Terbukti Ampuh! 7 Cara Mengatasi Tidak Bisa Update Status di WhatsApp

WhatsApp adalah salah satu aplikasi yang wajib ada di ponsel pintar saat ini. Karena dengan WhatsApp, kita bisa berkomunikasi dengan lebih mudah dan murah. Hampir semua orang menggunakan aplikasi ini untuk berkirim pesan dan melakukan panggilan.

Kita bisa mengirim pesan teks dan video bersama teman. Kita juga bahkan bisa melakukan panggilan suara dan video. Tidak hanya itu saja, kita juga dapat mengirimkan dokumen ke teman kita melalui WhaatsApp.

Selain bisa digunakan untuk mengirim dan menerima pesan, kita juga dapat melakukan update status di WhatsApp.

Di WhatsApp, kita bisa menggunakan teks, video dan juga foto sebagai status. Jadi akan terasa lebih seru. Status ini dapat berfungsi sebagai cara kita untuk menyampaikan ke semua orang yang ada di kontak kita tentang apa yang sedang kita lakukan atau apa yang sedang kita rasakan saat ini.

Tapi, bagaimana kalau fitur update status ini tidak bisa digunakan karena error? Kalian yang sering menggunakan fitur ini tentu akan uring-uringan ya karena tidak bisa update status.

Jika saat ini WhatsApp di HP Android milik Sobat Androbuntu sedang mengalami error, maka kamu sedang membaca artikel yang tepat. Pasalnya, kali ini Androbuntu akan memberikan solusi dari masalah ini.

Baca juga: Cara Pasang 2 WhatsApp di HP Samsung

7 Cara Mengatasi Tidak Bisa Update Status di WhatsApp

Berikut ini adalah 7 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi tidak bisa update status di WhatsApp. Cara ini bisa kamu lakukan untuk semua merk HP Android. Mulai dari Xiaomi, Sony, Acer, Asus, LG, Oppo, Advan, Samsung dan masih banyak lagi. Tinggal disesuaikan saja.

Cara ini juga berlaku untuk semua permasalahan terkait dengan status Whatsapp. Terkadang ada yang tidak bisa update status teks, atau tidak bisa update status video, atau tidak bisa update status foto, atau penggabungan dari semuanya.

Jadi tidak masalah apapun permasalahan update status WhatasApp yang kalian alami, kalian dapat mencoba cara-cara yang akan saya jabarkan dibawah ini.

1. Bersihkan Ruang Penyimpanan Internal HP Android Kalian

Salah satu permasalahan yang sering dialami WhatsApp adalah tidak bisa upload status video. Salah satu yang menyebabkan hal ini terjaadi adalah karena ruang penyimpanan internal HP Android kalian sudah penuh.

Dengan begitu WhatsApp tidak dapat menyimpan video yang ingin kalian jadikan sebagai status.

Untuk mengatasi masalah ini, caranya sangat mudah. Yaitu dengan membersihkan memori internal HP Android kalian.

Pindahkan data-data seperti foto dan video dari penyimpanan internal ke penyimpanan eksternal seperti Karatu SD, flashdisk, atau media penyimpanan lainnya.

Dengan begitu WhatsApp bisa menyimpan status video di penyimpanan internal.

2. Hentikan WhatsApp Secara Paksa

Jika cara pertama sudah Sobat Androbuntu lakukan tapi WhatsApp masih tidak bisa digunakan untuk update status juga, selanjutnya kamu bisa mencoba cara kedua.

Cara kedua ini sebenarnya cukup simpel. Yaitu dengan menghentikan secara paksa aplikasi WhatsApp.

Untuk melakukan hal ini, kamu tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga. Cukup menggunakan fitur bawaan Android.

Untuk menghentikan WhatsApp secara paksa, berikut ini caranya:

  • Buka Setelan > Aplikasi > WhatsApp > Hentikan paksa

Tunggu beberapa saat. Kemudian buka kembali WhatsApp. Lalu cobalah untuk update status teks, foto ataupun video. Semoga berhasil.

Jika belum berhasil, kamu bisa mencoba cara berikutnya dibawah ini.

3. Hapus Cache WhatsApp

Semua aplikasi yang berjalan di Android akan menyimpan file yang disebut sebagai cache. Begitu juga dengan aplikasi WhatsApp.

Karena WhatsApp ini adalah aplikasi yang cukup sering digunakan, maka tidak heran kalau cache yang disimpannya cukup besar.

Jika tidak dihapus secara rutin, cache ini bisa membuat aplikasi menjadi error dan tidak bisa digunakan.

Salah satunya adalah WhatsApp yang tidak bisa digunakan untuk update status, baik itu status teks, foto atau video.

Untuk kamu yang belum tahu bagaimana cara menghapus cache aplikasi WhatsApp, ikuti caranya dibawah ini:

  • Buka Setelan > Aplikasi > WhatsApp > Bersihkan cache

Tenang saja, menghapus cache tidak akan berdampak buruk. Kamu masih bisa menggunakan WhatsApp seperti biasa. Kalian juga tidak perlu login ulang untuk menggunakan WhatsApp.

Setelah cache dihapus, coba buka kembali WhatsApp dan update status.

4. Hapus Data WhatsApp

Selain cache, aplikasi juga akan menyimpan data. Termasuk aplikasi WhatsApp. Data yang disimpan biasanya berupa informasi akun, catatan konfigurasi dan semacamnya.

WhatsApp menyimpan data cukup banyak. Data tersebut berupa foto profil teman, file kiriman, dan masih banyak lagi.

Jika WhatsApp kamu tidak bisa digunakan untuk update status, kamu bisa mencoba untuk menghapus data WhatsApp.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghapus data aplikasi WhatsApp di HP Android:

  • Buka Setelan > Aplikasi > WhatsApp > Hapus data

Setelah menghapus data, kamu harus login kembali ke WhatsApp. Jadi pastikan kamu menggunakan nomor telepon yang sama dengan akun lama ya. Kemudian cobalah untuk update status di WhatsApp kembali.

Perhatian: Menghapus data aplikasi WhatsApp akan menghapus semua riwayat percakapan kalian di WhatsApp. Jadi, pastikan kalian sudah mem-backup-nya.

5. Update WhatsApp di Google Play

WhatsApp adalah salah satu aplikasi dengan jumlah pengguna terbanyak di planet bumi. Jadi tidak mengherankan jika aplikasi ini sering di update. Entah itu untuk menghapus bugs yang ditemukan di versi sebelumnya ataupun menambahkan fitur baru.

Setiap kali ada versi terbaru, kamu sebaiknya segera melakukan update atau pembaaruan. Karena jika kamu tidak segera update, biasanya versi yang kamu gunakan akan kadaluarsa.

Jika sudah kadaluarsa, biasanya aplikasi WhatsApp tidak akan bisa digunakan lagi untuk update status, mengirim pesan ataupun melakukan panggilan. Maka dari itu, jika sudah ada pemberitahuan untuk melakukan pembarauan, segera lakukan pembarauan di Google Play.

6. Install Ulang WhatsApp

Terkadang suatu aplikasi menjadi error dan tidak dapat digunakan karena adanya kesalahan pada saat proses pemasangan.

Termasuk juga WhatsApp. WhatsApp bisa juga mengalami hal ini.

Jika ini adalah penyebab kenapa WhatsApp tidak bisa update status, cara mengatasinya sangat mudah. Yaitu tinggal di install ulang saja.

Pertama, hapus aplikasi WhatsApp yang ada di HP Android kamu. Kemudian coba install lagi dari Google Play Store.

Lalu cobalah untuk update status di WhatsApp seperti biasanya.

7. Gunakan Versi WhatsApp yang Berbeda

Jika kamu sudah mencoba update WhatsApp ke versi terbaru, tapi masih mengalami error juga, maka kamu bisa mencoba cara terakhir.

Cara terakhir ini yaitu dengan menggunakan versi WhatsApp yang berbeda.

Kamu bisa menggunakan versi yang lebih rendah antara 1 atau 3 versi dibawah versi terbaru.

Jika cocok, maka kamu bisa menggunakan WhatsApp untuk update status. Baik status teks ataupun video.

Itu dia tadi 7 cara mengatasi tidak bisa update status di WhatsApp versi Androbuntu. Dengan mengikuti 7 cara diatas, kamu akan bisa menggunakan WhatsApp dengan normal kembali.

Artikel lainnya:

Gamer paruh waktu.