Pengertian CMS, dan Macam-Macam CMS Yang Wajib Kamu Tahu

pengertian cms dan contohnya by Androbuntu 2
sumber: pexels.com

Di era yang serba digital saat ini kebutuhan untuk mengelola dan mengembangkan website semakin menjadi prioritas utama.

Bukan hanya digunakan untuk sekedar blogging, sekarang ini website juga menjadi peluang bisnis yang mumpuni dan sarana promosi marketing.

Kemunculan blog menjadi faktor utama semakin meluasnya penggunaan web di kalangan masyarakat.

Hal ini karena dimudahkannya pihak pengelola web sebab tidak diharuskan untuk menguasai dan menuliskan coding untuk membangun sebuah website.

Dikarenakan untuk membangun sebuah website dengan menuliskan ratusan baris coding membutuhkan waktu yang cukup lama, maka muncullah CMS

Istilah website, blogging, dan CMS sebenarnya saling berkaitan satu sama lain karena dalam membangun sebuah website sahabat diharuskan menguasai bahasa pemrograman web seperti HTML, CSS, PHP dan lain – lain.

Sedangkan untuk blog,  sahabat akan difasilitasi template beserta pengelolaannya sehingga tidak memerlukan ketrampilan khusus dalam pemrograman web.

Untuk CMS sendiri bisa dibilang sama seperti website tetapi dengan sistem pengelolaan seperti blog. Nah untuk mengetahui apa itu CMS mari kita simak ulasan mengenai CMS ini ya sahabat!

Baca Juga:

Apa yang Dimaksud Dengan CMS

CMS merupakan kependekan dari Content Management System (Sistem Manajemen Konten).

Secara garis besar, CMS adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola konten suatu situs web, bisa berupa blog, e-commerce, bahkan website company profile tanpa harus memiliki kemampuan untuk menguasai bahasa pemrograman dan coding.

Sehingga orang awam pun dapat membangun dan mengelola website dengan adanya CMS ini.

Pada CMS, manajemen file sangat terstruktur karena setiap elemen antara isi website dan tampilannya terpisah.

Hal ini membuat CMS banyak dikembangkan oleh banyak pihak terutama karena CMS memiliki kemajuan yang sangat pesat dan terus-menerus melakukan update sistem secara berkala.

Fungsi Dari CMS

CMS sebenarnya dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan dan berbagai macam situasi, salah satu fungsi utama mengapa CMS banyak digunakan adalah CMS menawarkan banyak kemudahan dengan fitur yang lengkap. Fungsi lainnya antara lain adalah :

  • Digunakan untuk mengelola website pribadi, website komunitas atau forum, e-commerce, bahkan website company profile.
  • Fungsi CMS lainnya adalah sebagai media untuk memudahkan pencarian data dalam website.
  • Fungsi berikutnya adalah untuk mempermudah pemilik website dalam mengedit suatu konten atau artikel yang akan diterbitkan pada website.

Contoh Macam CMS yang Banyak Digunakan

pengertian cms dan contohnya by Androbuntu 2
sumber: pexels.com

Saat ini terdapat banyak sekali macam-macam CMS didunia dengan macam fungsi dan tampilan yang berbeda-beda.

Kali ini Androbuntu akan menjelaskan 5 CMS yang paling populer di Indonesia maupun dunia.

1. WordPress

CMS jenis ini merupakan yang terbaik dan paling sering digunakan hingga saat ini dan bersifat  open source.

Baru-baru ini, pada tanggal 30 Maret 2018, Linux Journal Reader’s Choice Awards merilis pemenang CMS terbaik 2018 dimana sang juara dipilih berdasarkan survei yang telah dilakukan di Twitter.

Di posisi pertama bertengger WordPress dengan 42% suara, di ikuti oleh Drupal dengan 25% suara kemudian Joomla dengan 10% suara.

WordPress banyak digunakan untuk mengelola personal blog ataupun blog suatu perusahaan.

Banyak perusahaan yang menggunakan wordpress, beberapa diantara mereka adalah Playstation, Samsung, Logitech, Adobe, dan masih banyak lagi.

2. Drupal

Sama seperti wordpress, Drupal juga bersifat open source.

Sampai saat ini sudah ada ribuan komunitas atau pengembang web di seluruh dunia yang mengembangkan drupal.

Drupal dibangun dengan menggunakan bahasa PHP, dan juga dapat dipasang pada beberapa jenis database seperti MySQL, PostgreSQL, SQLite, dan MariaDB

3. Joomla

CMS yang bersifat open source lainnya adalah Joomla, karenanya banyak dilakukan pengembangan oleh berbagai komunitas.

CMS jenis ini juga dibangun menggunakan bahasa PHP dan menggunakan database MySQL.

4. Vbulletin

Meskipun sama-sama dibangun menggunakan PHP dan basis data MySQL, Vbulletin tidak bersifat open source alias berbayar atau tidak gratis.

Karena itu vbulletin sering digunakan untuk portal web atau forum diskusi dengan skala yang besar.

5. Magento

Awalnya Magento bersifat open source sehingga banyak pengembangan dapat dilakukan namun saat ini juga tersedia versi komersil atau enterprise.

Sama seperti drupal, magento ini juga lebih cocok digunakan untuk e-commerce atau toko online karena menyuguhkan fitur yang lengkap dan sangat menarik.

Nah, demikian adalah penjelasan Content Management System atau yang biasa disebut CMS secara lengkap dimulai dari pengertian CMS, Fungsi serta berbagai macam jenis CMS yang populer di Indonesia.

Untuk jenis CMS paling populer di Indonesia masih diduduki oleh wordpress. Bahkan bukan cuma di Indonesia tapi juga di dunia.

Semoga penjelasan lengkap mengenai CMS ini dapat bermanfaat bagi untuk kamu semua.