT Bored Ape Yacht Club, kemudian mengirimkan ApeCoin ke semua alamat wallet Ethereum tersebut.

Pada tanggal 17 April, para pemilik NFT tersebut melihat ada ribuan ApeCoin di wallet mereka.

ApeCoin akan digunakan sebagai mata uang bawaan untuk segala hal yang berhubungan dengan komunitas Bored Ape.

Pada akhir April 2022, YugaLabs meluncurkan pelelangan untuk “pulau (land)” di Otherside. Terdapat 55.000 akta pulau yang dicetak sebagai NFT. Satu akta merepresentasikan satu pulai di Otherside.

Akta hanya dapat dibeli menggunakan ApeCoin. Setiap akta dihargai 305 ApeCoin.

Pelelangan pulau virtual ini benar-benar menarik minat banyak orang. Pelelangan ini menghasilkan $300 juta dalam penjualan saat perilisan awal dan kembali mendapatkan keuntungan #300 juta pada penjualan kembali pasca pelelangan.

Permintaan yang besar dari pulai di Otherside ini menjadi salah satu penyumbang lalu lintas terbesar di blockchain Ethereum tahun ini.

Memecoin Tetaplah Memecoin

Sekarang masuk ke pertanyaan “Apakah kita harus membeli ApeCoin?”. Jawabannya, tentu saja terserah kalian.

Jika memang kalian percaya bahwa harga ApeCoin akan naik di masa mendatang, maka silahkan beli. Namun jika tidak yakin, tidak usah beli.

Saya sendiri menganggap ApeCoin sebagai memecoin. Tidak kurang dan tidak lebih. Karenanya, saya tidak ikut-ikutan membelinya.

Artikel lainnya:

Toxic bitcoin maximalist.