Cara Menggunakan Google Maps dalam Mode Incognito

Mode samaran atau mode incognito merupakan fitur bawaan yang ada di setiap browser seperti Google Chrome, Firefox dan Safari. Namun kini fitur tersebut juga ada di beberapa aplikasi selain browser, sebut saja YouTube, Microsoft SwiftKey, dan Google Maps.

Implementasi mode incognito di Google Maps cukup menarik. Mengingat lokasi dan tempat yang kita kunjungi merupakan data yang sensitif, maka hadirnya fitur ini akan memberi kita yang menginginkan privasi lebih.

Baca juga: Ini Dia Letak Menu Opsi di Google Maps

Kapan Saat yang Tepat untuk Menggunakan Mode Samaran di Google Maps?

Sebenarnya tidak anjuran pasti kapan kamu harus mengaktifkan mode samaran di Google Maps. Namun yang pasti, mode samaran cocok digunakan ketika kamu tidak menginginkan riwayat pencarian map kamu tersimpan.

Misal, suatu hari kamu ingin pergi ke tempat-tempat terlarang menggunakan bantuan navigasi dari Google Maps. Kamu khawatir jika nanti akan ada anggota keluarga atau teman kamu yang melihat riwayat pencarian Google Maps kamu dan mendapati kamu pergi ke tempat itu.

Maka, alih-alih mengambil resiko kamu lupa menghapus riwayat pencarian, lebih baik gunakan mode samaran di Google Maps. Secara otomatis seluruh riwayat pencarian dan tempat yang kamu kunjungi akan terhapus.

Selain itu pergerakan Sobat Androbuntu juga tidak akan direkam dan dimasukkan ke dalam Linimasa. Namun kamu tetap perlu mengaktifkan GPS.

Baca juga: Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline

Cara Menggunakan Google Maps dalam Mode Incognito

Buka aplikasi Google Maps di Android, iPhone atau iPad, kemudian ketuk foto profil kamu.

Cara Menggunakan Google Maps dalam Mode Incognito by Androbuntu 1

Ketuk Aktifkan mode Samaran.

Cara Menggunakan Google Maps dalam Mode Incognito by Androbuntu 2

Berikutnya kamu akan melihat sebuah pemberitahuan Mode samaran diaktifkan. Lanjutkan dengan ketuk tombol Tutup.

Cara Menggunakan Google Maps dalam Mode Incognito by Androbuntu 3

Sekarang kamu sedang menggunakan Google Maps dalam mode penyamaran (Incognito). Kini kamu dapat menggunakan Google Maps seperti biasa, dan semua riwayat penelusuran tidak akan disimpan.

Cara Menggunakan Google Maps dalam Mode Incognito by Androbuntu 4

Jika kamu sudah selesai dan ingin keluar dari mode samaran, ketuk logo incognito kemudian ketuk tombol Nonaktifkan mode Samaran.

Cara Menggunakan Google Maps dalam Mode Incognito by Androbuntu 5

Ini memang fitur sederhana, namun sangat cocok digunakan untuk Sobat Androbuntu yang perduli dengan masalah privasi. Dengan mengaktifkan fitur ini, maka akan semakin sedikit data yang kamu berikan ke Google.

Suka teknologi? Jangan lupa subscribe channel YouTube Androbuntu dan bantu kami mendapatkan 100 ribu subscriber:

Pemikir, cowok rumahan.