Cara Memberikan Perintah ke ChatGPT Menggunakan Suara

Sampai dengan saat ini, satu-satunya cara yang dapat kita lakukan untuk memberikan perintah ke ChatGPT ialah dengan mengetikkan perintah tersebut menggunakan keyboard. OpenAI belum menghadirkan fitur untuk menggunakan perintah suara.

Namun ada satu ekstensi di Google Chrome yang dapat kita gunakan untuk mengatasi hal tersebut. Dengan begitu kita dapat memberikan perintah ke ChatGPT menggunakan suara kita.

Baca juga: Cara Menggunakan ChatGPT

Table of Contents

Pasang Ekstensi Promptheus

Untuk dapat memberikan perintah suara ke ChatGPT, Sobat Androbuntu memerlukan ekstensi tambahan di Google Chrome yang disebut sebagai Promptheus. Ekstensi ini dapat kalian unduh dan gunakan secara gratis.

Silakan buka Google Chrome kalian, kemudian masuk ke Chrome web store. Lalu cari dengan kata kunci “promptheus”.

Cara Menggunakan Suara di ChatGPT 1

Tambahkan ekstensi tersebut ke Google Chrome kalian dengan cara klik tombol Tambahkan ke Chrome. Tunggu beberapa saat sampai ekstensi tersebut terpasang.

Cara Menggunakan Suara di ChatGPT 2

Ekstensi di Google Chrome rata-rata memiliki ukuran yang kecil jadi dapat dipasang dan diunduh dengan cepat, termasuk ekstensi Promptheus.

Gunakan ChatGPT Menggunakan Suara Kalian

Setelah ekstensi Promptheus terpasang di Google Chrome Sobat Androbuntu, selanjutnya kunjungi atau buka ChatGPT di chat.openai.com, kemudian login menggunakan akun OpenAI kalian.

Kemudian kalian akan melihat ada tulisan “Hold Space to Talk” dan “Promptheus Options”. Itu adalah tampilan yang dibuat oleh ekstensi Promptheus.

Cara Menggunakan Suara di ChatGPT 3

Seperti yang tertulis tersebut, kini kamu dapat memberikan perintah ke ChatGPT menggunakan suara kalian. Caranya ialah dengan menekan tombol spasi lalu berbicaralah. Tahan tombol spasi selama kalian bicara.

Jika sudah selesai berbicara, lepas tombol spasi. Maka semua yang kalian ucapkan akan diubah menjadi teks dan diberikan ke ChatGPT.

Cara Menggunakan Suara di ChatGPT 4

Berikut adalah kelebihan memberikan perintah ke ChatGPT menggunakan suara:

  1. Kecepatan dan kenyamanan: Berbicara bisa jauh lebih cepat daripada mengetik, sehingga menginstruksikan kamu dengan suara bisa lebih efisien. Hal ini terutama berguna ketika kamu ingin mendapatkan jawaban atau informasi dengan cepat.
  2. Interaksi alami: Berbicara dengan suara memberikan pengalaman interaksi yang lebih alami seperti berbicara dengan manusia. Hal ini dapat meningkatkan keterlibatan dan pengalaman pengguna.
  3. Aksesibilitas: Berbicara dapat menjadi pilihan yang lebih mudah diakses untuk orang-orang dengan keterbatasan fisik atau visual yang membuat mengetik sulit atau tidak mungkin dilakukan.
  4. Peningkatan multitasking: Dengan menggunakan suara, kamu dapat memberikan perintah atau mendapatkan jawaban dari ChatGPT sambil tetap menjalankan tugas lain, seperti memasak atau mengemudi, tanpa harus fokus pada keyboard.
  5. Pengenalan suara yang lebih baik: Teknologi pengenalan suara terus berkembang, dan saat ini banyak platform yang mendukung fitur pengenalan suara dengan akurasi yang semakin baik. Ini memungkinkan ChatGPT untuk lebih tepat dalam memahami perintah suara.
  6. Lebih nyaman saat berbicara panjang: Jika kamu ingin memberikan instruksi yang panjang, berbicara dengan suara bisa lebih mudah dan nyaman daripada mengetiknya.

Namun, penting untuk diingat bahwa teknologi pengenalan suara tidak selalu sempurna dan dapat memiliki batasan tertentu. Dalam beberapa kasus, suara pengguna dapat diartikan dengan tidak akurat, terutama jika ada gangguan audio atau logat bahasa yang khas. Selain itu, terkadang beberapa detail penting dapat hilang dalam proses pengenalan suara.

Secara keseluruhan, memberikan perintah ke ChatGPT menggunakan suara dapat menjadi pilihan yang nyaman dan efisien terutama jika kamu ingin berinteraksi dengan sistem secara lebih alami dan cepat.

Ikuti TikTok Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari