Cara Menambahkan Link ke Instagram Story

Bertahun-tahun lalu, Instagram pernah memperbolehkan para penggunanya untuk berbagi link di platform mereka.

Namun hal ini disalahgunakan oleh banyak orang (para spammer). Banyak sekali link sampah yang ada di Instagram pada waktu itu.

Alhasil, Instagram akhirnya tidak mengizinkan link yang dapat di klik di platform mereka.

Kita bisa saja membagikan link pada foto atau video yang kita unggah melalui caption. Namun link tersebut tidak dapat di klik, sehingga mempersulit orang untuk mengunjungi link tersebut.

Apalagi jika link yang kamu bagikan cukup panjang, orang-orang biasanya akan enggan untuk mengunjunginya karena harus mengetiknya secara manual di browser.

Baca juga: Cara Membuat Lokasi Baru di Instagram

Perbedaan Stiker Tautan dan Swipe Up

Seperti yang sudah saya katakan diatas bahwa untuk membagikan tautan link di Instagram sedikit sulit karena hanya tersedia satu cara saja, yaitu menggunakan fitur Swipe Up.

Terlebih lagi untuk dapat menggunakan fitur tersebut, ada beberapa syarat yang harus kita penuhi.

Pertama, akun kita harus memiliki setidaknya 10.000 pengikut. Jika belum mencapai 10.000 pengikut, maka kamu tidak dapat menggunakan fitur Swipe Up.

Tidak hanya itu saja, akun kita juga harus merupakan akun bisnis. Jika kamu memiliki 10.000 pengikut namun jenis akaun kamu adalah akun personal, kamu tidak dapat menggunakan fitur ini.

Untuk mengubah akun dari personal ke akun bisnis mungkin bukan hal yang sulit, namun untuk mendapatkan 10.000 pengikut tentu bukana hal yang mudah. Karenanya, tidak semua orang dapat menggunakan fitur Swipe Up.

Beruntung, baru-baru ini Instagram menambahkan satu fitur baru yang memungkinkan kita untuk berbagi link di Instagram tanpa perlu memiliki 10.000 pengikut atau pun menggunakan akun bisnis. Fitur tersebut adalah stiker tautan.

Secara singkat, fitur ini akan menampilkan sebuah stiker di Insta Story yang kita bagikan. Stiker tersebut berisi link yang mana jika di klik oleh pengikut kita, maka Instagram akan membuka browser dan membuka tautan tersebut.

Lantas, bagaimana cara menggunakan fitur tersebut? Langsung saja ikuti tutorialnya dibawah ini.

Cara Menambahkan Link ke Instagram Story

Langkah pertama yang harus Sobat Androbuntu lakukan ialah masuk ke halaman pembuatan Insta Story, caranya dengan geserke kanan pada menu Home. Setelah itu pilih foto, video atau apa saja yang ingin dimasukkan ke dalam Insta Story.

Cara Menambahkan Link ke Instagram Story by Androbuntu 1

Berikutnya foto atau video tersebut akan dimuat di Instagram. Ketuk tombol Stiker yang ada dibagian atas layar aplikasi Instagram. Perhatikan screenshot dibawah ini:

Cara Menambahkan Link ke Instagram Story by Androbuntu 2

Lalu cari stiker dengan nama TAUTAN. Jika kesulitan menemukannya, kamu dapat menggunakan kolom pencarian.

Cara Menambahkan Link ke Instagram Story by Androbuntu 3

Masukkan tautan atau url yang ingin kamu tampilkan ke dalam Insta Story tersebut. Setelah itu ketuk tombol Selesai.

Cara Menambahkan Link ke Instagram Story by Androbuntu 4

Setelah itu kamu akan melihat tautan yang tadi kamu masukkan ada di Insta Story kamu. Sobat Androbuntu juga dapat memindahkan posisi tautan tersebut pada lokasi yang diinginkan. Caranya yaitu dengan mengetuk dan tahan stiker tautan, lalu geser pada posisi yang kamu inginkan.

Cara Menambahkan Link ke Instagram Story by Androbuntu 5

Jika sudah mendapatkan posisi yang diinginkan, selanjutnya tinggal publikasikan Insta Story tersebut.

Para pengikut kamu di Instagram akan dapat mengetuk tautan tersebut jika mereka tertarik.

Artikel lainnya:

Pemikir, cowok rumahan.