Apa Itu Google Forms: Pengertian, Fungsi & Cara Membuatnya

Google memiliki banyak sekali layanan, dan sebagian besar dari layanan tersebut dapat kita gunakan secara gratis. Salah satu yang akan kita bahas kali ini adalah Google Forms.

Saya yakin sebagian besar dari kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Google Forms.

Kamu yang masih menjadi siswa atau mahasiswa, mungkin pernah mendapatkan link Google Forms dari sekolah atau kampus kamu.

Google Forms tersebut bisa merupakan soal ulangan, kuisioner atau semacamnya.

Nah, untuk mengenal lebih dekat apa itu Google Forms, kamu bisa baca ulasan lengkapnya dibawah ini.

Baca juga: Cara Membuat Tabel di Google Docs

Apa Itu Google Forms?

Google Forms atau Google Formulir adalah salah satu layanan dari Google yang memungkinkan penggunanya untuk membuat survey, daftar hadir, kuis dan semacamnya secara online.

Nantinya, pengguna dapat memilih formulir serta pilihan apa saja yang keluar pada Google Forms yang ia buat, misalnya formulir nama, tanggal lahir, hobi dan lain-lain.

Kita sebagai pengguna dapat menyebarkan link Google Forms yang kita buat ke banyak orang untuk kemudian di isi oleh mereka.

Setelah itu kita bisa melihat hasil isian Google Forms tersebut di dashboard Google Docs kita.

Sebagai pemilik formulir, kita juga dapat mengatur siapa saja yang dapat melihat dan mengisi Google Forms yang kita buat.

Kita dapat mengatur agar hanya orang-orang yang kita undang saja yang dapat mengisinya, atau kita dapat mengatur agar semua orang yang memiliki tautan ke formulir tersebut dapat mengisinya.

Jadi Google Formulir ini cukup fleksibel dan dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan.

Fungsi Google Forms

Google Forms sangat efektif digunakan untuk mengumpulkan jawaban dari banyak orang secara online.

Misalnya adalah seorang guru dapat membuat Google Forms yang berisi soal-soal ulangan.

Kemudian ia dapat membagikan tautan Google Forms tersebut kepada seluruh muridnya dan meminta mereka menjawabnya.

Guru hanya perlu memeriksa jawabannya dari dashboard Google Docs-nya saja. Sang guru dapat melihat jawaban dari murid spesifik karena para murid akan menggunakan Akun Google mereka saat menjawab Google Forms sang guru.

Sangat mudah dan praktis bukan? Apalagi, seperti kebanyakan layanan Google yang lainnya, Google Forms juga dapat digunakan secara gratis.

Guru dapat mengatur agar setiap siswa hanya dapat mengisi formulir tersebut sekali saja atau dapat mengisinya secara berulang.

Contoh lain dari penggunaan Google Forms dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai media kuisioner online.

Misalkan kalian adalah mahasiswa yang sedang melakukan penelitian dan membutuhkan data dari banyak orang mengenai sesuatu.

Kalian hanya perlu membuat Google Forms yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan penelitian yang sedang kalian lakukan.

Berikutnya tinggal kalian sebarkan saja tautan Google Forms tersebut ke orang-orang terdekat kalian seperti teman, rekan kerja, tetangga, atau siapapun di internet.

Setelah tautan disebarkan, berikutnya kalian hanya perlu memantau dasbor Google Docs untuk memeriksa semua jawaban yang masuk.

Cara Membuat Google Forms

Google Forms merupakan bagian dari layanan Google, jadi kalian membutuhkan akun Google untuk dapat menggunakan dan membuat Google Forms. Untuk membuat Google Form, pertama buka terlebih dahulu browser kemudian kunjungi docs.google.com.

Lalu di sisi kiri atas klik tombol garis tiga dan pilih Google Forms.

Sobat Androbuntu bisa memilih template Google Forms untuk mempercepat proses pembuatan, atau membuat dari awal jika mau. Silahkan pilih sesuai kebutuhan.

Lalu sesuaikan Google Forms yang kamu buat, mulai dari jumlah formulir, pilihan jawaban, dan lain-lain.

Tutorial lengkap cara membuat Google Forms sudah pernah saya tulis di artikel ini, silahkan dibaca jika ingin mengetahui tutorial detailnya.

Artikel lainnya:

Senior "Hello world" programmer, coffee addict.

Tinggalkan komentar