5 Aplikasi Video Editor Terbaik di Linux Untuk Membuat Video Keren

Aplikasi Video Editor Terbaik di Linux

5 Aplikasi Video Editor Terbaik di Linux – Saat ini semakin banyak para pengembang yang mengembangkan aplikasi dan software-nya untuk platform linux. Hal itu karena semakin banyak orang yang memilih linux untuk komputer dan laptop-nya. Sehingga bisa dikatakan saat ini linux bisa digunakan untuk kalangan profesional dengan profesi apapun, mulai dari penulis, pengembang web, sampai dengan video maker atau YouTuber.

Omong-omong soal video, di linux sendiri tersedia banyak sekali software dan aplikasi untuk mengedit video. Mulai dari aplikasi edit video ringan sampai yang rumit dan profesional. Jika kamu adalah pengguna linux yang sedang mencari aplikasi edit video, maka kamu beruntung membaca artikel ini.

5 Aplikasi Video Editor Terbaik di Linux

Lightworks

Aplikasi Video Editor Terbaik di Linux

Sejauh ini, Lightworks adalah aplikasi editing video gratis terbaik yang ada di planet bumi. Hal tersebut terbukti dari banyaknya film yang di edit menggunakan aplikasi Lightworks. Beberapa film seperti The Wolf of Wall Street, LA Confidential, Pulp Fiction, Heat, Road to Perdition, Hugo, The King’s Speech dan masih banyak lagi.

Dengan umur pengembangan yang telah mencapai lebih dari 25 tahun, Lightworks adalah aplikasi editing video yang sudah sangat komplit dengan berbagai tools serta menu yang mempermudah editing video dan film.

Kdenlive

Aplikasi Video Editor Terbaik di Linux

Kdenlive adalah aplikasi editing video yang dikembangkan oleh komunitas yang sama yang mengembangkan KDE. Kdenlive adalah video editor yang tidak hanya dikembangkan untuk linux, namun juga untuk freeBSD dan Mac.

Kdenlive tersedia untuk banyak sistem linux, mulai dari Archlinux, Debian, Fedor, Ubuntu, elementary OS, Gentoo, dan lain-lain. Jika tertarik untuk memasang Kdenlive, kamu bisa langsung mengunjungi halaman resminya disini.

Openshot

Aplikasi Video Editor Terbaik di Linux

Openshot juga merupakan aplikasi editing video yang tidak kalah powerfull seperti Lightworks dan Kdenlive. Hal tersebut terbukti dengan Openshot memenangkan penghargaan sebagai aplikasi open source terbaik dalam kategori aplikasi editor video.

Beberapa kelebihan Openshot antara lain adalah Cross-Platform (Linux, Windows, dan macOS), Trim dan Slice, Animation dan Keyframes, Unlimited Tracks, Video Effects, Title Editor, Audio Waveforms, 3D Animations, Slow Motion dan Time Effect, dan masih banyak lagi. Openshot juga tersedia dalam lebih dari 70 bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

FlowBlade

Aplikasi Video Editor Terbaik di Linux

Lightworks, Openshot, dan Kdenlive adalah aplikasi editing video yang powerull dan populer digunakan oleh para pengguna linux. Namun di dunia open source, selalu banyak pilihan aplikasi yang bisa digunakan. Aplikasi editing video lain yang tidak kalah powerfull adalah Flowblade.

Menurut para pengembang utamanya, Flowblade dikembangkan dengan tujuan untuk menjadi aplikasi editing video yang cepat, presisi, dan juga dapat diandalkan. Terdapat banyak sekali tools dan efek yang siap digunakan di FlowBlade.

Cinelerra

Aplikasi Video Editor Terbaik di Linux

Cinelerra telah dikembangkan dari tahun 1998 dan kini telah mencapai versi 6. Menurut ifnromasi yang ditampilkan di website resminya, Cinelerra telah di unduh sebanyak 5 juta kali. Sama seperti Lightworks, Cinelerra juga aplikasi editing video untuk film.

Terdapat banyak sekali tools yang berguna untuk membuat film kamu menjadi lebih menarik seperti efek-efek, menu edit, pemberian teks, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mendownload Cinelerra disini.

Itu dia 5 aplikasi editing video terbaik di linux. Semuanya bisa kamu unduh dan gunakan secara gratis. Kamu bisa mencoba semua aplikasi diatas untuk mengetahui mana yang paling cocok dengan kebutuhan kamu. Selamat mencoba.