Cara Menghapus Riwayat Penelusuran di Samsung Internet

Coba bayangkan kalian sering mengunjungi situs-situs dewasa di HP Samsung kalian menggunakan aplikasi browser bawaannya, yaitu Samsung Internet.

Kemudian adik atau kakak kalian meminjam HP Samsung kalian untuk melakukan browsing, kemudian mereka akan mengetahui apa saja situs yang sebelumnya kalian kunjungi.

Sangaat mengerikan bukan? Karenanya, sebelum hal memalukan tersebut terjadi, ada baiknya kalian menghapus riwayat penelusuran yang pernah kalian lakukan di Samsung Internet.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Mode Satu Tangan di HP Samsung

Cara Menghapus Riwayat Penelusuran di Samsung Internet

Buka aplikasi Samsung Internet. Kemudian ketuk tombol garis tiga yang ada di pojok kanan atas dan pilih menu Pengaturan.

Cara Menghapus Riwayat Penelusuran di Samsung Internet by Androbuntu 1

Setelah masuk ke menu pengaturan, Sobat Androbuntu pilih Data penelusuran pribadi.

Cara Menghapus Riwayat Penelusuran di Samsung Internet by Androbuntu 2

Nah, disini kamu akan melihat pilihan Hapus data penelusuran. Ketuk pilihan tersebut.

Cara Menghapus Riwayat Penelusuran di Samsung Internet by Androbuntu 3

Selanjutnya kalian tinggal ceklis saja Riwayat penjelajahan dan pilihan-pilihan lainnya yang ingin kalian hapus. Kemudian ketuk tombol Hapus data.

Cara Menghapus Riwayat Penelusuran di Samsung Internet by Androbuntu 4

Selesai. Kini semua data penjelajahan di aplikasi Samsung Internet telah dihapus. Sehingga ketika kamu mengetikkan sesuatu di kolom pencarian, situs-situs yang sebelumnya kamu kunjungi tidak akan ditampilkan sebagai saran.

Penghapusan diatas hanya opsional saja. Artinya, kalian dapat menghapus riwayat penjelajahannya saja, namun tetap membiarkan riwayat lainnya.

Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing data yang dapat kalian hapus di Samsung Internet:

  • Riwayat penjelajahan: Data ini berupa alamat situs web yang pernah kalian kunjungi di Samsung Internet, seperti androbuntu.com, google.co.id, youtube.com, dan situs-situs lainnya;
  • Riwayat pencarian dan formulir: Data ini berupa teks yang pernah kalian masukkan ke dalam bidang pencarian, kotak teks dan tempaat lain pada situs web yang pernah kalian kunjungi;
  • Cookie dan data situs: Data yang memudahkan Sobat Androbuntu tetap masuk ke sebuah situs web dan berguna untuk mengelola pengaturan situs atau semacamnya;
  • File dan gambar cache: Ini adalah data yang digunakan untuk memuat halaman web lebih cepat saat mengunjunginya. Contohnya gambar-gambar di Facebook, Androbuntu atau situs-situs lainnya;
  • Kata sandi: Jika kalian pernah masuk ke sebuah situs, maka kata sandinya akan disimpan oleh Samsung Internet. Dengan mengaktifkan pilihan ini, maka semua kata sandi yang tersimpan akan dihapus;
  • Isi otomatis formulir: Data ini berguna untuk mengisi formulir secara otomatis yang ada di halaman web, seperti nama, tempat tanggal lahir dan alamat tinggal.

Kamu bebas ingin menghapus sebagian atau seluruh data diatas. Jika ingin Samsung Internet tidak menampilkan data apa pun, maka ada baiknya pilih semuanya.

Namun jika ada beberapa data yang tetap ingin disimpan, seperti password, jangan ceklis pilihan kata sandi agar ia tidak ikut terhapus.

Artikel lainnya:

Pemikir, cowok rumahan.