Cara Format Flashdisk Menggunakan GParted

0
7
cara format flashdisk

Cara Format Flashdisk Menggunakan GParted – Ada kalanya flashdisk harus di format terlebih dahulu agar dapat digunakan kembali. Contohnya adalah flashdisk yang sebelumnya digunakan untuk membuat installasi linux. Biasanya flashdisk tersebut harus di format ulang jika ingin digunakan kembali untuk menyimpan data.

Baca juga: Cara Membuat Flashdisk Installasi Linux Menggunakan Etcher

Di Windows mungkin ada fitur bawaan untuk memformat flashdisk. Namun jika kamu adalah pengguna linux, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi GParted.

Cara Format Flashdisk Menggunakan GParted di Linux

Pertama kali yang harus dilakukan tentu saja adalah menginstall GParted. Jika kamu menggunakan Debian, Ubuntu, dan turunannya, maka kamu bisa menginstallnya dengan perintah:

sudo apt-get install gparted

Jika kamu menggunakan distro linux selain turunan Debian, kamu bisa mendownload-nya langsung dari situs resminya disini.

Jika GParted sudah terinstall, langkah selanjutnya adalah menghubungkan flashdisk ke PC atau laptop. Jika flashdisk ter-mount secara otomatis, kamu harus meng-unmount-nya terlebih dahulu.

Klik kanan pada nama flashdisk di file manager, lalu pilih unmount.

cara format flashdisk

Jika flashdisk sudah di unmount, kemudian buka GParted. Di awal, kamu harus memasukkan pasword. Masukkan password kamu.

cara format flashdisk

Kemudian aplikasi GParted akan terbuka. Di sisi kanan atas, pilih perangkat flashdisk kamu yang ingin di format. Di sini, flashdisk saya terbaca sebagai /dev/sdb. Mungkin akan berbeda di kamu.

cara format flashdisk

Kemudian akan terpampang informasi mengenai flashdisk kamu. Mulai dari file system, label (nama), ukuran, sisa ruang, dan lain-lain.
Untuk melakukan format, klik kanan lalu pilih Format to. Lalu pilih file system yang ingin kamu gunakan (ext2, ext3, ext4, fat, sampai dengan ntfs).

cara format flashdisk

Di sini, saya akan memformat flashdisk menjadi ntfs. Jika sudah selanjutnya adalah klik logo centang hijau diatas. Akan muncul peringatan dari GParted. Klik Apply.

cara format flashdisk

Tunggu sampai proses format selesai.

Berikut ini adalah tampilan GParted jika format telah berhasil dilakukan.

cara format flashdisk

Nah, sekarang flashdisk kamu telah selesai di format. Dan bisa digunakan lagi untuk menyimpan data-data penting seperti tugas kuliah, makalah, dan foto-foto mantan.