Cara Mengedit Informasi Lagu di Smartphone Android Xiaomi

Cara Mengedit Informasi Lagu di Smarthone Android Xiaomi

Cara Mengedit Informasi Lagu di Smarthone Android Xiaomi – Salah satu hal yang dilakukan banyak orang dengan smartphone androidnya adalah mendengarkan musik. Tidak heran memang, dengan smartphone, kamu bisa mendengarkan musik dimana saja dan kapan saja.

Ada dua macam cara yang bisa kamu gunakan untuk mendengarkan musik di smartphone android. Pertama, adalah dengan cara streaming melalui layanan musik seperti Spotify, JOOX, dan semacamnya.

Kedua, adalah dengan mendengarkan secara offline. Kamu terlebih dahulu mendownload file MP3 dari lagu yang ingin kamu dengarkan. Mengenai hal ini, saya pernah membahasnya di postingan sebelumnya.

Baca juga: 5 Aplikasi Download Musik Ini Bikin Hari-hari Kamu Makin Asik

Walaupun layanan streaming musik seperti Spotify semakin diminati, namun masih banyak yang mendengarkan musik dengan cara lama, yaitu dengan mendengarkannya secara offline. Terutama untuk orang-orang yyang tidak ingin boros kuota.

Sekali download, maka musik atau lagu bisa diputar berulang-ulang tanpa koneksi internet. Namun, terkadang ada file MP3 yang menampilkan tag atau metadata yang tidak sesuai dengan lagunya. Sehingga tampilan di pemutar musik menjadi aneh.

Jika kamu sering mengalami hal tersebut, tenang saja. Terutama untuk kamu para pengguna Xiaomi. Kamu bisa mengubah tag, metadata atau informasi lagu dan MP3 sesuai dengan keinginan kamu.

Kamu tidak perlu mendownload aplikasi pihak ketiga. Semuanya bisa dilakukan langsung menggunakan aplikasi pemutar musik bawaan MIUI 8

Cara Mengubah Tag, Metadata, dan Informasi Lagu / MP3 di Smartphone Xiaomi

Pertama dan yang paling utama adalah, buka aplikasi musik bawaan MIUI 8. Di Mi 4i yang saya gunakan, aplikasi ini memiliki ikon berwarna merah muda dengan logo nada ditengahnya.

Cara Mengedit Informasi Lagu di Smarthone Android Xiaomi

Setelah aplikasi musik terbuka, pilih lagu yang ingin kamu edit tag, metadata, dan informasinya. Pada halaman pemutar lagu, klik tanda titik tiga lalu pilih “Ubah info lagu”. Jika bingung, kamu bisa melihat gambar dibawah ini.

Cara Mengedit Informasi Lagu di Smarthone Android Xiaomi

Kemudian kamu akan diarahkan ke halaman pengeditan informasi lagu. Kamu bisa mengubah informasi lagu mulai dari judul lagi, album sampai dengan artis atau si penyanyi dari lagu tersebut.

Cara Mengedit Informasi Lagu di Smarthone Android Xiaomi

Bahkan kamu juga bisa menambahkan lirik di lagu tersebut. Mengenai menambahkan lirik ke dalam lagu, akan saya bahas lain kali.

Well, jika kamu sudah selesai mengedit informasi lagu, klik Oke untuk menyimpannya. Sekarang, lagu-lagu yang ada di smartphone kamu akan lebih rapih karena informasinya sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Nantikan tips dan trik android lainnya hanya di Androbuntu.