5 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk Linux

Banyak orang yang berpikir bahwa saat menggunakan Linux, jumlah aplikasi yang tersedia di platform tersebut jauh lebih sedikit dibandingkan Mac dan Windows. Anggapan tersebut tentu saja keliru karena kini sudah banyak pengembang aplikasi yang membuat aplikasi untuk Linux.

Jika kalian ingin mengetik dan membuat dokumen, kalian dapat menggunakan Libre Office. Jika ingin mengedit foto, kalian dapat menggunakan GIMP.

Bahkan kini kalian memiliki banyak pilihan aplikasi jika ingin mengedit video di Linux. Aplikasi-aplikasi tersebut juga dapat di adu dengan aplikasi edit video komersial seperti Adobe Premiere, PowerDirector atau aplikasi sejenis lainnya.

Nah, di arikel kali ini Androbuntu akan memberikan 5 rekomendasi aplikasi yang dapat kalian gunakan untuk mengedit video di Linux.

Baca juga: 10 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk Android

1. Lightworks

Aplikasi Video Editor Terbaik di Linux

Lightworks dapat dikatakan adalah salah satu (jika buka satu-satunya) aplikasi edit video terbaik yang tersedia saat ini. Banyak para pembuat film profesional yang menggunakan aplikasi ini untuk menyunting film mereka.

Beberapa film yang di edit menggunakan Lightworks antara lain adalah The Wolf of Wall Street, LA Confidential, Pulp Fiction, Heat, Road to Perdition, Hugo, The King’s Speech dan masih banyak lagi.

Lightworks juga sudah dikembangkan lebih dari 25 tahun yang lalu, sehingga aplikasi ini sudah sangat siap untuk digunakan baik oleh para penghobi ataupun profesional. Fitur-fitur yang ada di aplikasi ini tetntunya sudah sangat lengkap unttuk berbagai keperluan edit video.

2. Kdenlive

Aplikasi Video Editor Terbaik di Linux

Kdenlive adalah aplikasi editing video yang dikembangkan oleh komunitas yang sama yang mengembangkan KDE. KDE sendiri adalah salah satu antarmuka populer yang biasanya digunakan oleh para pengguna Linux.

Kdenlive adalah aplikasi edit video yang tidak hanya dikembangkan untuk Linux, namun juga untuk freeBSD dan Mac.

Kdenlive tersedia untuk banyak sistem linux, mulai dari Archlinux, Debian, Fedor, Ubuntu, elementary OS, Gentoo, dan lain-lain. Jika tertarik untuk memasang Kdenlive, kamu bisa langsung mengunjungi halaman resminya disini.

Kamu dapat menggunakan Kdenlive untuk berbagai kebutuhan, entah itu sekedar mengedit video YouTube, film pendek atau video liburan kamu bersama keluarga.

3. Openshot

Aplikasi Video Editor Terbaik di Linux

Openshot juga merupakan aplikasi edit video unuk Linux yang fiurnya selengkap Lightworks dan Kdenlive.

Hal tersebut terbukti dengan Openshot memenangkan penghargaan sebagai aplikasi open source terbaik dalam kategori aplikasi edit video.

Beberapa kelebihan Openshot antara lain adalah Cross-Platform (Linux, Windows, dan macOS), Trim dan Slice, Animation dan Keyframes, Unlimited Tracks, Video Effects, Title Editor, Audio Waveforms, 3D Animations, Slow Motion dan Time Effect, dan masih banyak lagi.

Openshot juga tersedia dalam lebih dari 70 bahasa, termasuk Bahasa Indonesia. Jadi kamu yang tidak begitu pandai bahasa asing akan dapat menggunakan Openshot dengan mudah.

4. FlowBlade

Aplikasi Video Editor Terbaik di Linux

Lightworks, Openshot, dan Kdenlive adalah aplikasi editing video berfitur lengkap dan populer digunakan oleh para pengguna Linux.

Namun di dunia open source, selalu banyak pilihan aplikasi yang bisa digunakan. Aplikasi editing video lain yang tidak kalah menarik adalah Flowblade.

Menurut para pengembang utamanya, Flowblade dikembangkan dengan tujuan untuk menjadi aplikasi editing video yang cepat, presisi, dan juga dapat diandalkan.

Terdapat banyak sekali tools dan efek yang siap digunakan di FlowBlade. Juga sudah tersedia cukup banyak tutorial di YouTube cara menggunakan aplikasi ini.

5. Cinelerra

Aplikasi Video Editor Terbaik di Linux

Cinelerra telah dikembangkan dari tahun 1998 dan kini telah mencapai versi 6. Menurut informasi yang ditampilkan di website resminya, Cinelerra telah di unduh sebanyak 5 juta kali.

Sama seperti Lightworks, banyak orang menggunakan Cinelerra untuk mengedit film. Baik itu film pendek ataupun film berdurasi panjang.

Terdapat banyak sekali fitur yang berguna untuk membuat film kamu menjadi lebih menarik seperti berbagai pilihan efek, menu edit, pemberian teks, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa mengunduh Cinelerra disini.

Itu dia 5 aplikasi edit video terbaik untuk Linux. Semuanya bisa kamu unduh dan gunakan secara gratis. Kamu bisa mencoba semua aplikasi diatas untuk mengetahui mana yang paling cocok dengan kebutuhan kamu.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari