Cara Mengatasi Layanan Google Play Berhenti di HP Xiaomi

Layanan Google Play adalah aplikasi bawaan Android yang terpasang secara default, dan tanpa aplikasi ini HP Xiaomi kamu tidak dapat menggunakan layanan Google seperti Gmail, Google Drive, hingga penelusuran Google.

Karenanya, ini merupakan aplikasi yang sangat penting. Lantas, apa jadinya jika aplikasi ini terus menampilkan pesan error “Layanan Google Play Telah Berhenti”?.

Tentu ini akan menjadi mimpi buruk bagi kamu. Kamu tidak dapat lagi menggunakan layanan-layanan Google, bahkan kamu tidak bisa memasang aplikasi dan game lagi dari Google Play Store.

Namun tenang saja, jika masalah ini terjadi di HP Xiaomi kamu, coba lakukan beberapa tips dibawah ini untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Layanan Google Play Berhenti di HP Xiaomi

1. Hapus Data Aplikasi Layanan Google Play

Cara pertama dan yang paling sederhana untuk mengatasi masalah ini ialah dengan menghapus data aplikasi Layanan Google Play di HP Xiaomi kami.

  • Masuk ke menu Setelan > Aplikasi & notifikasi > Layanan Google Play > Penyimpanan & cache > Kelola ruang > HAPUS SEMUA DATA
Layanan Google Play Berhenti di HP Xiaomi by Androbuntu 1

Jangan takut, ini hanya akan menghapus data lokal dari aplikasi Layanan Google Play. Tidak ada data milik kamu yang benar-benar dihapus, semua file, foto, video, dan dokumen kamu tetap aman.

Setelah semua data aplikasi Layanan Google Play dihapus, maka aplikasi ini akan mendownload ulang semua data yang dia butuhkan. Jadi pastikan perangkat Sobat Androbuntu terhubung ke internet.

2. Beri Izin Layanan Google Play

Sama seperti aplikasi Android lainnya, Layanan Google Play juga membutuhkan izin untuk mengakses beberapa fitur dari ponsel Android kamu. Seperti kalender, kamera, kontak dan lain-lain.

Kamu harus memberikan izin Layanan Google Play untuk mengakses fitur-fitur tersebut agar dapat berjalan dengan lancar. Jika tidak, maka aplikasi ini kemungkinan akan mengalami masalah, seperti terus berhenti di HP Xiaomi kamu.

Lantas, bagaimana cara untuk memberikan izin ke aplikasi Layanan Google Play?

Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Masuk ke menu Setelan > Aplikasi & notifikasi > Layanan Google Play > Izin
Layanan Google Play Berhenti di HP Xiaomi by Androbuntu 2

Setelah itu cek satu per satu izin yang dibutuhkan, mulai dari Aktivitasi fisik, Kalender, Kamera, Kontak dan lainnya. Berikan izin agar Layanan Google Play dapat mengakses semua fitur tersebut.

3. Perbarui MIUI ke Versi Terbaru

Berapa versi MIUI yang digunakan di HP Xiaomi kamu? Jika kamu menggunakan versi yang terlalu lawas, maka wajar jika Layanan Google Play mengalami masalah.

Itu karena ada perbedaan versi yang terlalu jauh antara Layanan Google Play dengan MIUI yang kamu gunakan.

Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Tentu dengan memperbarui MIUI yang ada di HP Xiaomi kamu dengan versi terbaru.

Masuk ke menu pengaturan dan perbarui versi MIUI kamu. Itu pun kalau ponsel kamu mendapatkan pembaruan ya.

Kalau tidak dapat, sebagai alternatif kamu bisa menggunakan Custom ROM.

4. Reset HP Xiaomi Kamu

Sudah melakukan semua langkah diatas namun Layanan Google Play masih terus berhenti di HP Xiaomi?

Jangan menyerah. Masih ada satu hal lagi yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan me-reset HP Xiaomi kamu ke pengaturan pabrik.

Namun hanya lakuka ini jika kamu mengerti apa arti dari mereset ke setelan pabrik. Jika kamu melakukan ini, kamu tahu bahwa semua data kamu akan hilang terhapus, dan HP Xiaomi kamu akan kembali “suci” seperti saat baru keluar dari pabrik.

Membackup data adalah hal yang wajib dilakukan sebelum melakukan hal dibawah ini. Atau, kamu akan kehilangan seluruh data kamu selamanya.

Sudah siap? Langsung ikuti tutorial dibawah ini:

  • Masuk ke menu Setelan > Sistem > Opsi setel ulang > Reset ke setelan pabrik > Hapus semua data
Layanan Google Play Berhenti di HP Xiaomi by Androbuntu 4

Tunggu beberapa menit hingga seluruh data di HP Xiaomi kamu terhapus. Semakin banyak data yang ada di HP kamu, maka waktu yang dibutuhkan akan semakin lama.

Sekarang gunakan HP Xiaomi kamu seperti biasa. Seharusnya Layanan Google Play kini dapat berjalan tanpa kendala.

Artikel lainnya:

Gamer paruh waktu.