7 Cara Mengatasi Wifi Error Di Smartphone Android

wifi smartphone android
Loading...

Cara mengatasi wifi error di android – Wifi adalah salah satu fitur yang sangat penting di smartphone android. Dengan fitur ini, kita bisa internetan gratis jika terhubung ke wifi publik. Jadi bisa hemat kuota deh.

Tapi, apa jadinya jika wifi di smartphone android kamu rusak? Pasti ngeselin banget deh. Tenang aja, kamu tidak perlu khawatir lagi. Karena di artikel ini saya akan membahas bagaimana cara mengatasi wifi error pada smartphone android.

Tapi sebelum itu, ada baiknya kita mengetahui apa saja sih error yang biasa terjadi pada wifi smartphone. Berikut ini adalah beberapa error yang biasa terjadi pada wifi di smartphone android:

  • Wifi android tidak bisa terhubung
  • Wifi tidak bisa digunakan
  • Wifi tidak terdeteksi
  • Wifi tidak bisa diaktifkan
  • Wifi tidak terbaca
  • Wifi tidak bisa on
  • Wifi android tidak bisa menyala
  • Dan error lainnya

Nah, untuk kamu yang wifi di smartphone android nya sedang mengalami error seperti diatas, maka bisa mencoba 7 cara dibawah ini untuk mengatasinya. 7 cara mengatasi wifi error dibawah ini bisa kamu gunakan ke berbagai macam smartphone, mulai dari smartphone Xiaomi, Oppo, LG, Huawei, Samsung, Sony, Asus, Acer, dan masih banyak lagi. Tinggal disesuaikan saja.

Baca juga:

7 Cara Mengatasi Wifi Error Di Smartphone Android

1. Pastikan Wifi Sudah Aktif

Hal pertama yang mungkin menyebabkan kamu tidak bisa konek ke wifi adalah karena wifi di smartphone android kamu belum di aktifkan. Sampai kapanpun, kalau wifi di smartphone kamu belum diaktifkan, tidak akan bisa terhubung.

Pastikan bahwa fitur wifi di smartphone android kamu sudah diaktifkan. Untuk mengaktifkan wifi di smartphone, caranya sangat mudah. Ikuti caranya dibawah ini:

  • Masuk ke menu Setelan > Wifi > Aktifkan Wifi

Setelah itu akan tampil deretan nama koneksi wifi yang tersedia di sekitar kamu. Pilih salah satu wifi yang ingin kamu gunakan. Sebagai saran, kamu bisa mencari wifi dibeberapa tempat umum seperti sekolah, kampus, kafe, rumah makan, dan lainnya.

2. Restart Smartphone Android

Anti Lupa! Ini 5 Aplikasi Android Terbaik Untuk Menyimpan Semua Password Kamu

Jika fitur wifi sudah kamu aktifkan tapi belum bisa terhubung juga, mungkin smartphone kamu perlu di restart. Merestart smartphone mungkin terdengar sepele, tapi nyatanya cara ini bisa digunakan untuk menangani beberapa error ringan, salah satunya adalah error pada wifi smartphone.

Coba nonaktifkan smartphone kamu. Lalu diamkan beberapa saat. Setelah itu baru coba aktifkan lagi. Dan aktifkan pula wifi dan coba gunakan untuk terhubung ke suatu wifi.

Biasanya cara ini berhasil untuk menangani error ringan pada wifi di smartphone android.

3. Nonaktifkan Kemudian Aktifkan Kembali Wifi

Jika smartphone kamu sudah di restart tapi ternyata belum bisa terhubung ke wifi juga, coba cara ketiga ini.

Nonaktifkan fitur wifi, kemudian diamkan beberapa saat. Setelah itu coba aktifkan kembali fitur wifi di smartphone android kamu.

Cara sederhana ini sering saya lakukan jika tidak bisa terhubung ke wifi. Dan biasanya berhasil.

4. Factory Reset

Jik ketiga cara diatas sudah kamu lakukan tapi masih belum bisa terhubung ke wifi, maka cara keempat ini terpaksa harus kamu lakukan, yaitu factory reset.

Factory reset adalah fitur dimana kamu bisa mengembalikan pengaturan smartphone ke pengaturan awal. Sama seperti ketika kamu pertama membelinya.

Cara ini bisa dibilang memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi. Karena semua pengaturan akan dihapus. Dan bisa saja suatu pengaturan yang salah lah yang membuat wifi di smartphone kamu tidak berfungsi dengan baik.

Untuk melakukan factory reset caranya sangat mudah, ikuti caranya dibawah ini:

  • Masuk ke menu Setelan > Setelan tambahan > Buat cadangan dan reset

Sebelum melakukan langkah diatas, alangkah baiknya kamu melakukan backup terhadap semua file dan juga aplikasi. Hal ini penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti hilangnya data saat proses factory reset.

5. Install Ulang Sistem Operasi Android

Cara kelima ini juga bisa kamu coba jika wifi masih error dan tidak bisa digunakan. Yaitu dengan cara menginstall ulang sistem operasi.

Karena bisa saja kerusakan terjadi pada sistem operasi android kamu. Sehingga mengakibatkan beberapa fitur tidak bisa digunakan dengan baik, salah satunya adalah fitur wifi.

Untuk menginstall ulang sistem operasi android yang digunakan smartphone kamu, caranya cukup mudah. Biasanya vendor smartphone sudah menyediakan software khusus untuk melakukan hal ini.

Kamu bisa baca-baca caranya di Google ataupun di Androbuntu.com. Cari tutorial install ulang yang sesuai dengan merk smartphone yang kamu gunakan.

6. Bawa Smartphone Ke Tukang Service

Tips Mengamankan Smartphone Android yang Sudah Di Root

Selanjutnya langkah nomor 6 yang bisa kamu lakukan adalah membawa smartphone ke tuakng service. Langkah ini wajib kamu lakukan jika sudah yakin smartphone memang rusak modul wifi nya.

Bawa smartphone ke tukang service lalu sampaikan keluhan kamu: smartphone tidak bisa terhubung ke wifi. Abang tukang service biasanya akan tahu apa yang harus mereka lakukan.

Untuk langkah ini, kamu butuh biaya. Tapi biasanya selalu berhasil, smartphone kamu akan bisa digunakan untuk wifi an lagi.

7. Masukkan Password Wifi Dengan Benar

Ada satu langkah sepele yang terlupa, tapi sebenarnya patut untuk dicoba. Jika kamu mencoba mengakses wifi yang terproteksi, maka kamu wajib memasukkan password dengan benar.

Jika password yang kamu masukkan salah, maka kamu tidak akan bisa terhubung. Ini bukan smartphone yang yang error loh ya, tapi memang salah password aja.

Jadi, cek sekali lagi kalau kamu ingin terhubung ke wifi yang terproteksi password apakah password nya sudah benar atau belum.

Kesimpulan

Itu dia 7 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi wifi yang error di smartphone android kesayangan. Ketujuh cara diatas layak untuk kamu coba.

Selamat mencoba.

Menarique
Loading...