10 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk Android (Edisi 2023)

Industri video konten semakin berkembang pesat di seluruh dunia, dan seiring dengan itu, semakin banyak orang yang ingin membuat video mereka sendiri. Dengan meningkatnya popularitas aplikasi media sosial, seperti Instagram dan TikTok, ada permintaan yang semakin meningkat untuk aplikasi edit video yang mudah digunakan dan terjangkau.

Dalam artikel ini, kami akan membahas sepuluh aplikasi edit video terbaik yang tersedia di platform Android. Dari aplikasi yang sederhana dan mudah digunakan hingga yang lebih kompleks dan menawarkan lebih banyak fitur, kami telah memilih aplikasi yang paling tepat untuk semua jenis pengguna.

Untuk memulai proses pengeditan video, kamu membutuhkan aplikasi yang bisa membantu kamu memotong, menggabungkan, menambahkan efek dan transisi, serta menyesuaikan warna dan nada suara dalam video kamu. Aplikasi edit video yang kami rekomendasikan di sini memberikan semua fitur yang kamu butuhkan untuk membuat video berkualitas tinggi dan menarik.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan penjelasan singkat tentang setiap aplikasi, beserta fitur dan kelebihan yang dimiliki oleh masing-masing aplikasi. Dengan begitu, Sobat Androbuntu dapat memilih aplikasi edit video yang paling cocok dengan kebutuhan kamu dan mulai membuat video yang mengesankan dengan mudah dan cepat.

Baca juga: 10 Aplikasi Chatting Terbaik untuk Android Selain WhatsApp 2023

1. CapCut

CapCut adalah aplikasi edit video yang populer di platform Android yang memungkinkan pengguna untuk mengedit video dengan mudah dan cepat. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur editing video yang canggih, seperti efek visual, filter, transisi, serta fitur pengeditan audio.

Salah satu fitur yang paling menarik dari CapCut adalah fitur “Auto Cut” yang dapat memotong video secara otomatis dengan cepat dan akurat. Selain itu, CapCut juga menyediakan berbagai template, musik, dan stiker yang dapat digunakan untuk mempercantik video.

2. InShot

InShot adalah aplikasi edit video dan foto yang populer di platform Android yang dilengkapi dengan berbagai fitur editing yang canggih. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memotong, menggabungkan, memutar, menambahkan filter, transisi, teks, musik, serta mengatur kecepatan video dengan mudah dan cepat.

Antarmuka pengguna InShot juga sangat intuitif dan mudah digunakan, sehingga cocok untuk pengguna dari berbagai tingkat keahlian. Aplikasi ini juga menyediakan tutorial dan tips untuk membantu pengguna memanfaatkan fitur-fitur editing video dengan lebih baik.

3. KineMaster

Salah satu fitur yang paling menarik dari KineMaster adalah fitur “Chroma Key” yang memungkinkan pengguna untuk menghilangkan latar belakang dari video dan menempatkan objek di atas latar belakang baru. Ukuran aplikasi KineMaster bervariasi tergantung pada perangkat yang digunakan, namun rata-rata berukuran sekitar 100 MB.

Secara keseluruhan, KineMaster adalah aplikasi edit video yang sangat berguna dan canggih untuk pengguna Android yang ingin membuat video berkualitas tinggi. Meskipun mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk dipelajari, aplikasi ini menawarkan fitur-fitur editing video yang lengkap dan mudah digunakan.

4. VN

Salah satu fitur yang paling menarik dari VN adalah fitur “Multi-Layer” yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan beberapa lapisan pada video, seperti teks, gambar, dan efek, untuk membuat video yang lebih menarik. Aplikasi ini juga menyediakan berbagai template dan efek suara yang dapat digunakan untuk mempercantik video.

Aplikasi VN juga terus mengembangkan fitur-fitur baru untuk memenuhi kebutuhan pengguna dan memberikan pengalaman pengeditan video yang lebih baik. Oleh karena itu, aplikasi ini layak dicoba oleh siapa saja yang ingin membuat video berkualitas tinggi dengan mudah dan cepat.

