Xiaomi Luncurkan Mi Pad 5, Tablet Mirip iPad dengan Snapdragon 870

Tablet Android belum mati. Selain Samsung, ada satu lagi pabrikan yang juga masih merilis tablet Android secara rutin, yaitu Xiaomi.

Xiaomi baru saja merilis dua varian tablet terbarunya, yaitu Xiaomi Mi Pad 5 dan Mi Pad 5 Pro.

Kedua varian Mi Pad 5 ini sama-sama dibekali dengan chipset Snapdragon, dukungan fast charging, serta dua aksesoris tambahan.

Berikut ini adalah spesifikasi lengkap Xiaomi Mi Pad 5 dan Mi Pad 5 Pro, serta perkiraan harganya jika masuk ke Indonesia.

Baca juga: Rekomendasi Tablet Harga 2 Jutaan Terbaik

Spesifikasi Xiaomi Mi Pad 5/Pro

Xiaomi Mi Pad 5
Gambar: Xiaomi

Xiaomi Mi Pad 5 dan Mi Pad 5 Pro akan menggunakan desain yang sama persis, yang membedakan hanya spesifikasinya saja.

Kedua model lini tablet terbaru Xiaomi ini jika dilihat secara sekilas memiliki desain yang mirip dengan iPad Pro, terlebih lagi saat digunakan bersama aksesoris keyboard bawaannya.

Tablet ini memiliki ketebalan 6.86mm dengan berat 515 gram.

Baik Xiaomi Mi Pad 5 dan Mi Pad 5 Pro menggunakan layar LCD dengan resolusi 11 inci 2.5K (WQHD). Layar tersebut memiliki resolusi 2560x1600p, 120Hz refresh rate, dan 120Hz touch sampling rate.

Tidak hanya itu, layar tablet ini juga mendukung P3 color gamut, Dolby Vision, True Tone (sama seperti pada iPad), HRD10, rasio kontras 1500:1 dan lain-lain.

Ukuran bezel sama persis di seluruh bagian tablet, dari atas, bawah, kanan dan kiri. Kedua model menggunakan kamera selfie beresolusi 8MP.

Keduanya menggunakan prosesor Snapdragon yang berbeda. Xiaomi Mi Pad 5 Pro dibekali dengan Snapdragon 870 SoC, sedangkan Mi Pad 5 menggunakan Snapdragon 860.

Chipset tersebut dipadukan dengan RAM LPPDR5 hingga 6GB (LPPDR4X pada Mi Pad 5) dan penyimpanan internal berjenis UFS 3.1 berkapasitas 256GB.

Terdapat satu kejutan yang menarik pada tablet buatan Xiaomi tahun ini, yaitu adanya dukungan konektivitas 5G. Namun hanya pada model Mi Pad Pro 8GB + 256GB yang mendukung konektivitas 5G.

Sedangkan pada sektor kamera, Mi Pad 5 Pro menggunakan kamera utama 13MP dan 5MP. Untuk varian 5G, kamera utama yang digunakan ialah kamera 50MP. Varian Pro menggunakan 8 speaker yang mendukung Dolby Atmos.

Terdapat perbedaan kecil dari segi konektivitas yang ditawarkan pada dua model tablet buatan Xiaomi ini. Varian Pro mendukung Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.2, sedangkan varian standar hanya mendukung Wi-Fi 5 dan Bluetooth 5.

Tablet ini menggunakan MIUI yang sudah dioptimasi untuk perangkat tablet berbasis Android 11.

Lebih jauh lagi, varian Pro dibekali dengan baterai jumbo berkapasitas 8.600mAh dengan dukungan 67W fast charging melalui port USB-C yang ada dibagian bawah tablet. Sedangkan varian standar Mi Pad 5 dibekali dengan baterai berkapasitas 8.720mAh dengan dukungan 33W fast charging.

Ya, Sobat Androbuntu tidak salah baca. Varian standar dibekali dengan baterai yang sedikit lebih besar dibandingkan versi Pro-nya.

Untuk varian warna, tablet terbaru Xiaomi ini tersedia dalam 3 warna berbeda, yaitu hitam, putih dan hijau. Namun untuk varian Pro hanya tersedia dalam dua warna, yaitu hitam dan putih.

Aksesoris Xiaomi Mi Pad 5

Xiaomi Mi Pad 5 by Androbuntu 1
Gambar: Xiaomi

Selain meluncurkan Mi Pad 5, Xiaomi juga meluncurkan dua buah aksesoris untuk melengkapi tablet ini. Aksesoris tersebut adalah Mi Smart Pen dan keyboard case. Keduanya mirip dengan aksesoris iPad.

Mi Smart Pen mendukung 4096 level sensitivitas tekanan, menulis miring, dan pengisian daya cepat tanpa kabel. Mi Smart Pen dapat ditempelkan disamping Mi Pad 5 untuk diisi dayanya, mirip seperti pada iPad Pro.

Xioami mengklaim bahwa Mi Smart Pen dapat digunakan hingga 8 jam dalam sekali pengisian daya.

Mi Smart Pen juga dilengkapi dengan dua buah tombol yang berguna saat kamu membuat catatan atau gambar. Satu tombol untuk mengganti warna, dan satu tombol lagi untuk menghapus.

Xiaomi menjual stylus ini dengan harga CNY 349 (sekitar 800 ribuan rupiah).

Aksesoris kedua yang juga diluncurkan bersama dengan Mi Pad 5 ialah case keyboard, yaitu sebuah keyboard yang juga dapat digunakan sebagai casing. Keyboard ini menggunakan pogo pin dan magnet sehingga mudah ditautkan dengan tablet.

Keyboard ini hadir dalam 3 varian warna yang sama seperti Mi Pad 5, yaitu hitam, putih dan hijau.

Harga Xiaomi Mi Pad 5

Xiaomi Mi Pad 5 by Androbuntu 2
Gambar: Xiaomi

Di negara asalnya, Xiaomi Mi Pad 5 akan dibanderol dengan harga CNY 1.999 atau sekitar 4,5 jutaan rupiah. Berikut ini adalah harga untuk Mi Pad 5 varian standar:

  • Mi Pad 5 (6GB+128GB) – CNY 1.999 (Rp. 4,5 jutaan)
  • Mi Pad 5 (6GB+256GB) – CNY 2.299 (RP. 5,2 jutaan)

Sedangkan varian yang lebih tinggi spesifikasinya, yaitu Mi Pad 5 Pro, dibanderol dengan harga yang sedikit lebih mahal, yaitu mulai dari CNY 2.499 (atau sekitar 5,6 jutaan rupiah). Berikut ini adalah harga berdasarkan konfigurasinya:

  • Mi Pad 5 Pro (6GB+128GB) – CNY 2.499 ( Rp. 5,6 jutaan)
  • Mi Pad 5 Pro (6GB+256GB) – CNY 2.799 (Rp. 6,2 jutaan)
  • Mi Pad 5 Pro (8GB+256GB) + dukungan 5G – CNY 3.499 (RP. 7,8 jutaan)

Untuk ketersediaan, belum ada pengumuman dari Xiaomi apakah tablet ini akan tersedia di luar Cina atau tidak. Untuk harganya sendiri jika memang masuk ke Indonesia, tentu tidak akan sama persis dengan perkiraan harga yang Androbuntu berikan diatas, karena akan ada pajak, dan biaya lainnya.

Suka teknologi? Jangan lupa follow Instagram Androbuntu untuk mendapatkan info-info terbaru seputar dunia teknologi dan gadget.

Gamer paruh waktu.