Cara Upload Video Reels Biar Hasilnya Tidak Buram

Reels adalah fitur terbaru dari Instagram yang memungkinkan kamu untuk berbagi video pendek layaknya video-video yang ada di TikTok.

Fitur ini pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan tahun 2021. Hanya dalam waktu beberapa bulan saja, fitur ini berhasil mendapatkan atensi yang begitu besar di tengah masyarakat, apalagi bagi para Content Creator yang sudah lama menantikan fitur ini.

Pieter Lydian, Country Director untuk Meta Indonesia, menyebutkan bahwa Indonesia termasuk ke dalam jajaran negara yang punya perkembangan konten reels yang berkembang pesat.

Ia menegaskan bahwa hanya dalam waktu 5 bulan seteleh peluncurannya, Indonesia menjadi salah satu negara yang perkembangan reels-nya paling cepat di Asia Tenggara bahkan dunia.

Salah satu sebabnya adalah banyak konten-konten hiburan yang terus menjamur di sosial media Instagram melalui fitur tersebut.

Yaps, fitur yang hingga saat ini menjadi primadona di Instagram ini, memang jadi andalan Content Creator untuk menjangkau banyak audiens.

Salah satu cara yang perlu lakukan untuk mendapatkan audiens tersebut adalah dengan mengupload video reels berkualitas tinggi.

Advertisements

Sayangnya tidak semua orang bisa melakukannya, meski sudah dirender menggunakan aplikasi khusus editing video sekalipun.

Penulis akan membagikan cara untuk dapat mengakalinya. Sebenarnya kamu juga dapat merender video kamu terlebih dahulu pada tingkat resolusi yang tinggi yakni 1080p dengan FPS mencapai angka 60.

Langkah awal ini akan membantu kinerja fitur high resolution dari Instagram semakin mudah.

Baca juga: Cara Membuat Video Sedih yang Sedang Viral di Instagram dan TikTok

Sekilas Tentang Instagram Reels

Instagram Reels menjadi salah satu andalan Instagram untuk dapat terus eksis, dapat terus nangkring di posisi teratas sosial media terfavorit.

Bayangkan saja, hanya dalam beberapa waktu semenjak perilisannya, Reels menjadi fitur yang paling banyak diakses dan juga paling cepat pertumbuhannya dibanding fitur Instagram lain.

Bahkan bisa dikatakan, dapat bersaing ketat dengan TikTok, aplikasi sosial media yang memang khusus untuk video pendek.

Instagram Reels juga menjadi sarana yang tepat untuk mengekspresikan diri, membuat tren, dan mengubah passion menjadi sumber penghasilan atau side hustle, sama seperti TikTok.

Advertisements

Cara Upload Video Reels Biar Hasilnya Tidak Buram.

1. Langkah pertama yang harus lakukan untuk dapat mengupload Reels di Instagram, adalah mengakses menu profil akun Instagram kamu.

2. Buka settings Instagram dengan menekan icon hamburger atau garis tiga di pojok kanan atas aplikasi. Pilih icon gear/Pengaturan.

Menu Settings Instagram.jpg

3. Menu settings  atau Pengaturan Instagram akan terbuka. Ada banyak menu pengaturan yang bisa kamu akses di dalamnya. Di sini kita hanya akan fokus pada satu menu saja, yakni Akun. Akses menu Akun tersebut.

Opsi Pengaturan Instagram.jpg

4. Di dalam menu akun ini, kamu juga akan menemukan banyak sekali opsi pengaturan. Di sini kita akan akses menu Penggunaan Data Seluler.

Opsi Pengaturan Menu Akun.jpg

5. Setelah menu Penggunaan Data Seluler diakses, beginilah tampilannya. Di sini kamu bisa mengaktifkan fitur Penghemat Data, dengan cara geser toggle iconnya.

Aktivasi Fitur Hemat Data Seluler.jpg

6. Pada pilihan Media Beresolusi Tinggi, pilihlah bagian Wifi saja. Dan tara, kamu sudah bisa mengupload video reels berkualitas tinggi dan hasilnya tidak akan buram.

Pilihan Media Beresolusi Tinggi.jpg

7. Keterangan tambahan mengenai opsi media beresolusi tinggi akan penulis jelaskan pada bagian Kesimpulan

Advertisements

Kesimpulan

Inilah Cara Upload Video Reels Biar Hasilnya Tidak Buram. Untuk ketiga opsi yang ada pada pilihan Media Beresolusi Tinggi ini adalah Tidak pernah, WiFi saja, dan juga Seluler + WiFi.

Pilihan tidak pernah akan menjadikan video reels yang kamu upload berkualitas standar. Untuk pilihan WiFi saja, akan menjadikan video reels yang kamu berkualitas tinggi.

Sedangkan yang terakhir akan menjadikan video reels yang kamu upload berkualitas tinggi, namun dengan opsi penggunaan data yang berasal dari data seluler provider yang kamu gunakan.

Pilihan ketiga ini justru bisa membuat kuota kamu cepat habis. Itulah penjelasan lengkapnya. Kamu juga dapat menaikan resolusi video yang kamu akan upload menjadi 1080p ketika akan dirender dengan FPS-nya mencapai angka 60.

Terakhir, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu kunjungi Androbuntu.com, Selalu Tahu Teknologi Terbaruuntuk asupan teknologi kamu.

Menulis adalah healing terbaik.