5. PowerDirector

PowerDirector memiliki berbagai fitur editing video yang canggih dan mudah digunakan. Namun, salah satu fitur yang paling unik dari aplikasi ini adalah fitur “Chroma Key” atau “Green Screen”, yang memungkinkan pengguna untuk menghapus latar belakang video dan menggantinya dengan gambar atau video lain.

Fitur Chroma Key ini sering digunakan dalam produksi film atau video untuk membuat adegan yang tampak seperti dilakukan di lokasi yang berbeda atau lingkungan yang tidak mungkin diakses secara langsung. Pengguna juga dapat menambahkan teks, filter, transisi, dan musik ke dalam video mereka dengan mudah dan cepat.

6. Filmora

Filmora adalah aplikasi edit video yang memiliki fitur-fitur canggih seperti color grading, audio mixing, dan chroma key. Antarmuka pengguna yang intuitif membuatnya mudah digunakan, sedangkan efek visual dan suara yang beragam dapat mempercantik video.

Aplikasi ini juga memiliki kemudahan berbagi video ke berbagai platform media sosial dan mendukung multi-platform, tersedia untuk Android, Windows dan Mac. Dengan kelebihan-kelebihan tersebut, Filmora merupakan pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin membuat video berkualitas tinggi dengan mudah dan cepat.

7. Alight Motion

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa orang-orang harus mencoba aplikasi Alight Motion:

  • Fitur-fitur canggih: Aplikasi Alight Motion memiliki fitur-fitur canggih yang dapat digunakan untuk mempercantik video, seperti color correction, motion graphics, animasi, dan visual effects.
  • Mudah digunakan: Antarmuka pengguna yang intuitif dan mudah digunakan membuat pengguna dapat mengedit video dengan mudah dan cepat, tanpa harus memiliki keahlian khusus.
  • Mendukung multi-lapisan: Aplikasi ini mendukung multi-lapisan, yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan berbagai elemen seperti teks, gambar, dan efek visual ke dalam video

8. Magisto

Salah satu kelebihan Magisto adalah kemampuannya untuk menghasilkan video dengan cepat dan mudah. Pengguna hanya perlu mengambil beberapa klip video dan foto, memilih tema, dan memilih lagu yang sesuai, dan Magisto akan membuat video yang menakjubkan dalam hitungan menit.

Selain itu, Magisto juga memiliki fitur Storyboard yang memungkinkan pengguna untuk membuat video secara berurutan dengan menambahkan klip video dan foto secara berurutan. Pengguna juga bisa menambahkan teks dan musik untuk membuat video lebih menarik.

9. Viva Video

Aplikasi ini memiliki banyak pilihan efek, filter, musik dan stiker yang bisa digunakan untuk membuat video yang menarik dan berkualitas tinggi. Dalam aplikasi Viva Video, pengguna dapat mengedit video dengan mudah, baik itu memotong video, menggabungkan beberapa klip video, menambahkan efek, teks, stiker, musik dan suara latar.

Salah satu fitur unik yang ditawarkan oleh Viva Video adalah Magic Video. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat video dengan menambahkan efek sihir dan transisi yang unik.

10. Node Video

Node Video tersedia dalam dua versi, yaitu versi gratis dan versi berbayar. Versi gratis memiliki beberapa batasan dan iklan, sementara versi berbayar memberikan akses penuh ke semua fitur dan tanpa iklan. Namun, versi gratis Node Video sudah cukup untuk digunakan untuk membuat video sederhana.

Node Video juga memiliki fitur untuk menambahkan teks dan stiker ke dalam video. Pengguna bisa memilih dari berbagai stiker dan teks yang tersedia untuk menambahkan pesan atau informasi pada video.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mencari aplikasi edit video terbaik di Android. Jangan lupa untuk menguji dan mencoba aplikasi yang telah disebutkan agar Anda bisa membuat video dengan kualitas yang lebih baik dan lebih menarik. Selamat mencoba!

Ikuti TikTok Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari