Cara Mengaktifkan Nearby Share di Android

Untuk mengirimkan file dari satu HP Android ke HP Android lainnya masih terasa cukup sulit jika dibandingkan dengan iPhone. iPhone memiliki fitur bawaan bernama AirDrop.

Dengan fitur ini sesama pengguna iPhone dapat mengirim dan menerima file dengan cepat tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Fitur ini juga bahkan tersedia di perangkat Apple lainnya seperti MacBook dan juga.

Fitur serupa AirDrop baru tersedia di Android beberapa tahun belakangan yang diberi nama Nearby Share.

Sebelum adanya fitur ini penggunaan Android harus menggunakan berbagai macam aplikasi pihak ketiga hanya untuk sekedar mengirim dan menerima file ke sesama pengguna Android.

Beberapa aplikasi tersebut antara lain adalah ShareIt, MiShare, Resillio dan semacamnya.

Karena sudah terbiasa menggunakan bantuan aplikasi-aplikasi tersebut maka masih jarang penggunaan Android yang menggunakan fitur Nearby Share karena ketidaktahuannya akan adanya fitur ini.

Selain tidak tahu adanya fitur ini, alasan lain yang mendasari jarangnya digunakan fitur ini adalah karena orang-orang banyak yang belum tahu bagaimana cara mengaktifkannya.

Karenanya di artikel Androbuntu kali ini saya akan menunjukkan ke kalian bagaimana cara untuk mengaktifkan fitur berbagi langsung ini.

Sehingga nantinya kalian dapat mengirim dan menerima file ke sesama pengguna Android tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Baca juga: Cara Mengganti Nama Hotspot di HP Android

Apa itu Nearby Share?

Nearby Share adalah jawaban Google untuk fitur AirDrop yang ada di perangkat buatan Apple. Walaupun harus diakui bahwa Google sedikit terlambat karena AirDrop sudah ada lebih dari 10 tahun lalu.

Cara kerja fitur ini juga sangat mirip dengan AirDrop dan memungkinkan kamu untuk mentransfer file antar perangkat Android tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Versi beta dari Nearby Share pertama kali diperkenalkan pada Juni 2020 untuk perangkat Pixel dan Samsung Galaxy varian tertentu. Kemudian fitur ini dirilis secara publik untuk semua perangkat Android yang menjalankan Android 6.0.

Samsung bahkan memiliki versi Nearby Share-nya sendiri yang disebut sebagai Quick Share. Fitur ini memudahkan para pengguna HP Samsung untuk berbagi file ke sesama pengguna HP Samsung lainnya.

AirDrop tidak membutuhkan koneksi internet untuk mentransfer file antar perangkat, namun di Nearby Share kita dapat menggunakan paket data atau wi-fi bersama dengan bluetooth dan WebRTC untuk mengirim file baik secara offline maupun online.

Sobat Androbuntu juga dapat memanfaatkan fitur ini untuk membagikan password wi-fi pada perangkat yang sudah menggunakan Android 12 atau yang lebih baru.

Cara Mengaktifkan Fitur Nearby Share di HP Android

Masuk ke menu pengaturan. Setelah itu manfaatkan kolom pencarian dan ketik “Berbagi Langsung” jika kalian menggunakan pengaturan bahasa Indonesia, tapi jika kalian menggunakan pengaturan bahasa Inggris maka cari dengan kata kunci “Nearby Share”.

Lalu menu pengaturan akan menampilkan menu berbagi langsung atau Nearby Share. Ketuk menu yang ada di hasil pencarian tersebut.

Cara Mengaktifkan Nearby Share di Android by Androbuntu 1

Selanjutnya aktifkan fitur ini dengan cara mengetuk pada tombol “Gunakan Berbagai Langsung”.

Cara Mengaktifkan Nearby Share di Android by Androbuntu 2

Seperti yang dapat kalian lihat pada screenshot di atas, ada beberapa pengaturan yang dapat kalian aktifkan atau nonaktifkan.

Diantaranya adalah visibilitas perangkat. Jika kalian ingin menerima file dari perangkat lain menggunakan fitur ini maka aktifkan visibilitas perangkat.

Seperti namanya ketika diaktifkan maka HP Android kalian akan dapat dilihat oleh perangkat lain yang ingin mengirimkan file ke kamu.

Kamu juga dapat melihat bahwa fitur ini terintegrasi dengan akun Google. Jadi pastikan silakan kalian pilih terlebih dahulu akun Google mana yang ingin kalian gunakan bersama dengan fitur ini jika kalian sedang login ke beberapa akun Google di perangkat tersebut.

Satu hal lagi yang perlu dicatat adalah fitur ini memanfaatkan hotspot atau wi-fi dan juga bluetooth. Jadi kedua fitur Android tersebut juga akan aktif ketika kalian mengaktifkan Nearby Share.

Jika sudah selesai menggunakan fitur Nearby Share maka jangan lupa juga untuk mengaktifkan kedua fitur Android tadi agar baterai HP Android kalian tidak cepat.

Menurut saya pribadi fitur Android yang satu ini belum sematang AirDrop yang ada pada iPhone. Kecepatan transfer file-nya masih terbilang rendah, sehingga kalian mungkin akan membutuhkan waktu lama ketika mengirim file berukuran besar atau dalam jumlah banyak.

Ikuti TikTok Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari