Cara Mengatasi Gmail Tidak Bisa Menerima Email

Ada satu hal yang sangat mengganggu untuk para pengguna Gmail, yaitu ketika email yang dikirim ke alamat kita justru tidak masuk. Untuk kalian yang menggunakan Gmail sebagai salah satu sarana komunikasi, ini tentu akan menjadi masalah besar.

Nah, kalian dapat melakukan beberapa hal dibawah ini untuk mengatasi masalah tesebut.

Baca juga: Cara Forward Email di Gmail

Kirim Email Percobaan

Salah satu cara termudah untuk mengetahui apakah ada yang bermasalah dengan Gmail atau tidak adalah dengan mengirim email percobaan ke akun kalian sendiri. Coba kirim setidaknya menggunakan dua layanan email yang berbeda.

Satu menggunakan layanan Gmail, dan yang kedua menggunakan layanan email lain seperti Yahoo dan PotonMail.

Jika Sobat Androbuntu dapat menerima email dari diri sendiri, maka kemungkinan besar masalahnya adalah dari orang lain yang mengirim kamu email.

Periksa Email di Folder Spam

Disebagian besar waktu, Gmail memiliki penyaring spam yang sangat baik. Karenanya jangan heran jika ada banyak email yang masuk ke dalam folder spam.

Namun terkadang dalam kasus yang langka, Gmail salah menyaring sebuah email sebagai spam, padahal bukan. Nah, jika kamu tidak bisa menerima email dari seseorang, bisa jadi email dari orang tersebut masuk ke dalam folder spam.

Karenanya rajin-rajinlah memeriksa folder spam, karena siapa tahu di folder tersebut ada email penting yang salah dibaca oleh Gmail sebagai email spam.

Periksa Email di Folder Sampah

Walaupun jarang, tapi kemungkinan ini bisa terjadi pada kamu. Sebenarnya email yang dikirim ke kamu sudah masuk ke dalam inbox, namun kamu teledor dan tidak sengaja menghapusnya.

Jadi sebenarnya tidak ada yang error, baik kamu sebagai penerima mau pun orang lain sebagai pengirimnya.

Klik menu Sampah yang ada di sidebar. Kemudian nanti kalian akan melihat seluruh email yang sudah dihapus.

Email yang baru saja dihapus biasanya berada di paling atas. Kamu juga bahkan dapat mengembalikan email yang sudah dihapus tersebut ke inbox.

Perbarui Aplikasi Gmail

Jika kalian menggunakan aplikasi Gmail di Android atau iPhone, maka kalian dapat memperbarui aplikasinya jika memang merasa bahwa ada masalah hingga tidak dapat menerima email.

Untuk memperbarui aplikasi Gmail caranya sangat mudah, cukup buka Google Play jika kalian pengguna Android. Jika kalian pengguna iOS, maka update melalui App Store.

Setelah aplikasi Gmail-nya diperbarui, kalian dapat menggunakannya kembali seperti biasa.

Gunakan Browser yang Berbeda

Tapi jika kalian menggunakan browser untuk mengakses Gmail, coba gunakan browser yang berbeda. Jika awalnya kalian menggunakan Chrome, coba ganti menggunakan Firefox ataupun sebaliknya.

Jika kalian menggunakan browser yang dilengkapi dengan pemblokir iklan, maka hapus browser tersebut dan gunakan browser lain (saya sarankan gunakan Firefox).

Logout Kemudian Masuk Akun Kembali

Alasan lain yang dapat menyebabkan email tidak bisa masuk ke Gmail kamu adalah karena masalah cache. Ini bisa diatasi dengan cara keluar dari akun Gmail kamu kemudian masuk kembali.

Cara ini dapat diaplikasikan baik untuk kalian yang menggunakan Gmail di HP Android, iPhone atau pun di komputer.

Periksa Sisa Penyimpanan Akun Google

Sisa ruang penyimpanan akun Google juga akan berpengaruh dengan Gmail kamu. Jika sudah penuh, maka kamu tidak akan dapat menerima email lagi dari siapa pun.

Untuk mengecek berapa sisa penyimpanan akun Google kalian, buka aplikasi Gmail kemudian ketuk foto profil kamu. Kamu dapat melihat informasi berapa sisa ruang penyimpanan kamu yang ditandai dengan Storage used.

Itu dia tadi beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah Gmail tidak bisa menerima email. Cara diatas dapat kamu lakukan baik di Android, komputer atau pun iOS.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari