Cara Mengaktifkan Mode Satu Tangan di HP Samsung

Fitur yang satu ini sebenarnya bukan fitur eksklusif milik Samsung, tapi ada di hampir semua HP Android merk apa pun. Hanya saja yang berbeda letak menunya.

Karenanya, untuk dapat mengaktifkan fitur mode satu tangan mungkin akan berbeda di antara satu merk HP Android dengan merk lainnya.

Dan di artikel kali ini saya akan tunjukkan secara spesifik untuk HP Samsung.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Ketuk 2x untuk Menghidupkan Layar di HP Samsung

Permasalahan HP Android dengan Layar Besar

Saat ini sebagian besar HP Android keluaran terbaru memiliki ukuran layar yang besar, antara 6 hingga 6,8 inci.

Ukuran layar yang besar ini tentu membawa beberapa kelebihan seperti lebih puas digunakan saat menonton video, lebih nyaman ketika digunakan bermain game dan masih banyak lagi.

Namun selain membawa kelebihan, ukuran HP Android dengan layar yang lebar ini juga membawa kekurangan, salah satunya adalah lebih sulit digunakan dengan satu tangan.

Untuk dapat menggunakannya dengan nyaman, kita harus menggunakan kedua tangan kita.

Jika memaksakan menggunakan HP Android berlayar 6 inci dengan satu tangan, maka jempol kita tidak dapat menjangkau semua area layar.

Kalian akan kesulitan untuk mengakses menu atau area tertentu di layar, terutama yang letaknya berada di sisi lain tangan. Saya yakin Sobat Androbuntu pernah mengalami hal ini bukan?

Karenanya saat ini sebagian besar HP Android sudah dilengkapi dengan fitur mode satu tangan.

Sama seperti namanya, fitur ini akan membuat kita lebih mudah dalam menggunakan HP Android hanya dengan satu tangan.

Caranya ialah dengan memperkecil ukuran layar yang aktif, sehingga seolah-olah ukuran layarnya menjadi lebih kecil dari seharusnya.

Fitur ini sudah ada di hampir semua HP Android keluaran terbaru. Termasuk di HP Samsung.

Dengan fitur ini kamu dapat menggunakan HP Samsung dengan hanya satu tangan. Ini berguna ketika kamu sedang menggenggam sesuatu ditangan kamu yang satunya dan hanya dapat menggunakan HP Samsung dengan satu tangan saja.

Misalnya ialah ketika kamu sedang menunggu bus di halte, satu tangan kamu menggenggam kopi, jadi kamu hanya dapat menggunakan HP Samsung dengna satu tangan kamu. Dan masih banyak lagi kondisi dimana kamu hanya dapat menggunakan HP Samsung dengan satu tangan.

Cara Mengaktifkan Mode Satu Tangan di HP Samsung

Tutorial ini sudah saya coba pada HP Samsung dengan One UI 5.0, namun tidak menutup kemungkinan juga dapat kamu ikuti pada One UI versi yang lebih rendah. Tidak ada salahnya kalian coba.

Pertama, masuk ke menu Pengaturan. Lalu pilih opsi Fitur lanjutan.

Cara Mengaktifkan Mode Satu Tangan di HP Samsung by Androbuntu 1

Kemudian kalian akan melihat ada pilihan bernama Mode satu tangan, silahkan ketuk pilihan tersebut.

Cara Mengaktifkan Mode Satu Tangan di HP Samsung by Androbuntu 2

Untuk mengaktifkan fitur ini, ketuk slider yang ada pada tulisan Aktif. Maka saat itu juga fitur ini akan segera aktif.

Cara Mengaktifkan Mode Satu Tangan di HP Samsung by Androbuntu 3

Untuk mengubah ukuran layar HP Samsung kalian menjadi lebih kecil (masuk ke mode satu tangan) caranya sangat mudah, cukup geser ke bawah pada bagian tengah ujung bawah layar.

Jika kalian bingung bagaimana cara melakukannya, kalian dapat memperhatikan animasi yang ada pada menu tersebut. Animasi tersebut menunjukkan dengan jelas bagaimana cara menggunakan fitur ini.

Artikel lainnya:

Pemikir, cowok rumahan.