Cara Install Aplikasi dari Sumber Tidak Dikenal di HP Samsung

Untuk alasan keamanan, saat ini semua HP Android versi terbaru tidak mengizinkan pengguna untuk menginstal aplikasi dari luar Google Play Ptore.

Ketika kalian mengunduh file APK dari situs pihak ketiga menggunakan Firefox misalnya, kemudian kalian mencoba menginstal aplikasi tersebut maka akan ada peringatan yang berbunyi bahwa sistem telah mengarang Firefox untuk menginstal aplikasi dari pihak ketiga.

Hal ini sebenarnya memiliki tujuan yang bagus yaitu untuk mencegah para pengguna menginstal aplikasi yang tidak diperiksa keamanannya oleh tim Google Play Store.

Karena diluar sana banyak sekali aplikasi yang sering mencuri data-data dari HP Android.

Tapi jika kalian yakin dengan aplikasi yang ingin Sobat Androbuntu pasang, maka kalian dapat mengaktifkan fitur untuk memasang aplikasi dari luar Google Play Store.

Baca juga: Cara Mengatasi HP Samsung yang Lemot

Cara Mengizinkan Install Aplikasi dari Sumber Tidak Dikenal di HP Samsung

Tutorial ini saya tulis menggunakan HP Samsung. Namun tidak menutup kemungkinan dapat kalian ikuti juga jika kalian menggunakan HP Xiaomi, Acer, OPPO, atau HP Android merk lainnya.

Kalian tinggal menyesuaikannya saja. Perbedaannya mungkin hanya terletak pada antarmuka menu pengaturan saja.

Buka menu Pengaturan. Setelah itu pilih Biometrik dan keamanan.

Cara Install Aplikasi dari Sumber Tidak Dikenal di HP Samsung by Androbuntu 1

Kemudian pilih Install aplikasi yang tidak dikenal.

Cara Install Aplikasi dari Sumber Tidak Dikenal di HP Samsung by Androbuntu 2

Kemudian aktifkan tanda cek list pada semua aplikasi yang ingin kamu mengizinkan untuk menginstal aplikasi dari luar Google Play Store.

Cara Install Aplikasi dari Sumber Tidak Dikenal di HP Samsung by Androbuntu 3

Sebagai contoh, saya ingin menginstal aplikasi yang berasal dari F droid, maka saya akan mengaktifkan pilihan tersebut pada aplikasi F droid.

Dengan begitu setiap kali saya menginstal aplikasi di F-droid, maka tidak akan ada lagi peringatan yang muncul.

Aplikasi dapat diinstal dengan lancar dan juga cepat.

Jika kalian sering mengunduh file APK dari browser seperti Firefox dan Chrome maka kalian harus mengaktifkan fitur ini pada Firefox dan juga Chrome.

Dengan begitu setiap kali kalian selesai mengunduh file APK dari browser, maka kalian dapat segera memasangnya di HP Samsung kalian tanpa kendala.

Tips Mengintal Aplikasi dari Luar Google Play Store

Android tidak mengizinkan pemasangan aplikasi yang berasal dari luar Google Play Store bukan tanpa alasan.

Karena untuk dapat masuk ke Google Play Store, sebuah aplikasi akan diperiksa terlebih dahulu secara seksama oleh Tim Google.

Jika dirasa tidak pantas, entah itu karena alasan keamanan atau kualitas, maka aplikasi tersebut tidak dapat masuk ke Google Play Store.

Dan aplikasi yang sudah bisa masuk ke Google Play Store, keamanannya akan lebih terjamin jika dibandingkan aplikasi dari antah berantah dan dari pengembang yang tidak dikenal.

Sebaliknya, aplikasi yang berasal dari luar Google Play Store tidak ada yang memeriksa keamanannya.

Jadi, jika kalian ingin menginstal aplikasi dari luar Google Play Store, pastikan aplikasi tersebut memang aman untuk dipasang.

Kalian dapat membaca review dari berbagai situs, atau mencarinya di Google apakah aplikasi tersebut aman untuk dipasang atau tidak.

Jika banyak review yang mengatakan bahwa aplikasi tersebut tidak aman untuk dipasang, maka lebih baik tidak usah dipasang.

Gunakan aplikasi lain dengan fitur dan fungsi yang serupa. Jangan mengambil resiko dengan keamanan perangkat kamu.

Kesimpulan

Itu dia tadi tutorial bagaimana cara untuk mengizinkan pemasangan aplikasi yang di unduh dari luar Google Play Store.

Walaupun saya tidak menyarankan untuk mengunduh aplikasi dari luar Google Play Store, harus saya akui bahwa ada banyak sekali aplikasi bagus yang hanya tersedia di internet dan tidak ada di Google Play Store.

Beberapa aplikasi favorit saya yang tidak ada di Google Play Store antara lain adalah NewPipe, Tachiyomi, Viper4Android, MiXPlorer, Lucky Patcher, dan masih banyak lagi.

Intinya, ketika ingin memasang aplikasi dari luar Google Play Store, pastikan aplikasi tersebut aman dan berasal dari pengembang yang dikenal oleh banyak orang.

Ikuti TikTok Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari