Cara Mengubah Tampilan Android Menjadi iPhone

Sedang bosan melihat tampilan HP Android kalian yang begitu-gitu saja? Jangan khawatir, Android adalah sistem operasi yang cukup terbuka.

Kita dapat mengubah hampir seluruh elemen tampilan HP Android kita, mulai dari launcher, wallpaper, widget, notifikasi dan masih banyak lagi. Kalian bahkan dapat mengubah tampilan HP Android menjadi mirip seperti sistem operasi sebelah, yaitu iOS.

Untuk mengikuti tutorial ini, kalian memerlukan beberapa aplikasi untuk di instal, yaitu launcher, Assistive Touch, Dynamic Island serta dua wallpaper bawaan iPhone.

Setelah mengunduh aplikasi dan wallpaper tersebut lalu mengaturnya sedemikian rupa, maka HP Android kamu akan terlihat mirip seperti iPhone. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk cara pengaturannya.

Baca juga: 5 Launcher Android Terbaik

Launcher

Aplikasi pertama yang wajib Sobat Androbuntu instal adalah Launcher iOS 17. Seperti namanya, aplikasi ini akan mengubah tampilan HP Android kita menjadi seperti iPhone.

Setelah aplikasi tersebut terpasang di HP Android kalian, silahkan setel menjadi launcher utama. Dengan begitu setiap kali kalian mengetuk tombol home, maka launcher yang digunakan adalah Launcher iOS 17.

Aplikasi launcher ini membawa beberapa fitur penting yang ada di iPhone, contohnya adalah Spotlight. Spotlight adalah kolom yang dapat kalian gunakan untuk mencari aplikasi, foto, video, kontak bahkan website.

Ini merupakan salah satu fitur andalan yang disukai oleh para pengguna iPhone.

Kemudian ada fitur bernama App Library. Fitur ini akan secara otomatis menyortit aplikasi kamu berdasarkan kategorinya, sehingga nantinya lebih mudah untuk ditemukan.

Assistive Touch

Salah satu fitur unggulan yang menjadi ciri khas iPhone adalah Assistive Touch. Ini merupakan tombol virtual yang berada di tepi layar yang jika kita sentuh akan membawa kita ke laman utama.

Beberapa merk HP Android seperti Samsung dan Xiaomi sudah dilengkapi dengan fitur seperti ini. Namun jika kalian ingin menggunakan tombol Assistive Touch yang mirip dengan iPhone, kalian bisa gunakan aplikasi Assistive Touch for Android.

Selain untuk kemali ke laman utama, Assistive Touch juga dapat disetel untuk menampilkan tombol-tombol lain seperti screenshot, senter, penngaturan dan yang lainnya. Silahkan atur sedemikian rupa sesuai keinginan kalian.

Dynamic Island

Fitur baru iPhone ini menjadi perbincangan yang cukup hangat dikalangan pecinta gadget, apalagi kalau bukan Dynamic Islan. Sebagian menganggapnya sebagai fitur yang revolusioner, sebagian lainnya menganggap anya fitur gimik.

Dynamic Island di iPhone akan beradaptasi dengan cara menampilkan notifikasi dan informasi yang diberikan oleh aplikasi tertentu. Sebagai contoh, Dynamic Island dapat menampilkan pemutar musik ketika kita membuka Spotify atau aplikasi musik lainnya.

Namun terlepas dari itu semua, harus diakui bahwa Dynamic Island menjadi daya tarik tambahan lainnya untuk iPhone. Jika kalian benar-benar ingin HP Android kalian mirip seperti iPhone, maka silahkan instal aplikasi DynamicSpot.

Aplikasi ini akan mereplika fitur Dynamic Island milik iPhone ke HP Android kalian. Dengan begitu akan ada spot hitam diatas layar HP Android kamu yang akan bereaksi pada saat ada notifikasi yang masuk.

Wallpaper

Di setiap versi iOS, Apple selalu melengkapi sistem operasinya dengan wallpaper bawaan yang berbeda-beda. Di iOS versi 17, ada dua wallpaper bawaan.

Sebagai pelengkap, Sobat Androbuntu dapat mengunduh dua wallpaper iOS tersebut. Dengan begitu semua elemen di HP Android kalian benar-benar mirip seperti iPhone.

Hasil Akhir

Android Jadi iPhone 1
Android Jadi iPhone 2
Android Jadi iPhone 3

Ini adalah tampilan dari HP Android saya setelah memasang launcher dan aplikasi-apliasi lainnya yang saya sebutkan diatas. Benar-benar mirip seperti iPhone bukan?

Harus diakui memang tidak 100% seperti iPhone, namun secara keseluruhan tampilannya sudah cukup mirip. Terutama pada beberapa elemen seperti launcher, wallpaper dan juga tampilan Assistive Touch-nya.

Ikuti TikTok Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari