Ukuran Foto Terbaik Untuk Di Upload Ke Instagram

Instagram adalah salah satu sosial media yang sangat ramai penggunanya saat ini. Apakah kamu adalah salah satu pengguna Instagram?

Jika iya, kamu mungkin sedikit banyaknya harus mulai memperhatikan foto dan video yang kamu upload. Mulai dari kualitas hingga ukuran foto yang pas untuk di upload ke Instagram.

Omong-omong soal ukuran foto yang pas untuk di upload ke Instagram, masih banyak pengguna Instagram yang bingung tentang ukuran yang paling ideal.

Baru-baru ini, Androbuntu mendapatkan sebuah pertanyaan dari salah satu pembaca. Berikut ini adalah pertanyaan tersebut:

“Kak, sebenernya ukuran foto terbaik buat Instagram itu berapa kali berapa sih?”

Secara garis besar, sebenarnya dimensi foto yang paling bagus untuk di upload ke Instagram adalah kotak. Sedangkan untuk ukurannya, semakin besar akan semakin bagus karena itu artinya kualitas foto semakin jelas.

Jadi yang perlu digarisbawahi disini adalah dimensi foto dan video, yaitu harus kotak, yang mana artinya ukuran panjang dan lebar harus sama. Jika panjang foto adalah 1080px, maka lebarnya juga harus 1080px.

Baca juga: Begini Cara Menghapus Foto di Instagram

Ukuran Foto dan Video Terbaik Untuk di Upload ke Instagram

Ukuran yang bisa kamu gunakan antara lain adalah 400 x 400 pixel, 600 x 600 pixel, atau bahkan 1000 x 1000 pixel. Yang terpenting adalah ukuran panjang dan lebarnya sama.

Namun sebaiknya gunakan resolusi yang tinggi agar foto tidak pecah dan menurun kualitasnya ketika sudah di upload ke Instagram. Semakin tinggi resolusinya akan semakin bagus.

Sebenarnya, kamu juga bisa mengunggah foto dengan ukuran panjang dan lebar yang berbeda. Misalnya adalah foto lanskap. Berikut ini adalah contoh foto dengan format lanskap (melebar ke samping).

Ukuran Foto Terbaik Untuk Di Upload Ke Instagram

Seperti yang kamu lihat pada screenshot diatas, foto diatas tidak berbentuk kotak, melainkan panjang ke samping. Tapi kelemahan foto panjang seperti diatas adalah akan menghasilkan thumbnail yang kang menarik di feed Instagram kamu.

Berikut ini adalah screenshot dari thumbnail foto diatas:

Ukuran Foto Terbaik Untuk Di Upload Ke Instagram

Nah, jelas kan? Foto yang ukurannya panjang akan terpotong jika dilihat dari profil. Berbeda dengan foto atau video yang memang berbentuk kotak. Thumbnail yang tampil di feed tidak akan terpotong. Sehingga feed Instagram kamu jadi lebih rapih.

Lantas, bagaimana dengan ukuran video? Sama saja. Usahakan kamu membuat video berbentuk kotak. Agar nantinya thumbnail yang ditampilkan di feed tidak terpotong.

Namun apakah mengunggah foto dan video berbentuk kotak merupakan kewajiban? Tidak juga.

Jika kamu tidak masalah dengan feed yang terlihat “berantakan”, maka tidak ada salahnya mengunggah foto dan video persegi panjang.

Senior "Hello world" programmer, coffee addict.