Cara Menggunakan Yandex untuk Mencari Situs, Gambar dan Video

Google bukan hanya satu-satunya mesin pencari yang dapat kamu gunakan untuk melakukan pencarian di Internet. Ada banyak mesin pencari lain seperti DuckDuckGo, Startpage, Bing, Yahoo dan Yandex.

Nah, yang akan saya bahas kali ini adalah Yandex. Ini merupakan situs mesin pencari yang berasal dari negara Rusia.

Beberapa diantara kamu mungkin sudah pernah menggunakannya, atau pernah mendapatkan rekomendasi dari teman.

Di negara asalnya, Yandex menguasai pangsa pasar mesin pencari sebanyak 60%, mengalahkan Google.

Di Indonesia, Yandex digunakan untuk melakukan pencarian situs, foto dan video yang tidak bisa dicari menggunakan Google.

Baca juga: Pengertian Search Engine Serta Fungsi dan Contohnya

Kenapa Menggunakan Yandex?

Saat kamu mencari situs, gambar atau video di Google, mesin pencari ini hanya akan menampilkan hasil pencarian dari situs-situs yang dianggap “aman” saja.

Hasil pencarian dari situs-situs yang dianggap tidak aman dan juga diblokir di Indonesia tidak akan ditampilkan oleh Google.

Karenanya, kamu sesekali akan hasil pencarian kosong ketika mencari dengan kata kunci tertentu di Google.

Yandex, di sisi lain adalah mesin pencari yang berasal dari Rusia bekerja dengan cara yang berbeda dengan Google. Yandex akan menampilkan seluruh situs (termasuk foto dan video) di hasil pencarian mereka, termausk dari situs-situs yang diblokir di Indonesia.

Ini dikarenakan Yandex beroperasi di Rusia, karenanya semua situs yang diblokir di Indonesia tidak diblokir disana, sehingga dapat ditampilkan di Yandex.

Simpelnya, Yandex akan menampilkan hasil pencarian dari situs-situs tertentu yang tidak ada di Google.

Cara Menggunakan Yandex untuk Mencari Situs, Gambar dan Video

Jika kamu adalah pengguna laptop atau komputer, kamu dapat menggunakan browser apa saja untuk mengunjungi mesin pencari Yandex.

Caranya, buka browser kemudian kunjungi situs yandex.ru. Setelah itu, masukkan kata kunci di kolom pencarian yang tersedia, lalu klik tombol kuning disampingnya.

Cara Menggunakan Yandex by Androbuntu 1

Setelah itu, Yandex akan menampilkan seluruh hasil pencarian yang relevan dengan kata kunci yang tadi Sobat Androbuntu masukkan.

Cara Menggunakan Yandex by Androbuntu 2

Sama seperti mesin pencari lainnya, Yandex juga tidak hanya dapat mencari situs saja, tapi juga foto dan video.

Kamu tinggal klik saja tab disamping tab utama.

Untuk kamu para pengguna perangkat Android dan iOS yang ingin sering menggunakan Yandex, maka saya sarankan untuk mengunduh aplikasinya. Dengan menggunakan aplikasinya, proses pencarian akan jadi lebih mudah.

Untuk menggunakan aplikasi ini, caranya sangat mudah. Buka aplikasi Yandex, kemudian langsung saja ketuk tombol pencarian yang ada dibagian atas aplikasi.

Cara Menggunakan Yandex by Androbuntu 3

Ketik kata kunci pencarian, kemudian ketuk tombol Search.

Cara Menggunakan Yandex by Androbuntu 4

Yandex kemudian akan menampilkan seluruh hasil pencarian yang relevan. Tidak seperti versi web-nya yang menggunakan bahasa Rusia, di aplikasinya ini menu hasil pencariannya menggunakan bahasa Inggris, jadi lebih mudah dimengerti.

Cara Menggunakan Yandex by Androbuntu 5

Seperti yang dapat kamu lihat pada screenshot diatas, ada hasil pencarian untuk Sites, Images, Video, dan lain-lain.

Apakah saya harus menggunakan VPN?

Jika hanya sekedar untuk memasukkan kata pencarian di Yandex, kamu tidak perlu menggunakan VPN. Namun terkadang ada beberapa situs yang jika di klik tidak dapat diakses karena diblokir di Indonesia.

Karenanya, kamu mungkin masih membutuhkan VPN jika ingin mengakses situs-situs yang ditampilkan di hasil pencarian Yandex.

Apakah Androbuntu merekomendasikan Yandex sebagai mesin pencari utama?

Saya tidak merekomendasikan Yandex untuk dijadikan sebagai mesin pencari utama yang kamu gunakan sehari-hari. Sebagai gantinya, saya merekomendasikan mesin pencari yang lebih ramah privasi seperti DuckDuckGo dan Startpage.

Artikel lainnya:

Pemikir, cowok rumahan.