Apa itu Aplikasi AASAservice di HP Samsung?

AASAservice adalah aplikasi sistem lainnya pada perangkat android Samsung yang bertanggung jawab untuk memberikan layanan pemberitahuan kepada pengguna Samsung. Aplikasi ini telah terpasang sebelumnya pada perangkat dengan nama paket com.Samsung.aasaservice.

Ketahui lebih banyak tentang Aplikasi AASAservice. Apa itu Aplikasi AASAservice pada smartphone Samsung? Untuk apa digunakan? Apakah aman dan bagaimana cara menghapus Aplikasi AASAservice? Mari cari tahu jawabannya.

Baca juga: Apa itu Aplikasi AppLinker di Android?

Apa itu Aplikasi AASAservice?

Kamu dapat menemukan beberapa aplikasi sistem yang sudah terpasang di ponsel Android Samsung, termasuk aplikasi bloatware, layanan, dan aplikasi.

AASAservice adalah aplikasi sistem yang dipasang secara bawaan di ponsel Android Samsung dan digunakan oleh sistem Android untuk mengirimkan pemberitahuan kepada pengguna.

Aplikasi ini memberikan pemberitahuan baru kepada pengguna Samsung dan merupakan layanan yang terhubung langsung dengan kebijakan keamanan pada aplikasi lain yang terpasang di perangkat Anda.

Nama Aplikasi: AASAservice
Nama Paket: com.samsung.aasaservice
Pengembang: Samsung Electronics Co., Ltd.

Nama Paket Aplikasi (APK) dari AASAservice adalah com.samsung.aasaservice dan jalur paket dari aplikasi ini adalah /system/app/AASAservice/AASAservice.apk.

Apa Fungsi Aplikasi AASAservice?

Aplikasi AASAservice digunakan pada perangkat Samsung untuk mengirimkan pemberitahuan kepada pengguna tentang perubahan kebijakan keamanan pada aplikasi yang terpasang di Android.

AASAservice seringkali keliru dianggap sebagai aplikasi terkait jaringan seperti MCM client dan Cellbroadcastreceiver, tetapi meskipun memiliki nama yang identik, keduanya berbeda.

Aplikasi di perangkat Android Samsung membuat salinan pengaturan sistem dan kebijakan keamanan pada server Samsung menggunakan akun Samsung pengguna. Salinan ini berfungsi sebagai cadangan pengaturan perangkat yang digunakan untuk mengembalikan perangkat jika reset pabrik.

Setiap kali aplikasi baru diinstal atau perangkat diatur ulang, baik dari Play store atau menggunakan file APK, AASAservice pada Samsung membuat salinan kebijakan keamanan pada perangkat secara lokal seperti kebijakan penghematan daya, dan mencadangkannya di akun Samsung kamu.

Apakah AASAservice Aman?

AASAservice adalah aplikasi sistem bawaan yang terpasang pada ponsel android Samsung. Aplikasi ini dikembangkan oleh Samsung sendiri. Namun, Samsung dikenal sering memasang Bloatware pada perangkatnya.

AASAservice sepenuhnya aman dan tidak mengandung potensi ancaman terhadap data pada perangkat. Selain itu, tidak ada bukti bahwa AASAservice mengandung keylogger, Spyware, Malware atau Virus.

Namun, pengguna telah melaporkan bahwa AASAservice menyebabkan pengurasan baterai yang berat pada perangkat yang sangat mengkhawatirkan dan Anda mungkin ingin menghapus atau meng-uninstallnya.

AASAservice Menyebabkan Baterai Terkuras?

AASAservice menyebabkan baterai terkuras pada perangkat Samsung kamu. Sobat Androbuntu dapat melihat hingga 7% atau 8% konsumsi baterai oleh aplikasi ini.
Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti konsumsi CPU dan sumber daya pada ponsel oleh aplikasi tersebut.

Karena aplikasi AASAservice terus berjalan di latar belakang dan oleh karena itu menggunakan sumber daya lain seperti data seluler, CPU, RAM, dan sumber daya lainnya. Hal ini dapat menyebabkan baterai menjadi cepat habis pada perangkat.

Samsung mengkonfigurasi perangkatnya dengan aplikasi seperti com Samsung aasaservice android, com.sec.android.daemonapp, dan aplikasi rilnotifier, yang semuanya dapat menguras baterai ponsel.

Untuk memperbaiki pengurasan baterai pada Samsung, kamu dapat menghentikan aplikasi dengan memaksanya untuk berhenti atau kamu dapat menghapus aplikasi dari perangkat secara keseluruhan.

Apakah saya bisa menghapus com.samsung.aasaservice?

AASAservice adalah salah satu aplikasi keamanan yang sudah terpasang di ponsel Samsung seperti KLMS agent. Tidak mungkin untuk menghapus atau menguninstallnya sepenuhnya, tetapi aman untuk menonaktifkannya. Namun, kamu dapat menguninstallnya dengan ADB dan akses root.

Berikut adalah cara untuk menghapus com.samsung.aasaservice.
Menggunakan ADB:

ADB memungkinkan kamu membuka shell Unix sehingga kamu dapat memberikan perintah secara langsung pada perangkat Android. Kamu akan memerlukan PC dengan sistem operasi Windows untuk menggunakan ADB.

  1. Masuk ke menu Settings > System > About phone.
  2. Ketuk Number Build 7 kali untuk mengaktifkan Opsi Pengembang.
  3. Kembali ke menu Settings dan ketuk Developers Options atau Opsi Pengembang.
  4. Aktifkan USB Debugging dengan cara mengetuknya.
  5. Download [ADB}(https://developer.android.com/studio/releases/platform-tools) ke komputer kamu.
  6. Ektrak berkas ZIP ke sebuah folder.
  7. Masuk ke folder tersebut.
  8. Sentuh dan tahan tombol shift kemudian klik kanan pada area kosong.
  9. Klik “Open powershell window herer”.
  10. Masukkan perintah “adb devices”.
  11. Sambungkan HP Android kamu ke PC menggunakan kabel USB dan pilih mode USB sebagai File Transfer.
  12. Sobat Androbuntu akan menerima notifikasi USB Debugging di HP Android, ketuk OK untuk mengizinkan akses debugging.
  13. Masukkan kembali perintah “adb devices”
  14. Sekarang kamu akan melihat nomor serial perangkat kamu pada jendela Powershell.
  15. Jalankan perintah “adb shell pm uninstall –user 0 com.samsung.aasaservice”
  16. Tunggu beberapa detik. Kamu akan melihat aplikasi terrsebut dihapus dari perangkat kamu.

Artikel lainnya:

Gamer paruh waktu.