Inilah Fungsi Penting Dari Database yang Wajib Kamu Ketahui

Fungsi Database by Androbuntu 1
sumber: pexels.com

Di jaman yang serba modern ini tentu saja teknologi merupakan hal yang biasa dalam kehidupan sehari-hari, misalnya saja dalam hal menunjang pekerjaan.

Dari sekian banyaknya teknologi mulai dari website, aplikasi pengolah huruf dan angka, dan game sebenarnya terkadang kita melupakan salah satu hal terpenting yaitu database atau basis data.

Sebenarnya, basis data atau database sangat dekat dengan kita dalam kebutuhan sehari-hari namun banyak orang yang melupakan dan belum tahu fungsi dan pentingnya database ini.

Database terus berkembang pesat untuk meningkatkan fungsinya sebagai pendukung aplikasi dan sistem komputer dari perusahaan bahkan lembaga-lembaga besar.

Salah satu dari perkembangan database yang melesat adalah telah diterapkannya teknologi database mirroring, dimana data yang tersimpan di dalam database di duplikasi di database tempat lain tanpa menurunkan kualitas data.

Tujuan dari duplikasi ini adalah menyiapkan data cadangan apabila server database utama mengalami kerusakan atau crash.

Salah dua dari sekian banyak yang menerapkan teknologi database mirroring adalah Google Drive dan Dropbox.

Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah menjamin keutuhan data dari pelanggan apabila sewaktu-waktu terjadi kerusakan.

Mungkin jika kamu adalah Web Developer atau Application Developer pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya database.

Tapi bagi teman-teman yang lain tampak nya database seperti nama asing yang baru pernah didengar.

Baca Juga:

Untuk itu pada kesempatan kali ini Androbuntu akan mencoba membahas mengenai apa itu database dan fungsinya dalam kehidupan sehari-hari.

Apa Itu Database?

Fungsi Database by Androbuntu 2
sumber: pexels.com

Bisa dibilang database adalah basis data atau sekumpulan data yang diorganisir dalam satu tempat atau base sehingga dapat menghasilkan informasi yang bermanfaat bagi para penggunanya.

Pada umumnya database disimpan pada suatu perangkat komputer.

Pengolahan database dalam komputer bertujuan untuk mempermudah akses komputerisasi.

Pengolahan sistem database ini biasa juga disebut dengan istilah DBMS atau Database Managamenet System yang juga bisa didefinisikan sebagai kumpulan tabel yang menyimpan data dan informasi.

Sebenarnya fokus database ini hanya mengerucut pada lingkup IT saja, tapi penerapan dan pemanfaatannya sangat luas hingga berbagai bidang misalnya finansial, akunting, kesehatan, dan masih banyak lagi.

Bagi masyarakat awam, bisa dibilang masyarakat non IT sepertinya akan menganggap database hanya berisi data-data saja.

Namun selain sebagai media penyimpanan data, database juga memiliki fungsi-fungsi lain yang berperan penting dalam membantu kinerja seseorang sehari-hari, terlebih lagi jika seseorang itu bekerja menggunakan komputer dengan beribu-ribu data.

Berikut fungsi-fungsi penting dari database yang jarang diketahui, apa saja?

  1. Database atau basis data memungkinkan kita untuk mengelompokkan data dengan tujuan untuk mempermudah identifikasi data. Pengelompokan bisa dilakukan melalui berbagai cara seperti misalnya membuat beberapa tabel atau field yang berbeda. Sebagai contohnya, hal ini sangat berperan bagi pihak perusahaan bank untuk mengumpulkan dan mengakses kembali data-data dari para nasabahnya atau dari pihak rumah sakit untuk mengakses dan mengolah data dari para pasiennya.
  2. Database juga mampu mengurasi resiko terjadinya redudansi data atau data yang tercatat lebih dari sekali. Karena pada hakikatnya setiap data yang tersimpan di dalam database akan memiliki primary key sebagai unix code.
  3. Database membantu penggunanya mengelola data yang ada didalamnya yaitu menambahkan data baru, mengupdate data, dan bahkan menghapus data.
  4. Meminimalisir terjadinya data yang hilang atau data yang tercecer karena database merupakan penyimpanan data yang terstrukstur
  5. Menjaga kualitas data agar tetap sama saat baru di tambahkan dan beberapa lama setelah ditambahkan
  6. Menghemat ruang karena tidak membutuhkan banyak ruang untuk menyimpan data-data yang jumlanya ratusan bahkan ribuan.

Nah itulah fungsi penting dari database atau basis data yang kadang sering dilupakan.

Mulai dari pengelolaan data hingga meminimalisir ruang penyimpanan dan mempermudah kinerja penggunanya.

Ternyata walaupun wujud dari database sendiri tidak dapat terlihat, tapi manfaatnya begitu jelas terasa dalam kehidupan sehari-hari ya.

Sekian artikel kali ini, semoga pengetahuan tentang database ini bermanfaat untuk kawan-kawan Androbuntu.