Kenapa Smartphone Sering Lemot Waktu Main Mobile Legends?

Halo, para pembaca setia Androbuntu. Kali ini ada pertanyaan masuk dari salah satu pembaca. Pertanyaan ini dikirim melalui halaman Facebook Androbuntu.

“Kenapa smartphone saya sering lemot ketika digunakan untuk main game Mobile Legends? Padahal ketika digunakan untuk main game lainnya lancar saja”

Jika kamu juga mengalami masalah yang sama, maka berikut ini adalah jawaban dan solusi dari masalah kamu tersebut.

1. RAM Smartphone Terlalu Kecil

Bisa dikatakan Mobile Legends adalah game yang cukup berat.

Karenanya membutuhkan spesifikasi smartphone yang cukup tinggi. Termasuk RAM.

Jika kamu menggunakan smartphone dengan RAM dibawah 2GB, maka wajar jika game Mobile Legends berjalan dengan lambat.

Ini adalah hal yang wajar.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menghentikan aplikasi yang berjalan dilatar belakang.

Cara ini biasanya cukup efektif untuk meningkatkan kinerja game Mobile Legends (walaupun pada beberapa perangkat tidak begitu signifikan).

2. Prosesor dan GPU Smartphone Tidak Kuat Menjalankan Game Mobile Legends

Selain RAM, ada dua komponen utama smartphone yang sangat penting. Yaitu Prosesor dan GPU.

Untuk kamu yang menggunakan smartphone versi lawan, mungkin prosesor nya sudah tidak dapat menjalankan game-game android terbaru dengan maksimal, termasuk mobile Legends.

Jadi, saya sarankan untuk mulai melakukan update perangkat.

Belilah smartphone dengan prosesor dan GPU terbaru. Dengan begitu kamu bisa memainkan game Mobile Legends dengan lancar.

Baca juga: 5 Emulator Android Terbaik Paling Hemat RAM

3. Koneksi dan Server yang Tidak Stabil

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Mobile Legends adalah game online.

Karenanya peran internet sangat kuat. Jika kamu menggunakan internet yang lemot, maka game Mobile Legends juga akan berjalan lemot.

Sebaliknya, jika kamu menggunakan koneksi internet yang lancar, maka permainan juga dapat berjalan dengan lancar.

Jadi, pastikan kamu menggunakan koneksi internet yang cepat dan juga stabil ketika bermain Mobile Legends. Jika perlu, Gunajanlah Wi-Fi, karena biasanya koneksinya lebih kencang.

Jangan lupakan juga Mobile Legends memiliki server. Sama seperti game online lainnya.

Jika spesifikasi smartphone yang kamu gunakan sudah oke, internet juga sudah kencang tapi Mobile Legends masih lemot, kemungkinan kesalahan ada pada sisi server.

Mungkin orang yang sedang bermain sedang banyak-banyaknya, sehingga membuat server sesak dan mengakibatkan game menjadi lemot.

Jika sudah begitu, maka pilihan terbaik adalah selesaikan permainan yang sedang kamu mainkan. Lalu tunggu beberapa jam lagi jika ingin main kembali.

Daripada memaksakan main saat server sedang bermasalah, nanti akhirnya kamu tidak bisa maksimal bermain. Bisa-bisa Rank kamu turun.

Itu dia beberapa alasan kenapa Mobile Legends berjalan lemot di smartphone kamu beserta dengan solusinya. Semoga membantu.

Untuk kamu yang juga punya pertanyaan seputar gadget, bisa mengirim pertanyaan melalui email ataupun halaman Facebook Androbuntu.