Menjelajah Web Lebih Aman Dengan Firefox Focus

0
4

Kamu pasti sudah familiar dengan website bukan?. Jika kamu adalah anak kekinian, pasti kamu tidak pernah sekalipun dalam sehari tidak mengakses website. Entah itu website sosial media seperti facebook, ataupun website portal berita. Bahkan lowongan kerja pun ada di website.

Website memang menjadi media yang sangat pas untuk menyebarkan berbagai informasi. Website sangat mudah diakses oleh banyak kalangan. Hanya membutuhkan smartphone, tablet, ataupun laptop dengan koneksi internet.

Namun, tahukah kamu kalau ada website tertentu yang merekam aktivitas dan juga informasi pribadi kamu? Informasi tersebut berupa riwayat browsing, alamat IP, sampai dengan kata kunci pencarian.

Untungnya, Mozilla beberapa waktu lalu telah meluncurkan Firefox Focus. Firefox Focus adalah browser untuk android dan iOS yang melindungi privasi para penggunanya.

Bagaimana Cara Firefox Focus Melindungi Privasi Para Penggunanya?

 

Cara Firefox Focus melindungi privasi para penggunanya adalah dengan memblokir semua iklan dan tracker (pelacak) dari website yang sedang dikunjungi. Jadi, website yang sedang kamu kunjungi tidak akan bisa mengetahui alamat IP, ataupun semua informasi pribadi kamu.

firefox focus

Iklan di website yang sedang kamu kunjungi juga akan di blokir secara otomatis. Hal ini tentu dapat membuat pengalaman browsing kamu menjadi lebih cepat. Karena browser tidak perlu memuat iklan yang cukup memberatkan.

Download Firefox Focus Untuk Android

Saat ini Firefox Focus telah tersedia untuk android dan iOS. Jika kamu pengguna android, maka bisa mendownloadnya langsung dari Google Play Store. Jika kamu menggunakan iPhone, kamu bisa mendownloadnya di AppStore.

Well, browser Firefox Focus ini bisa kamu unduh dan gunakan secara gratis. Tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Fitur Firefox Focus

 

Secara umum, Firefox Focus akan membuat browsing kamu jadi lebh cepat dan aman. Firefox Focus tidak akan menyimpan semua riwayat website yang pernah kamu kunjungi.

Sedangkan untuk iklan dan tracker, Firefox Focus juga akan memblokirnya secara otomatis.

Semua fitur diatas sudah aktif secara default, tanpa perlu ekstensi khusus.

Di pengaturan, kamu juga bisa mengaktifkan Mode Siluman. Jika Mode Siluman diaktifkan, maka kamu tidak akan bisa mengambil screenshot ketika browsing menggunakan Firefox Focus.

firefox focus

Satu hal yang sangat saya sukai dari Firefox Focus adalah keringanannya. Ukuran aplikasi Firefox Focus kurang dari 10MB. Dan ketika saya gunakan untuk mengunjungi berbagai website, ia bisa menampilkannya dengan sangat cepat.

Namun ketika saya menonton YouTube, Firefox Focus “tidak mau” memutar video. Firefox Focus malah menggunakan aplikasi pemutar video eksternal, yaitu pemutar video bawaan MIUI yang saya gunakan.

Well, secara keseluruhan saya sangat menyukai browser baru buatan Mozilla ini. Cepat, ringan, tampilan menarik, dan pemblokir iklan bawaan. Sempurna.