Cara Menggunakan Google Docs Offline di Google Chrome

Google Docs adalah layanan pengolah kata online buatan Google yang dapat digunakan untuk membuat dokumen secara online dan kolaboratis. Para pengguna yang ingin menggunakan layanan ini wajib memiliki akun Google.

Semua dokumen yang dibaut dengan Google Docs akan secara otomatis tersimpan di akun Google mereka. Dokumen yang dibuat di Google Docs dapat di ekspor dan disimpan dalam format Doc, Docx, PPT, XLS dan lainnya.

Saat ini semakin banyak orang yang menggunakan Google Docs sebagai pengganti dari Microsoft Words. Salah satu alasannya adalah karena layanan ini dapat digunakan secara gratis.

Baca juga: Cara Membuat Nomor Halaman di Google Docs

Cara Menggunakan Google Docs Offline

Sebelum mengikuti tutorial ini, silahkan perbarui terlebih dahulu Google Chrome Sobat Androbuntu ke versi terbaru. Jika sudah, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Buka Google Docs, masuk dengan menggunakan akun Google kamu, lalu klik tanda garis tiga di sebelah kiri atas situs.
androbuntu - cara menggunakan google docs offline

2. Pilih menu Settings atau Setelan (tergantung dari bahasa yang kamu gunakan).

androbuntu - cara menggunakan google docs offline

3. Pada opsi Offline, geser slider ke sebelah kanan untuk mengaktifkan Google Docs Offline.

androbuntu - cara menggunakan google docs offline
  1. Maka Google Docs akan mengunduh dokumen-dokumen milik kamu agar dapat dibuka dan di edit secara offline. Pastikan bahwa kamu tetap terhubung ke internet selama proses ini berlangsung.
  2. Ketika selesai, coba matikan internet yang kamu gunakan. Lalu pilih salah satu dokumen di Google Docs milik kamu. Maka akan ada ikon petir disamping judul dokumen.
androbuntu - cara menggunakan google docs offline

6. Selamat, sekarang kamu telah menggunakan Google Docs offline. Untuk mendapatkan kinerja yang optimal, sangat disarankan kamu juga mengunduh ekstensi Office Editing dari Google. Ekstensi ini memungkinkan kamu untuk mengedit dokumen Microsoft Office menggunakan Google Docs.

androbuntu - cara menggunakan google docs offline

Kesimpulan

Dengan menggunakan fitur offline ini, maka akan sangat membantu kamu yang sering menggunakan Google Docs untuk bekerja, mengerjakan tugas, atau mencatat hal-hal penting lainnya. Entah itu mengetik dokumen, artikel, ataupun skripsi.

Dengan memanfaatkan fitur offline ini, kamu tidak perlu khawatir lagi jika ingin mengetik dokumen di tempat-tempat yang tidak ada koneksi internet seperti di dalam kereta, bus, di kampung halaman, atau dimanapun.

Setelah kamu terhubung ke internet, maka semua dokumen yang kamu buat selama offline akan segera di upload ke server Google Docs dan di selaraskan dengan akun yang kamu miliki.

Jadi semua dokumen kamu aman tersimpan di server Google dan bisa diakses di semua perangkat yang kamu miliki.

Ikuti TikTok Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari