10 Cara Mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” di HP Xiaomi

Aplikasi dan game adalah software pelengkap yang bisa membuat HP Android kamu jadi lebih berguna. Dengan adanya aplikasi dan game, kita bisa memaksimalkan fungsi HP Android.

Tapi terkadang, ada saja aplikasi dan game yang mengalami error di HP Android. Termasuk di HP Xiaomi.

Salah satu error yang sering terjadi adalah munculnya pesan error “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti”. Pesan error ini juga sering terjadi di beberapa tipe HP Xiaomi.

Oleh karena itu, kali ini saya akan memberikan 10 tips bagaimana cara mengatasinya pada para pembaca Androbuntu.com semua.

Baca juga: Cara Mengubah Ukuran Teks di HP Xiaomi

10 Cara Mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” di HP Xiaomi

smartphone xiaomi

1. Restart HP Xiaomi

Cara pertama yang paling simpel untuk mengatasi pesan error “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” adalah dengan me-restart HP Xiaomi.

Cara ini simpel dan sangat mudah dilakukan. Cukup restart HP Xiaomi, kemudian gunakan lagi aplikasi seperti biasanya.

Untuk kamu yang belum tahu, cara me-restart HP Xiaomi sangat mudah, yaitu tekan dan tahan tombol Power selama beberapa saat. Kemudian ketuk tombol restart yang muncul di layar.

2. Hapus Cache Aplikasi

Cara berikutnya yang juga bisa kamu lakukan adalah dengan menghapus cache aplikasi. Apa itu cache? Cache adalah data sementara yang disimpan oleh sebuah aplikasi di penyimpanan internal HP Xiaomi.

Berikut ini adalah cara untuk menghapus cache suatu aplikasi:

– Buka Setelan > Aplikasi > Pilih aplikasi yang diinginkan > Hapus cache

Jika sudah melakukan langkah diatas, coba gunakan aplikasi tersebut seperti biasanya. Kalau masih error juga, kamu bisa baca cara berikutnya dibawah ini.

3. Hapus Data Aplikasi

Beberapa aplikasi, terutama yang sering digunakan, akan menyimpan data ke dalam HP Xiaomi kamu. Data ini biasanya berupa foto, informasi akun, teks, dan lain-lain.

Kalau sudah terlalu banyak, data ini akan terkadang dapat membuat aplikasi mengalami error. Untuk mengatasinya, kamu dapat menghapus data aplikasi yang sering error tersebut.

Cara menghapus data aplikasi di HP Xiaomi:

Buka Setelan > Aplikasi > Pilih aplikasi yang diinginkan > Hapus data

Jika data sudah dihapus, silahkan buka aplikasi dan gunakan seperti biasanya. Kamu mungkin harus login kembali jika itu adalah aplikasi media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

4. Paksa Berhenti Aplikasi

Cara ke-empat yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi pesan error “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” yaitu dengan memberhentikan aplikasi secara paksa.

Caranya sangat mudah, kamu bisa mengikutinya dibawah ini:

Buka Setelan > Aplikasi > Pilih aplikasi yang ingin diberhentikan secara paksa > Paksa berhenti

Kemudian tunggu beberapa saat dan cobalah gunakan aplikasi tersebut kembali.

Apa maksud dari menghentikan aplikasi? Aplikasi akan diberhentikan secara paksa sehingga berhenti berjalan di latar belakang.

5. Perbarui Aplikasi

Para pengembang aplikasi secara rutin memperbarui aplikasi yang mereka buat. Ini bertujuan agar aplikasinya dapat terus berjalan dengan lancar di Android versi terbaru.

Jadi, sangat disarankan agar kamu rajin memperbarui aplikasi melalui Google Play Store. Penjelasan lengkapnya dapat kamu baca pada artikel cara update aplikasi di Google Play.

Hal ini penting untuk menghindari error yang dapat terjadi pada aplikasi, salah satunya adalah error “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti”.

6. Pasang Ulang Aplikasi

Jika pesan error “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” hanya muncul di beberapa aplikasi tertentu saja, maka kamu bisa mengatasinya dengan lebih mudah. Yaitu dengan memasang ulang aplikasi tersebut.

Uninstal atau copot aplikasi yang error, kemudian pasang lagi melalui Google Play Store. Dan cobalah gunakan aplikasi tersebut seperti biasa.

7. Perbarui MIUI di HP Xiaomi

Xiaomi selaku salah satu vendor ponsel pintar terbesar selalu memperbarui MIUI secara rutin. Untuk kamu yang belum tahu, MIUI adalah antarmuka yang mereka kembangkan untuk ponsel-ponsel buatannya. MIUI berbasis Android, namun dengan antarmuka yang sudah dikustomisasi.

Pembaruan MIUI ini biasanya terkait penambalan bugs, penambahan fitur baru, perubahan tampilan, dan masih banyak lagi.

Jadi, jika ada notifikasi untuk melakukan pembaruan MIUI di HP Xiaomi kamu, jangan ragu untuk segera memperbaruinya. Dengan begitu akan menghindari kamu dari munculnya pesan error “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” di kemudian hari.

8. Lakukan Factory Reset

Cara kedelapan untuk mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” di Xiaomi adalah dengan melakukan Factory Reset atau reset data pabrik.

Sama seperti namanya, Factory Reset akan mengembalikan HP Xiaomi kamu ke pengaturan awal. Sama seperti saat HP Xiaomi keluar dari pabrik.

Data-data seperti foto, video dan dokumen akan dihapus. Pengaturan akan dikembalikan ke awal. Aplikasi dan game juga akna hilang, kecuali aplikasi bawaan sistem Xiaomi.

Untuk cara selengkapnya, kamu bisa membaca artikel Androbuntu.com berjudul cara Factory Reset HP Xiaomi semua tipe.

9. Unroot (Jika HP Xiaomi Kamu Sudah di Root)

Alasan lain kenapa HP Xiaomi kamu menampilkan pesan error “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” adalah karena HP kamu di root dan melakukan modifikasi yang membuat error.

Melakukan rooting sebenarnya tidak serta merta membuat HP Xiaomi kamu menjadi error. Hanya saja jika kamu ceroboh dan lalai saat proses rooting, maka error bisa saja terjadi.

Jika pesan error “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” muncul setelah kamu melakukan root, maka meng-unroot adalah cara terbaik untuk mengatasinya.

Kamu bisa membaca panduan lengkapnya pada artikel cara unroot Android semua tipe. Baca baik-baik panduan tersebut dan jangan sampai melakukan kesalahan.

10. Gunakan Custom ROM

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi pesan error “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” di HP Xiaomi adalah dengan menggunakan Custom ROM.

Hanya lakukan cara ini jika semua cara sudah kamu coba tapi tetap tidak berpengaruh. Menggunakan Custom ROM artinya kamu akan mengganti sistem operasi yang ada saat ini dengan yang baru.

Setelah ROM di HP Xiaomi diganti dengan Custom ROM, maka secara otomatis seluruh error akan hilang.

Berikut ini adalah beberapa Custom ROM rekomendasi dari Androbuntu untuk kamu:

Silahkan pilih Custom ROM yang palin cocok dengan kamu. Kemudian install ke Custom ROM. Tutorialnya sudah cukup banyak tersedia di internet.

Kesimpulan

Itu tadi 10 cara mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” di HP Xiaomi. Dengan cara diatas, aplikasi di HP Xiaomi kamu tidak akan lagi menampilkan pesan error saat akan digunakan.

Trakhir di update: 22 Mei 2021.

Artikel lainnya:

Gamer paruh waktu.