Cara Menghapus Pocket dari Firefox

Saat ini, Firefox terintegrasi dengan Pocket, yaitu sebuah layanan bookmark untuk menyimpan dan membaca halaman web secara offline dimana saja dan kapan saja. Pocket kini dimiliki oleh Mozilla, sehingga wajar diintegrasikan ke Firefox.

Kamu akan melihat ada logo Pocket disamping alamat situs yang kamu kunjungi. Jika di klik, maka halaman situs tersebut akan tersimpan di Pocket.

Tentu kamu harus mendaftar akun Pocket terlebih dahulu agar penyimpanan halaman situs dapat dilakukan.

Memang, layanan bookmark seperti Pocket sangat membantu untuk menyimpan halaman-halaman situs penting yang ingin kita baca dan simpan.

Namun saya yakin tidak semua orang menggunakan layanan ini.

Untungnya, Mozilla tetap menyediakan opsi untuk menghapus Pocket dari Firefox, walaupun opsi ini sedikit tersembunyi.

Untuk Sobat Androbuntu yang menggunakan Firefox untuk browsing sehari-hari namun tidak ingin menggunakan Pocket dan ingin menghapusnya dari Firefox, ikuti tutorial dibawah ini.

Advertisements
Baca juga: Cara Menghapus Kuki di Firefox

Cara Menghapus Pocket dari Firefox

Jika kamu hanya ingin menghapus tombol Pocket yang ada disamping alamat situs, maka caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu klik kanan pada tombol tersebut, lalu pilih Remove from Addresss Bar.

Namun itu hanya akan menyembunyikan tombol Pocket dari samping url bar. Pocket masih tetap ada di Firefox kamu.

Jika kamu klik kanan pada halaman situs yang sedang dikunjungi, maka kaamu akan menemukan opsi Save to Pocket.

Untuk menghapus Pocket secara keseluruhan dari Firefox, ikuti tutorial berikut ini:

Buka tab baru di Firefox, kemudian ketik “about:config” pada url bar. Kemudian klik tombol Accept the Risk and Continue.

Cara Menghapus Pocket dari Firefox by Androbuntu 1

Kemudian Firefox akan menampilkan seluruh konfigurasi tersembunyi. Ketik “pocket” pada kolom pencarian, lalu kamu akan menemukan konfigurasi bernama extensions.pocket.enabled.

Secara default, konfigurasi ini tersetting true yang artinya ekstensi Pocket aktif di Firefox. Untuk menonaktifkannya, klik dua kali hingga berubah menajdi False.

Advertisements

Sekarang Pocket telah benar-benar dinonaktifkan dari Firefox. Coba klik kanan paada halaman situs yang sedang kamu kunjungi, maka tidak ada lagi pilihan Save to Pocket.

Jika sewaktu-waktu kamu berubah pikiran dan ingin kembali menggunakan Pocket, cukup ulangi langkah diatas. Namun di akhir, ubah pengaturannya menjadi true agar Pocket kembali aktif.

Gamer paruh waktu.