Adobe InDesign: Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Fitur

Kamu pasti sudah tahu bahwa Adobe memiliki banyak sekali aplikasi yang berhubungan dengan desain dan editing. Tentu kamu sudah familiar dengan Photoshop, Illustrator dan juga After Effetct.

Namun tahu kah kamu dengan aplikasi Adobe yang satu ini? Aplikasi tersebut bernama Adobe InDesign.

Aplikasi ini dikembangkan khusus untuk mereka yang bekerja di bidang percetakan seperti majalah, koran, dan semacamnya.

Untuk mengetahui lebih banyak mengenai Adobe InDesign, kamu dapat membacanya dibawah.

Baca juga: Pengertian Adobe Creative Cloud

Pengertian Adobe InDesign

Adobe InDesign
Logo Adobe InDesign

Adobe InDesign adalah sebuah perangkat lunak atau aplikasi buatan Adobe yang biasa digunakan untuk membuat desain dan layout seperti brosur, majalah, poster, koran dan semacamnya.

Ya, setiap aplikasi buatan Adobe walau pun masih sama-sama aplikasi desain biasanya masing-masing memiliki fungsi yang spesifik. Sebagai contoh, Photoshop adalah aplikasi desain yang fungsinya spesifik untuk mengedit foto.

Sedangkan After Effect ialah aplikasi khusus untuk mengedit video. Ada juga Illustrator yang memiliki fungsi untuk membuat desain seperti logo dan ikon. Dan lain-lain.

Sedangkan untuk InDesign, adalah aplikasi yang memang dibuat khusus oleh Adobe untuk menangani edit layout seperti koran, majalah dan semacamnya, intinya adalah untuk menangani dokumen percetakan.

Saat ini Adobe InDesign tidak hanya dapat digunakana di komputer berbasis Windows dan Mac, tapi juga sudah tersedia di perangkat Android dan iOS.

Adobe InDesign dapat dikatakan merupakan aplikasi standar industri percetakan. Aplikasi ini sangat populer karena dilengkapi dengan beragam fitur yang memudahkan pekerjaan membuat layout dokumen percetakan.

Salah satu contoh fitur yang sangat berguna ialah, Sobat Androbuntu dapat membuat beberapa halaman dengan layout yang berbeda-beda. Di aplikasi lain, hal ini memang dapat dilakukan, namun caranya akan sangat kompleks. Berbeda dengan InDesign, fitur ini jauh lebih mudah untuk digunakan.

Kelebihan lain yang dimiliki aplikasi ini ialah sudah ada banyak sekali tutorial dan panduan cara menggunakannya di internet. Kamu tidak akan kesulitan jika ingin mempelajari bagaimana cara menggunakan Adobe InDesign, entah itu di YouTube, blog atau pun situs-situs di internet.

Tidak hanya itu, pihak Adobe sendiri juga membuat dokumentasi yang sangat lengkap tentang cara penggunaan InDesign.

Saat ini, Adobe InDesign dapat digunakan dengan membayar biaya langganan sebesar $315.61. Apakah biaya tersebut mahal? Untuk harga, tentu akan relatif bagi setiap orang.

Namun jika kamu bekerja di bidang percetakan, harga berlangganan tersebut sangat layak untuk dikeluarkan karena kamu akan mendapatkan akses ke aplikasi percetakan terbaik yang ada saat ini.

Sejarah Adobe InDesign

Sama seperti aplikasi buatan Adobe lainnya, InDesign juga memiliki sejarah yang cukup panjang. InDesign sebenarnya merupakan penerus dari aplikasi bernama Pagemaker yang juga merupakan buatan Adobe.

Pada tahun 1998, Adobe terpaksa harus menghentikan pengembangan Pagemaker karena aplikasi ini sudah ditinggalkan sebagian besar penggunanya. Pada saat itu orang-orang lebih memilih menggunakan aplikasi bernama QuarkXPress.

Pada saat itu, Quark, perusahaan yang mengembangkan QurkXPress, bahkan sempat ingin membeli Adobe, namun pihak Adobe menolaknya. Adobe kemudian mengembangkan aplikasi baru yang masih berhubungan layour dan percetakan yang kemudian kita kenal dengan nama Adobe InDesign hingga sekaran.

Adobe memperkenalkan InDesign versi 1 pada tahun 1999. Kemudian pada versi 3, Adobe memasukkan aplikasi ini sebagai salah satu aplikasi yang tersedia pada paket Adobe Creative Cloud bersama dengan Photoshop, Acrobat, dan Illustrator.

Sampai saat ini InDesign masih terus dikembangkan oleh pihak Adobe, sehingga dari waktu ke waktu akan semakin banyak fitur yang ditambahkan ke dalamnya.

Fungsi Adobe InDesign

Tampilan Adobe InDesign

Adobe memiliki banyak aplikasi yang berhubungan desain dan editing, namun semuanya dibuat untuk tujuan desain yang spesifik. Sebagai contoh, Photoshop dibuat dengan tujuan untuk mengedit foto.

Begitu pula dengan InDesign, aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang dibuat untuk memudahkan pekerjaan desain yang spesifik, yaitu layout dokumen percetakan.

Berikut ini beberapa jenis desain percetakan yang dapat kamu buat menggunakan Adobe InDesign:

  • Pamlet
  • Poster
  • Kartu pos
  • Presentasi
  • Ebook
  • Brosur
  • Majalah
  • Koran
  • Dan masih banyak lagi

Fitur-fitur Adobe InDesign

Berikut ini adalah beberapa fitur inti yang dapat kamu gunakan pada aplikasi Adobe InDesign:

  • Ribuan template yang siap digunakan: Terdapat ribuan template untuk berbagai keperluan mulai dari pamflet, poster, hingga koran yang siap untuk digunakan. Untuk kamu yang sering dikejar date line, ini adalah fitur penyelamat.
  • Integrasi dengan Adobe Illustrator, Photoshop, and Stock: Adobe saat ini mengintegrasikan seluruh aplikasinya dalam satu layanan utama, yaitu Adobe Creative Cloud. Dengan kata lain, kamu dapat menggunakan InDesign bersama dengan seluruh aplikasi Adobe yang mendukung.
  • Adobe Fonts: Desain yang kamu buat di InDesign akan semakin menarik berkat koleksi ribuan font dari Adobe yang siap untuk kamu gunakan.
  • Preview Sebelum di Print: InDesign memiliki fitur yang memungkinkan Sobat Androbuntu untuk melihat desain sebelum di print, preview ini akan menampilkan tampilan dokumen sesuai dengan ukuran kertas yang dipilih.

Dan masih banyak lagi sebenarnya fitur yang ada di Adobe InDesign. Untuk melihat daftar fitur tersebut, kamu dapat langsung melihatnya pada halaman resmi Adobe InDesign.

Pemikir, cowok rumahan.