Apa Saja Perbedaan Smart TV dan Android TV?

Kemajuan teknologi yang pesat ternyata tidak hanya memengaruhi gawai tetapi juga televisi.

Dewasa ini, TV bukan lagi media untuk sekadar menikmati tontonan, melainkan juga sarana untuk bermain video games dan berselancar di dunia maya.

Kemunculan Smart TV maupun Android TV pun menambah semarak dunia hiburan dan teknologi.

Bagi kamu yang penasaran, apa saja perbedaan Smart TV dan Android TV? Simak info berikut.

Fitur-Fitur Unggulan Android TV

Berbicara tentang perbedaan Smart TV dan Android TV, mari kita mulai dengan membahas mengenai Android TV terlebih dahulu.

Televisi yang dikembangkan oleh perusahaan raksasa Google ini pertama kali diperkenalkan pada Juni 2014 lalu, menggantikan Google TV.

Beberapa fitur unggulan Android TV berikut ini dapat menjadi bahan perbandingan dengan Smart TV yang akan dibahas setelahnya.

  • Seperti halnya ponsel pintar Android, Android TV menerapkan sistem operasi (OS/Operating System) Android. Keunggulan ini memungkinkan kamu untuk mengunduh aplikasi yang lebih beragam dibandingkan Smart TV yang menggunakan OS Linux. Hal itu karena Android TV memiliki Google Play Store yang menyediakan berbagai pilihan aplikasi menarik.
  • Layaknya smartphone, OS yang digunakan TV Android dapat selalu diperbarui ke versi terkini. Saat ini, versi OS yang bisa digunakan di antaranya adalah Nougat dan Marshmallow.
  • Sistem Operasi Android bersifat open source, terbuka bagi perusahaan mana pun yang hendak menawarkan aplikasinya. Hal ini membuat tarif penggunaannya relatif lebih terjangkau dibandingkan tarif penggunaan Smart TV.
  • Seperti disebutkan sebelumnya, pengguna dapat menjelajahi dan mengunduh berbagai aplikasi dari fitur Google Playstore sesuka hati mereka. Namun, perlu diingat bahwa tak semua aplikasi pada ponsel Android dapat dipasang di TV Android.
  • Hadir berupa set-top-box yang dipasangkan pada perangkat televisi biasa, Android TV juga tersedia dalam bentuk perangkat lunak yang telah terintegrasikan dengan televisi.
  • Terdapat fitur Chromecast pada Android TV yang memudahkan para pengguna dalam menampilkan konten-konten dari gadget mereka pada layar televisi berbasis OS Android tersebut.
  • Guna berselancar di dunia maya, kinerja Android TV relatif lebih cepat dibandingkan dengan Smart TV. RAM serta prosesor mumpuni lah yang membuat fitur ini dapat berfungsi dengan lancar, demi kenyamanan pengguna.
  • Untuk memperlihatkan tampilan hasil browsing dari perangkat gawai lainnya, gunakan fitur Google Cast. Dijamin, fitur ini dapat mengatasi beberapa perangkat yang tak dapat dikoneksikan dengan TV Android.
  • Kini, Android TV juga telah ditambahkan fitur Google Assistant bawaan. Sobat Androbuntu dapat dengan mudahnya mengaktifkan fitur ini atau menekan tombol mic pada remote control, kemudian menyebutkan “Okay, Google.”

Sederet Keistimewaan Smart TV

Masih dalam pembahasan perbedaan Smart TV dan Android TV, pengertian Smart TV sendiri sesungguhnya lebih luas daripada Android TV.

Secara etimologi, Smart TV merupakan istilah umum dari TV Android besutan Google.

Faktanya, Jepang telah memperkenalkan konsep “televisi pintar” ini sejak awal tahun 1980-an dengan cara menambahkan cip LSI bermemori dan generator karakter pada sistem TV receiver.

Sederhananya, Smart TV memerlukan koneksi internet sedangkan TV konvensional tidak.

Dikenal juga dengan sebutan Connected TV (CTV), teknologi canggih ini akhirnya semakin dikembangkan di awal 2010-an hingga kini.

Berikut ini beberapa fitur istimewa Smart TV jika dibandingkan dengan Android TV.

  • Menggunakan koneksi internet via Wi-Fi maupun sambungan kabel ethernet, Sobat Androbuntu dapat menonton acara streaming melalui aplikasi pihak ke-3, seperti Netflix, YouTube, HBO, Disney+, Spotify, dan lainnya.
  • Di samping itu, kamu pun dapat bermain video game secara daring/online maupun browsing pada browser Smart TV dengan mudah.
  • Jika dibandingkan dengan TV Android, jumlah aplikasi yang dapat dipasang di Smart TV biasa lebih sedikit.
  • Sementara Android TV berbasis OS Android, Smart TV bekerja berdasarkan sistem operasi Linux yang di antaranya ialah webOS, HomeOS, dan Tizen.
  • Keistimewaan utama Smart TV adalah interface-nya yang lebih sederhana dan hanya menggunakan sebuah remote control saja dalam pengoperasiannya. Bagi kamu yang tidak familiar dengan sistem Android yang rumit atau merasa nyaman dengan tampilan layar yang simpel, Smart TV memang pilihan yang lebih tepat.
  • Fitur screen mirror pada Smart TV berfungsi untuk menghubungkan perangkat TV dengan gadget lainnya. Jadi, display layar ponsel pintar kamu dapat ditampilkan pada layar TV pintar secara nirkabel (tanpa kabel). Dengan keunggulan ini, kamu bisa melakukan kegiatan pada smartphone, tablet, atau laptop pada layar televisi yang tentunya jauh lebih besar dan nyaman.
  • Smart TV pun menawarkan desain menawan guna menyesuaikan desain interior ruang keluarga di rumah atau ruang pertemuan di kantor. Bentuknya yang ringkas, datar, tipis, dan elegan membuatnya cocok dengan konsep desain ruangan yang modern serta minimalis.

Kesimpulan: Jadi, Pilih Smart TV atau Android TV?

Setelah mengetahui perbedaan Smart TV dan Android TV, kamu mau pilih yang mana?

Jawabannya sederhana saja.

Jika kamu lebih suka televisi pintar dengan interface dan remote control yang lebih sederhana, pilih Smart TV biasa saja (contohnya, Mi TV 4 produksi Xiaomi atau Samsung Smart TV UA40J5250).

Namun, bila kamu ingin lebih banyak aplikasi pada TV pintarmu, maka pilihlah Android TV seperti Sony A9G OLED atau Hisense H8G. Selamat memilih!

Suka teknologi? Jangan lupa follow Instagram Androbuntu untuk mendapatkan info-info terbaru seputar dunia teknologi dan gadget.

Pemikir, cowok rumahan.