Cara Ganti Keyboard di Android

Secara default, Android sebenarnya sudah dibekali dengan aplikasi keyboard bawaan, namun dengan fitur yang terbatas.

Karenanya banyak orang yang mengganti keyboard tersebut dengan aplikasi keyboard pihak ketiga yang banyak tersedia di Google Play Store, termasuk saya.

Nah, barangkali kamu termasuk orang yang tidak nyaman menggunakan keyboard bawaan Android maka kamu bisa mengikuti tutorial di bawah ini.

Dengan mengikuti tutorial di bawah ini maka kamu bisa mengganti aplikasi keyboard dengan keyboard lain yang banyak tersedia di Google Play Store.

Baca juga:

Cara Ganti Keyboard di Android

1. Pertama buka Google Play Store, kemudian ketik “keyboard” di kolom pencarian. Nanti Sobat Androbuntu akan melihat ada banyak aplikasi keyboard yang muncul. Silahkan pilih salah satunya, dalam tutorial ini saya memilih aplikasi Gboard.

Cara Mengganti Keyboard Android by Androbuntu 1

2. Silahkan klik tombol “Instal” pada aplikasi keyboard yang kamu pilih. Tunggu hingga aplikasi tersebut selesai di download dan terinstal di ponsel kamu. Kalau sudah terinstal, silahkan buka aplikasi keyboardnya.

Advertisements
Cara Mengganti Keyboard Android by Androbuntu 2

3. Saat pertama kali dibuka maka aplikasi keyboard akan meminta kamu untuk mengaktifkannya. Klik tombol AKTIFKAN DALAM SETELAN. Pengaturan di awal ini mungkin akan berbeda di beberapa aplikasi keyboard, tapi secara garis besar langkah-langkahnya sama saja. Jadi tinggal kamu sesuaikan.

Cara Mengganti Keyboard Android by Androbuntu 3

4. Berikutnya aplikasi keyboard juga akan meminta kamu untuk menggunakannya sebagai metode masukan. Caranya mudah yaitu dengan klik tombol PILIH METODE MASUKAN.

Cara Mengganti Keyboard Android by Androbuntu 4

5. Sekarang cobalah gunakan aplikasi keyboard tersebut untuk mengetik di mana saja. Bisa di aplikasi ketik dokumen seperti WPS Office, kolom pencarian Google, ataupun di chat WhatsApp. Maka keyboard kamu kini sudah berubah sesuai dengan yang tadi kamu download dari Google Play Store.

Cara Mengganti Keyboard Android by Androbuntu 5

Kamu bisa mendownload sebanyak mungkin aplikasi keyboard yang ada di Google Play Store, Android tidak memberikan batasan tertentu.

Yang terpenting penyimpanan internal kamu masih memiliki space untuk menampung aplikasi.

Kesimpulan

Itu dia tadi tutorial lengkap bagaimana cara untuk mengganti keyboard bawaan di Android dengan aplikasi keyboard pihak ketiga yang bisa di download di Google Play Store.

Di Google play store sendiri ada banyak sekali aplikasi keyboard dengan berbagai macam fitur yang berbeda.

Advertisements

Pada keyboard yang mengunggulkan fitur kustomisasinya, ada juga keyboard yang mengunggulkan fitur prediksi katanya.

Kamu tinggal pilih saja mana yang paling sesuai dengan kamu.

Pemikir, cowok rumahan.