Cara Mengatasi Yandex Muncul “Pencarian aman aktif”

Yandex menjadi salah satu mesin pencari alternatif selain Google yang banyak digunakan oleh orang Indonesia. Terutama oleh mereka yang ingin mencari foto dan video yang tidak bisa dicari di Google.

Walaupun Yandex merupakan mesin pencari buatan Rusia, namun kita tetap dapat menggunakannya di Indonesia (setidaknya sampai saat artikel ini dibuat). Dan menariknya adalah seperti yang tadi saya katakan, kita dapat mencarri foto dan video yang tidak ada di Google.

Jadi jika Sobat Androbuntu sedang kesepian di tengah malam, kamu dapat membuka Yandex dan mencari gambar-gambar dan video-video yang dapat menemani kamu.

Namun sering kali ketika orang baru pertama kali menggunakan Yandex untuk mencari foto dan video, mereka kesulitan karena situs buatan Rusia ini tidak menampilkan hasil pencarian. Alih-alih menampilkan hasil pencarian, Yandex justru menampilkan tulisan “Pecarian aman aktif”.

Atau jika setelan perangkat kamu menggunakan bahasa Inggris, tulisannya akan menjadi “Safe search enabled”. Kamu jangan langsung menyerah jika Yandex menampilkan tulisan seperti itu.

Ada dua hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi hal tersebut, dan keduanya telah saya tulis pada artikel dibawah ini.

Baca juga: Cara Menonton Video di Yandex

Cara Mengatasi Yandex Muncul “Pencarian aman aktif”

Buka yandex.com di Google Chrome, Firefox, atau browser favorit yang biasa kalian gunakan. Setelah itu ketuk tombol Settings yang ada dibagian paling bawah layar.

Cara Mengatasi Yandex Muncul "Pencarian aman aktif" 1

Nonaktifkan pencarian aman dengan cara memilih opsi No filter pada Filter search result. Ini berfungsi untuk menampilkan semua hasil pencarian di Yandex, termasuk untuk pencarian dengan kata kunci yang sensitif.

Cara Mengatasi Yandex Muncul "Pencarian aman aktif" 2

Setelah mengganti opsi diatas, Yandex masih belum menampilkan hasil pencarian dari kata kunci yang kamu inginkan. Ketuk menu lokasi yang menampilkan kota dimana kamu berada sekarang.

Cara Mengatasi Yandex Muncul "Pencarian aman aktif" 3

Nonaktifkan pilihan Detect automatically kemudian pada kolom City pilih kota dari Amerika atau negara-negara barat lainnya, contohnya New York. Jangan lupa ketuk tombol Save.

Cara Mengatasi Yandex Muncul "Pencarian aman aktif" 4

Setelah kedua hal diatas dilakukan, maka sekarang Yandex akan secara otomatis menampilkan hasil pencarian yang kamu inginkan, mulai dari web, gambar hingga video. Seperti terlihat pada screenshot dibawah ini:

Cara Mengatasi Yandex Muncul "Pencarian aman aktif"

Untuk lebih mudah memahami tutorial diatas, Sobat Androbuntu juga dapat menonton video berikut:

Ikuti TikTok Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari