Cara Melaporkan Bug, Error dan Saran ke Xiaomi

Sebagai salah satu vendor HP Android terkemuka di planet bumi, Xiaomi terus berusaha meningkatkan kualitas produk-produknya. Baik dari sisi hardware maupun software. Dari sisi hardware, Xiaomi terus menghadirkan produk berkualitas dengan hardware andalan.

Sedangkan dari sisi software, Xiaomi terus memperbaiki berbagai software pendukung perangkatnya seperti MIUI. Nah, MIUI terkadang juga mengalami masalah berupa bugs ataupun error. Sama seperti pada ROM Android lainnya.

Tapi tenang saja. Sebenarnya di setiap HP Xiaomi sudah dibekali dengan aplikasi khusus untuk melaporkan bugs atau masalah error tadi. Dengan melaporkan bugs atau masalah yang kamu alami, maka Xiaomi akan mempelajarinya dan menghilangkan bugs tersebut pada perangkat kamu.

Misalnya ada aplikasi yang tiba-tiba berhenti ketika digunakan di HP Xiaomi, maka kamu bisa melaporkan itu sebagai bugs ke Xiaomi. Atau, kamu mengalami kendala download aplikasi dari Google Play karena sering error. Kamu juga bisa melaporkannya.

Tertarik untuk mencobanya? Ikuti tutorial Androbuntu dibawah ini.

Baca juga: Cara Merekam Layar HP Xiaomi tanpa Aplikasi Tambahan

Table of Contents

Cara Melaporkan Bug, Error dan Saran ke Xiaomi

1. Buka aplikasi bernama “Masukkan”. Kemudian saat pertama kali dibuka ada semacam persetujuan penggunaan, kamu sentuh saja “Agree” sebagai tanda bahwa kamu setuju.

Cara Melaporkan Masalah, Bugs, Error Ataupun Saran Ke Xiaomi

2. Kemudian dibagian paling atas Sobat Androbuntu bisa pilih ingin memberikan masukan berupa masalah ataupun saran. Lalu tulis detilnya di kotak yang sudah disediakan. Kamu juga bisa menambahkan gambar serta subjek. Kamu bisa juga menyertakan log. Setelah semua kolom sudah terisi, sentuh tombol “Kirim” berwarna oranye yang ada dibagian paling bawah.

Cara Melaporkan Masalah, Bugs, Error Ataupun Saran Ke Xiaomi

3. Kemudian akan muncul kotak kecil semacam konfirmasi. Sentuh saja tombol “Setuju”. Lalu laporan masalah kamu akan segera terkirim ke server Xiaomi dan akan dibaca oleh mereka.

Cara Melaporkan Masalah, Bugs, Error Ataupun Saran Ke Xiaomi

4. Selesai.

Kini laporan kamu akan segera dibaca oleh para pengembang di Xiaomi.

Para pengembang akan segera memperbaiki bugs terkait dengan laporan kamu.

Dengan begini secara tidak langsung kamu telah membuat MIUI menjadi lebih baik yaitu dengan cara melaporkan masalah atau bugs yang kamu temui.

Saran saya, jangan ragu untuk segera melaporkan masalah menggunakan fitur ini.

Ketika kamu mengalami bugs atau masalah terkait sistem di HP Xiaomi, segera laporkan.

Dengan begitu nantinya Xiaomi akan memperbaiki masalah tersebut dan memberikan HP kamu update agar tidak ada masalah yang sama lagi.

Pertanyaan Paling Sering Ditanyakan

Apakah laporan dan saran saya akan ditindak lanjuti oleh Xiaomi?

Ada banyak alasan kenapa laporan ataupun saran kamu kemungkinan akan ditindak lanjuti ataupun tidak. Jika laporan bugs kamu juga di alami oleh banyak pengguna Xiaomi lain, maka kemungkinan untuk ditindak lanjutinya akan semakin besar.

Begitu juga dengan saran, semakin banyak pengguna Xiaomi yang memberikan saran yang sama, kemungkinan untuk diimplementasikannya juga semakin besar. Jadi intinya tidak ada salahnya untuk mengirimkan laporan bugs dan saran ke Xiaomi menggunakan fitur ini.

Kenapa laporan saya tidak terkirim?

Kemungkinan karena HP Xiaomi kamu sedang tidak terhubung ke internet. Proses pengiriman laporan ini membutuhkan internet agar laporan kamu dapat terkirim ke server Xiaomi.

Jadi pastikan kamu sudah mengaktifkan paket data ataupun sedang terrhubung ke wi-fi. Dengan begitu proses pengiriman laporan dapat dilakukan dengan lancar.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari