Cara Melacak Nomor HP di Android

Saat ini untuk dapat mengetahui nama dari pemilik nomor HP cukup mudah untuk dilakukan karena sudah ada banyak aplikasi yang mempermudah kita untuk melakukan hal tersebut.

Namun perlu diketahui bahwa cara ini sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan, kamu tidak perlu mempelajari ilmu hacking atau apapun.

Cara kejanya sangat sederrhana, yaitu kita hanya perlu mengizinkan aplikasi pelacak nomor HP untuk mengakses kontak dan riwayat panggilan. Aplikasi tersebut kemudian akan mencari nama dari pemilik nomo tersebut di database mereka.

Seperti yang sudah saya katakan tadi, ada beberapa nama aplikasi yang dapat kamu gunakan. Salah satu yang cukup populer adalah Truecaller. Apalagi aplikasi ini juga dapat di unduh secara gratis di Google Play.

Menurut saya aplikasi ini wajib di unduh jika kamu sering mendapatkan pesan dan panggilan dari nomo tak dikenal. Dengan begitu kamu dapat mengetahui siapa orang dibalik nomor tersebut.

Baca juga: 5 Aplikasi Terbaik untuk Mengetahui Pemilik Nomor HP di Android

Table of Contents

Cara Melacak Pemilik Nomor HP di Android

1. Pertama download terlebih dahulu aplikasi Truecaller di Google Play Store. Setelah selesai terpasang di HP Android kamu, silahkan buka aplikasinya dan langsung klik tombol MULAI.

Cara Melacak Pemilik Homor Di HP Android Menggunakan Truecaller

2. Berikutnya akan muncul pop up permintaan izin dari Truecaller untuk mengakses beberapa hal seperti pengelola telepon, SMS dan lainnya. Silahkan berikan izin dengan cara klik tombol IZINKAN. Izin ini diperlukan aga Truecaller dapat mengetahui pemilik nomor.

Cara Melacak Pemilik Homor Di HP Android Menggunakan Truecaller

3. Berikutnya kamu akan diminta untuk memasukan nomor HP kamu sendiri sebagai salah satu langkah verifikasi. Silahkan ketik nomor HP kamu di kolom, lalu klik LANJUTKAN. Nanti akan ada SMS verifikasi dan aplikasi Truecaller akan otomatis mengenali SMS tersebut.

Cara Melacak Pemilik Homor Di HP Android Menggunakan Truecaller

4. Setelah itu untuk mempercepat proses, klik tombol KETIK NAMA SECARA MANUAL. Sebenarnya kamu bisa menggunakan Facebook atau Google, tapi menurut saya prosesnya sedikit lebih lama. Jadi pilih opsi yang paling bawah saja.

Cara Melacak Pemilik Homor Di HP Android Menggunakan Truecaller

5. Berikutnya silahkan masukan nama depan dan nama belakang kamu, serta jangan lupa masukan alamat email juga.

Cara Melacak Pemilik Homor Di HP Android Menggunakan Truecaller

6. Tahap berikutnya Truecaller akan menampilkan beberapa slide mengenai fitur-fitur yang mereka miliki. Sobat Androbuntu tinggal klik next saja hingga akhir.

Cara Melacak Pemilik Homor Di HP Android Menggunakan Truecaller

7. Setelah tahap diatas seelsai. Selanjutnya aplikasi Truecaller akan menampilkan kontak-kontak yang sudah pernah melakukan panggilan ke kamu. Kemudian menampilkan nama mereka berdasarkan database Truecaller. Berikut ini adalah contoh beberapa nama pemilik nomor yang ada di HP saya, padahal saya tidak menyimpan nomor mereka. Tapi mereka memang pernah melakukan panggilan ke HP saya.

Cara Melacak Pemilik Homor Di HP Android Menggunakan Truecaller

Jumlah nomor HP yang berhasil dilacak di HP kamu mungkin berbeda dengan yang ada di HP saya. Tergantung dari banyaknya panggilan nomor tidak dikenal yang pernah masuk ke HP kamu dan ada atau tidaknya nomor-nomor tersebut di database Truecaller.

Secara keseluruhan, aplikasi Truecaller cukup membantu jika kamu cukup sering ditelepon oleh nomor-nomor tak dikenal.

Beberapa nomor tersebut pasti ada di database milik Truecaller, sehingga kamu bisa mengetahui siapa nama pemiliknya.

Walaupun aplikasi ini masih ada kekurangan, yaitu tidak semua nomor dia tahu siapa pemiliknya. Tapi ya minimal kita bisa ada kemungkinan tahu sebagian dari mereka.

Pertanyaan Paling Sering Diajukan

Kenapa nomor yang saya masukkan tidak diketahui nama pemiliknya?

Memang ada kalanya Truecaller gagal mengidentifikasi siapa nama pemilik dari sebuah nomor HP. Jika itu yang terjadi, penyebabnya adalah karena nomor HP tersebut merupakan nomor baru. Sehingga belum ada di database Trucaller.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari

Tinggalkan komentar