Cara Mengatasi Video Call WhatsApp Tidak Ada Suaranya

Video call WhatsApp tidak ada suara sering terjadi, baik untuk para pengguna HP Android ataupun iPhone. Pihak yang tidak mendengar suara saat video call bisa salah satunya saja, atau bahkan keduanya.

Jadi walaupun keduanya bisa melihat wajah satu sama lain, tapi keduanya tidak bisa mendengar apa yang diucapkan oleh lawan bicara. Hal ini tentu akan menghambat proses komunikasi.

Padahal rata-rata kini semua ponsel sudah mendukung konektivitas 4G. Dan semua operator juga sudah menggunakan jaringan 4G. Tentu koneksi bukan menjadi penyebabnya.

Lantas, apa yang menyebabkan hal ini bisa terjadi? Jawabannya bisa kamu temukan dibawah.

Baca juga: Cara Menggunakan WhatsApp Web di HP

Cara Mengatasi Video Call di WhatsApp Tidak Ada Suaranya

Untuk menjawab pertanyaan kenapa suara saat video call WhatsApp tidak keluar, sebenarnya ada banyak penyebabnya.

Namun salah satu yang sering terjadi berdasarkan penelusuran Tim Androbuntu ialah hanya masalah perizinan aplikasi saja.

Aplikasi WhatsApp tidak diberikan izin untuk mengakses mikrofon, sehingga lawan bicara tidak dapat mendengar suara kita saat video call.

Advertisements

Sebagus apapun koneksi internet yang kita gunakan, jika perizinan mikrofon dinonaktifkan, maka suara tidak akan terekam di WhatsApp. Permintaan izin untuk mengakses mikrofon biasanya akan muncul saat pertama kali aplikasi WhatsApp digunakan.

Kamu mungkin lupa untuk mengetuk “Izinkan” saat perizinan ini muncul, sehingga membuat WhatsApp tidak dapat mengakses mikrofon.

Untungnya, kita bisa aktifkan perizinan mikrofon dengan sangat mudah, ikuti tutorialnya dibawah ini:

1. Langkah pertama yaitu dengan masuk ke menu Setelan dengan cara klik ikon gear.

Video Call WhatsApp Tidak Ada Suara by Androbuntu.com 1

2. Lalu pilih menu Aplikasi & notifikasi.

video call whatsapp tidak ada suara di iphone

3. Kemudian kamu akan melihat semua daftar aplikasi yang ada di ponsel. Klik pada aplikasi WhatsApp.

penyebab video call wa tidak ada suara

4. Lalu klik Izin.

Advertisements
lawan bicara tidak bisa mendengar suara kita di wa

5. Silahkan cek semua perizinannya. Jika untuk perizinan Mikrofon masih nonaktif, maka aktifkan dengan cara geser slidernya ke kanan. Sobat Androbuntu juga bisa mengaktifkan perizinan lainnya agar WhatsApp dapat berjalan dengan sempurna.

suara video call whatsapp tidak keluar

6. Selesai.

Setelah pengaturan diatas sudah selesai kamu lakukan, selanjutnya coba lakukan video call lagi dengan gebetan, pacar ataupun teman.

Harusnya kini video call dapat berjalan dengan lancar, baik dari sisi kamu ataupun lawan bicara.

Jika saat ini suara kamu sudah terdengar oleh lawan bicara namun lawan bicara tidak dapat kamu dengar suaranya, bisa jadi dia yang belum mengaktifkan perizinan mikrofon. Tunjukkan artikel ini kepadanya dan minta dia untuk mengikuti apa yang ada di artikel ini.

Tips Tambahan Agar Video Call di WhatsApp Makin Lancar

Jika kamu masih merasakan kendala saat video call WhatsApp, maka ada beberapa tips sederhana yang dapat Sobat Androbuntu lakukan.

1. Gunakan koneksi internet yang stabil. Jika koneksi dari operator yang kamu gunakan buruk, maka coba gunakan wifi, hotspot, atau sumber internet lain yang lebih cepat.

Advertisements

2. Nonaktifkan konfigurasi firewall di router, terkadang fitur ini justru akan memblokir beberapa fungsi dari suatu aplikasi.

3. Coba nonaktifkan fitur penghemat baterai di Android, karena fitur ini biasanya bekerja dengan cara menonaktifkan jalannya aplikasi di latar belakang.

4. Cek mikrofon ponsel Android yang kamu gunakan, caranya bisa dengan melakukan panggilan biasa. Jika tidak terdengar suara juga, tandanya mikorofon ponsel kamu yang bermasalah.

5. Coba gunakan aplikasi WhatsApp Mod sebagai ganti aplikasi WA resmi.

Itu dia tadi beberapa tips untuk mengatasi aplikasi WhatsApp yang sering tidak mengeluarkan suara ketika digunakan untuk video call.

Dengan melakukan cara-cara diatas, semoga kamu bisa mendengar suara lawan bicara saat video call WhatsApp.

Terakhir diperbarui pada 24 Juni 2021.

Advertisements

Gamer paruh waktu.

Tinggalkan komentar