Smartphone Android Kamu Sudah Di Root? Jangan Lakukan 5 Hal Ini

Tips Mengamankan Smartphone Android yang Sudah Di Root

Mempunyai smartphone android yang sudah di root adalah kebanggaan bagi sebagian orang. Memang, smartphone android yang sudah di root memiliki banyak kelebihan yang tidak ada di smartphone yang belum di root.

Mulai dari bisa menginstall aplikasi-aplikasi khusus root, menghapus aplikasi sistem, melakukan tweak, menginstall Custom ROM, dan masih banyak lagi.

Tapi walaupun memiliki smartphone android yang sudah di root itu menyenangkan, akan ada dampak negatif yang kamu terima jika tidak hati-hati. Kamu bisa membaca 5 dampak negatif smartphone yang sudah di root di Androbuntu.

5 Hal yang Harus Dihindari Setelah Smartphone Android Di Root

Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan menimpa smartphone kamu, kamu harus menghindari 5 hal dibawah ini. Cekidot!

1. Menghapus Aplikasi Sistem Sembarangan

Cara Membekukan Aplikasi Android Dengan Link2SD Agar Tidak Bisa Berjalan Dilatar Belakang

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan ketika smartphone android sudah di root adalah menghapus aplikasi sistem. Seperti yang kita ketahui, menghapus aplikasi sistem tidak bisa dilakukan jika smartphone belum di root.

Dengan menghapus aplikasi sistem, kamu bisa menghemat penyimpanan internal smartphone.

Tapi, menghapus aplikasi sistem tidak boleh sembarangan. Jika salah menghapus aplikasi sistem, maka bisa berakibat buruk pada smartphone.

Jika yang dihapus adalah aplikasi yang penting, maka bisa saja smartphone android kamu tidak bisa berjalan seperti sebagaimana mestinya.

Karenanya sebelum menghapus aplikasi sistem, cari tahu terlebih dahulu apakah aplikasi tersebut aman untuk dihapus atau tidak. Kamu bisa cari tahu informasinya di grup Facebook, Google, ataupun di forum, atau bisa juga baca-baca di Androbuntu.

2. Menghapus File Sistem Tanpa Sembarangan

Ini Dia Alasan Kenapa Kamu Tidak Boleh Mendownload Aplikasi Berbayar Secara Gratis

Sama seperti sistem operasi lain, android juga tersusun dari banyak file sistem yang saling terhubung satu dengan yang lainnya. Jika salah satu file sistem tersebut dihapus, maka bisa berakibat buruk.

Smartphone kamu bisa saja error. Mulai dari tidak bisa melakukan panggilan, menggunakan internet, hingga yang paling parah adalah smartphone kamu akan bootloop atau mati total.

Jadi, sebelum menghapus file sistem di android, cari tahu terlebih dahulu apakah file tersebut aman untuk dihapus atau tidak. Idealnya sih file sistem tidak boleh dihapus.

3. Melakukan Tweak yang Berlebihan

5 Dampak Negatif Setelah Smartphone Android Di Root

Ketika smartphone sudah di root, kita juga bisa melakukan berbagai macam tweak agar smartphone bisa lebih meningkat performanya. Beberapa tweak yang biasa dilakukan adalah meningkatkan performa proseso, meningkatkan suara speaker, dan lain-lain.

Tapi jika dilakukan secara berlebihan, tweak bisa berakibat buruk. Smartphone android kamu bisa saja mengalami kerusakan.

Jadi, jangan melakukan tweak secara berlebihan. Lakukan saja sewajarnya. Dengan begitu kamu masih bisa menggunakan smartphone untuk jangka waktu yang lama karena tidak cepat rusak.

4. Menginstall Aplikasi Sembarangan

Cara Membersihkan Data Aplikasi Android dengan Link2SD

Hal berikutnya yang wajib kamu hindari ketika smartphone sudah di root adalah menginstall aplikasi sembarangan. Ini sangat penting. Karena ketika sudah di root, smartphone akan jadi lebih rentan.

Aplikasi-aplikasi bisa mengakses file sistem. Jadi kita sebagai pemilik smartphone harus lebih ekstra hati-hati ketika ingin menginstall aplikasi android, terutama aplikasi yang membutuhkan hak akses root.

Saran dari saya, install aplikasi dari sumber-sumber terpercaya seperti Google Play. Jika memang terpaksa harus menginstall aplikasi dari luar Google Play, pastikan bahwa aplikasi tersebut dari pengembang terpercaya.

5. Menginstall 2 Atau Lebih Aplikasi Dengan Fungsi yang Sama

Aplikasi Terbaik untuk Menguji Performa Smartphone Android

Hal seperti ini biasanya sering dilakukan oleh pemula yang masih memiliki rasa penasaran yang besar, yaitu menginstall 2 aplikasi dengan fungsi yang sama. Misalnya menginstall 2 aplikasi tweak performa dengan fungsi yang sama.

Padahal dengan menginstall 2 aplikasi dengan fungsi yang sama tidak serta merta membuat smartphone menjadi lebih greget. Justru sebalinya, akan lebih rawan crash.

Karena itu hindarilah menginstall 2 atau lebih aplikasi dengan fungsi yang sama. Cukup gunakan salah satu yang menurut kamu terbaik.

Dengan menghindari 5 hal diatas, maka smartphone android kamu bisa digunakan secara maksimal tanpa membahayakan kesehatannnya. Dengan begitu smartphone kamu tidak mudah rusak.