Cara Install Aplikasi dari Luar Google Play di Android

Salah satu fitur keamanan di HP Android adalah kamu tidak diijinkan untuk memasang aplikasi yang kamu unduh dari luar Gooogle Play Store.

Jadi, walaupun Sobat Androbuntu memiliki file APK di HP Android yang sudah kalian unduh dari internet, kamu tetap tidak dapat memasangnya di HP kamu.

Kecuali kamu memang sudah mengaktifkan fitur untuk memasang aplikasi dari luar Google Play Store atau yang biasa disebut sebagai sideloading.

Di HP Android, ada pengaturan yang bisa kamu gunakan agar HP Android mengijinkan pemasangan aplikasi yang kamu unduh dari luar Google Play.

Jika kamu belum mengaktifkan pengaturan tersebut dan mencoba memasang file APK dari luar Google Play, maka kamu akan melihat peringatan seperti screenshot dibawah ini:

Seperti yang bisa kamu lihat pada gambar diatas bahwa, untuk alasan keamanan Android tidak mengizinkan Sobat Androbuntu untuk memasang aplikasi dari “unknown source” alias sumber tak dikenal.

Sumber tak dikenal itu bisa apa saja, yang jelas bukan dari Google Play.

Kamu mungkin mendapatkan aplikasi tersebut dari situs pengembangnya, atau dari situs lain yang menyediakan file APK tersebut, atau mungkin dikirim dari teman, dan masih banyakk lagi.

Perbedaan antara aplikasi yang di unduh langsung dari Google Play dan dari sumber tak dikenal adalah dari sisi keamanannya.

Aplikasi-aplikasi yang ada di Google Play, sebelumnya telah melalui tahap seleksi dan juga diawasi langsung oleh Google. Sehingga keamanan aplikasi lebih terjamin (walaupun tidak 100%).

Jika ada aplikasi-aplikasi yang terbukti berbahaya bagi pengguna Android, Google akan segera menariknya dari Google Play Store.

Dengan begitu, mengunduh aplikasi Google Play bisa dikatakan adalah cara paling aman.

Namun kita tidak bisa mengatakan bahwa semua aplikasi yang di unduh dari luar Google Play Store adalah aplikasi yang tidak aman.

Ada beberapa aplikasi bagus seperti NewPipe, yang hanya dapat di unduh dari situs resminya. Aplikasi tersebut tidak ada di Google Play Store karena memang dilarang oleh Google karena memperbolehkan pengguna untuk mengunduh video YouTube.

Baca juga: Cara Logout Dari Akun Google Play Store

Table of Contents

Cara Install Aplikasi dari Sumber Tak Dikenal di HP Android

Untuk dapat memasang aplikasi dari luar Google Play, kamu tidak memerlukan bantuan aplikasi ketiga. Kamu dapat mengakses fitur ini langsung daari menu pengaturan di HP Android.

Pertama, masuk ke menu Pengaturan.

Ketika menu Pengaturan terbuka, gulir ke bawah sampai kamu menemukan “Setelan tambahan”. Ketuk opsi tersebut.

Kemudian kamu akan masuk ke opsi “Setelan tambahan” seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Cara Install Aplikasi Dari Luar Google Play di Android 4

Gulir lagi ke bawah sampai kamu menemukan “Privasi”. Kemudian klik opsi tersebut.

Cara Install Aplikasi Dari Luar Google Play di Android 4

Lalu, kamu akan melihat opsi “Sumber tak dikenal”.

Geser slider ke arah kanan untuk mengijinkan pemasangan aplikasi pihak ketiga dari sumber tak dikenal (dari luar Google Play).

Cara Install Aplikasi Dari Luar Google Play di Android 4

Sekarang, kamu bisa menginstall aplikasi yang kamu dapat dari luar Google Play.

Untuk menginstall file APK di HP Android, cukup ketuk pada file APK tersebut, lalu kamu akan diarahkan menuju ke proses pemasangan aplikasi.

Catatan

Pastikan bahwa kamu mengetahui reputasi aplikasi apa yang ingin kamu pasang jika didapatkan dari luar Google Play.

Sebagai tips, kamu bisa melakukan riset kecil dengan cara mencari informasi di Google mengenai aplikasi yang ingin dipasang.

Jika ternyata aplikasi tersebut memiliki riwayat yang buruk yang berkaitan dengan keamanan data atau semacamnya, maka lebih baik batalkan untuk memasangnya di HP Android kamu.

Atau sebagai alternatif, kamu dapat mencari aplikasi dengan fitur yang serupa yang tersedia di Google Play Store atau F-droid. Cara ini lebih minim resiko.

Ikuti TikTok Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari