5 Tips Menghemat Baterai Smartphone Ketika Digunakan Untuk Mendengarkan Musik

mendengarkan musik dari smartphone androbuntu

Kita semua pasti setuju bahwa salah satu fungsi smartphone yang paling sering digunakan adalah untuk mendengarkan musik.

Kita sangat mudah mendengarkan musik dari smartphone. Mau download? Bisa. Mau streaming? Bisa juga. Tinggal pilih cara mendengarkan musik yang paling kamu sukai.

Ketika digunakan untuk mendengarkan musik, biasanya penggunaan baterai smartphone akan menjadi boros.

Tapi tenang saja, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat penggunaan baterai ketika smartphone sedang digunakan untuk mendengarkan musik.

Baca juga:

5 Tips Menghemat Baterai Smartphone Ketika Digunakan Untuk Mendengarkan Musik

Tips ini bisa kamu lakukan pada berbagai jenis smartphone. Entah smartphone Android maupun iOS. Ok, langsung saja. Berikut ini adalah cara menghemat penggunaan baterai ketika mendengarkan musik versi Androbuntu:

1. Matikan Layar Smartphone

smartphone asusKetika mendengarkan musik, kamu tidak harus melihat layar smartphone ‘kan? Karena ketika layar dimatikan pun, musik akan tetap mengalun.

Karenanya alangkah baiknya kamu mematikan layar smartphone agar penggunaan dayanya tidak terlalu tinggi.

Dengan begitu baterai smartphone tidak cepat habis walaupun digunakan untuk mendengarkan musik dalam waktu yang lama.

2. Gunakan Fitur Offline Pada Aplikasi Streaming

androbuntu - aplikasi pemutar musik android terbaik Jika kamu terbiasa mendengarkan musik melalui aplikasi streaming seperti Joox dan Spotify, kamu tentu sudah tahu bahwa internet sangat dibutuhkan.

Tapi menggunakan internet terus menerus seperti yang kita ketahui, akan membuat baterai menjadi boros.

Untungnya di sebagian besar aplikasi streaming musik sudah dilengkapi dengan fitur offline. Yang artinya kamu bisa mendengarkan musik favorit kamu dalam keadaan offline.

Manfaatkan dengan baik fitur offline ini agar ketika digunakan untuk mendengarkan musik, baterai smartphone kamu tidak cepat habis.

3. Gunakan Headset Dibandingkan Speaker Smartphone

aplikasi android download musik terbaik Salah satu prinsip dari smartphone adalah semakin banyak hardware yang bekerja, maka semakin boros juga penggunaan baterainya.

Salah satu hardware yang digunakan ketika mendengarkan musik adalah speaker internal smartphone.

Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan headset. Karena penggunaan headset lebih hemat baterai dibandingkan dengan speaker internal smartphone. Kelebihan lainnya adalah, hanya kamu yang akan mendengarkan musik.

Jadi orang lain tidak akan terganggu dengan musik yang sedang kamu dengarkan. Sangat cocok digunakan ketika kamu mendengarkan musik di tempat umum seperti perpustakaan, atau yang lainnya.

4. Atur Timer Agar Musik Berhenti Secara Otomatis

androbuntu - aplikasi pemutar musik android terbaik Di banyak aplikasi penyetel musik, biasanya akan ada fitur timer dalam waktu tertentu.

Sehingga ketika sudah masuk waktunya, musik akan berhenti sendiri. Salah satu pemutar musik yang memiliki fitur ini adalah aplikasi pemutar musik bawaan Xiaomi.

Cara ini biasanya sangat berguna ketika kamu mendengarkan musik saat ingin tidur. Jadi ketika kamu sudah tidur, nanti musik akan berhenti sendiri dan tidak terputar sampai pagi. Sayang ‘kan nanti baterai nya habis di pagi hari.

Padahal kamu tidak ada waktu untuk ngecas karena harus berangkat kerja.

5. Jangan Dengarkan Musik Dari YouTube

Cara Download Video YouTube Dengan VLC Di YouTube ada banyak sekali jenis video. Termasuk salah satunya adalah video musik.

Bahkan video musik banyak yang dari artis resminya. Karenanya, banyak orang yang menggunakan YouTube untuk mendengarkan musik.

Tapi jika kamu ingin mendengarkan musik tapi tidak ingin boros baterai, jangan dengarkan musik dari YouTube.

Karena penggunaan baterai nya akan sangat boros. Gunakan saja aplikasi streaming musik seperti Spotify, atau Joox.

Kesimpulan

Itulah dia 5 cara sederhana menghemat penggunaan baterai smartphone ketika digunakan untuk mendengarkan musik. Untuk kamu yang sering mendengarkan musik dari smartphone, tentu harus mencoba 5 tips diatas. Jangan lupa ya.