10 Aplikasi Galeri Foto Terbaik untuk Android

Galeri merupakan aplikasi esensial dan merupakan salah satu aplikasi yang paling sering kita gunakan di Android.

Bagaimana tidak, jika ingin melihat foto dan video yang baru saja kita ambil, kita harus membuka aplikasi galeri.

Apalagi untuk kamu yang hobi selfie, tentu akan sering menggunakan aplikasi galeri.

Nah, seperti yang sudah sering saya bahas di Androbuntu, salah satu kelebihan dari sistem operasi Android ialah kustomisasinya.

Kita dapat membuat kustomisasi semau kita untuk berbagai macam aspek, termasuk menentukan aplikasi galeri yang ingin kita gunakan.

Untuk kamu yang sedang mencari galeri terbaik, bisa mempertimbangkan 5 aplikasi dibawah ini.

Baca juga: 10 Aplikasi Terbaik untuk Menggabungkan Foto di Android

1. Simple Gallery

Aplikasi Galeri Terbaik untuk Android by Androbuntu 1

Saya pribadi termasuk orang yang suka dengan segala sesuatu yang simpel, termasuk dalam pemilihan aplikasi. Karenanya saya menggunakan aplikasi Simple Gallery untuk melihat dan mengatur seluruh foto dan video di HP Android saya.

Kelebihan dari Simple Gallery ialah, seperti namanya, sangat simpel. Simple Gallery hanya membawa fitur-fitur dasar yang dibutuhkan sebuah aplikasi galeri.

Tidak ada fitur-fitur tidak penting yang membuat ukuran aplikasi menjadi terlalu besar. Loading-nya cepat, serta lebih mudah dalam melihat dan mengatur koleksi foto dan video kalian.

Untuk kamu yang juga suka dengan kesederhanaan, maka aplikasi ini sangat saya rekomendasikan. Di Google Play Store terdapat dua varian, yaitu varian yang gratis dan berbayar.

Varian gratisnya kini sudah tidak pernah di perbarui lagi oleh pengembangnya. Namun menurut saya tetap layak untuk digunakan. Karena di aplikasi tersebut sudah ada fitur-fitur dasar yang dibutuhkan sebuah aplikasi galeri.

Namun jika kamu ingin mendukung pengembangnya dan ingin mendapatkan fitur-fitur terbaru, kamu dapat membeli yang versi premium.

2. A+ Gallery

Aplikasi Galeri Terbaik untuk Android by Androbuntu 2

Untuk kamu yang pernah menggunakan iPhone, tentu sudah tidak asing lagi dengan galeri bawaan iOS yang simpel namun fungsional.

Jika sebelumnya kamu merupakan pengguna iOS dan baru saja beralih ke Android tapi tetap ingin menggunakan aplikasi galeri seperti bawaan iPhone, maka gunakan saja A+ Gallery.

Aplikasi galeri buatan AtomicAdd Team ini terinspirasi dari aplikasi galeri bawaan iPhone. Mulai dari tampilan hingga fitur, semuanya mirip dengan galeri bawaan iPhone.

Sobat Androbuntu juga dapat menghubungkan aplikasi ini dengan beberapa layanan daring seperti Facebook dan Dropbox. Jadi, kamu bisa mengakses foto dan video yang disimpan di layanan daring tersebut langsung dari aplikasi ini.

Ada juga fitur peta, yang akan menampilkan foto dan video di dalam peta berdasarkan lokasi dimana kamu mengambilnya. Keren ‘kan? Untuk kamu yang suka traveling dan jalan-jalan, tentu fitur ini akan sangat berguna.

3. Google Foto

Aplikasi Galeri Terbaik untuk Android by Androbuntu 3

Google terkenal sering membuat layanan dan aplikasi yang dapat kita gunakan secara cuma-cuma. Mulai dari Gmail, YouTube, Google Docs, dan masih banyak lagi.

Salah satu layanan yang kini terpasang secara default di semua ponsel Android adalah Google Foto.

Untuk kamu yang merupakan pengguna setia layanan-layanan Google, maka tidak ada salahnya menggunakan Google Foto. Dengan begitu, kamu bisa mengintegrasikannya dengan layanan Google lainnya.

Google Foto juga menawarkan fitur backup dan sinkronisasi. Dimana semua foto dan video kamu akan di backup ke server Google.

Jadi, sekalipun kamu kehilangan ponsel, kamu tetap dapat mengembalikan semuafoto dan video kamu.

Kamu cukup mengunduh aplikasi Google Foto di HP Anroid lainnya dan login menggunakan akun Google yang terhubung dengan Google Foto sebelumnya.

4. pixFolio

Aplikasi Galeri Terbaik untuk Android by Androbuntu 5

pixFolio merupakan aplikasi galeri yang dibuat khusus untuk menjadi alternatif dari Google Foto. Tentu dengan menawarkan beberapa fitur tambahan yang tidak ada di Google Foto.

Salah satu fitur tersebut adalah fitur untuk memproteksi foto dan video menggunakan password. Dengan begitu, foto dan video rahasia kamu aman dan tidak dapat dilihat oleh orang lain.

Namun aplikasi ini tidak gratis, kamu diharuskan membayar sebesar Rp. 57.000,- untuk dapat menggunakannya. Namun dengan fitur-fitur yang ditawarkannya, menurut kami layak sih untuk dibeli.

Aplikasi ini juga mendukung multi akun. Yang artinya kamu dapat menggunakan banyak akun dalam satu aplikasi tanpa perlu logout.

5. 3D Photo Gallery

Aplikasi Galeri Terbaik untuk Android by Androbuntu 5

Beberapa orang menyukai aplikasi dengan tampilan yang menarik seperti 3D. Jika Sobat Androbuntu termasuk orang yang seperti itu, maka cobalah 3D Photo Gallery.

Sama seperti namanya, aplikasi galeri ini mengusung desain 3D. Kamu dapat menelusuri foto dan video dalam format 3D yang memanjakan mata.

Jadi lebih enak untuk dipandang mata. Bukan cuma itu saja, aplikasi ini juga menawarkan beberapa peralatan edit dasar seperti potong, putar kanan dan putar kiri.

Walaupun mengusung tampilan 3D, namun jangan heran ketika kamu mengetahui ukuran aplikasi ini yang ternyata cukup ringan, yaitu hanya 7.5MB.

Aplikasi galeri ini juga dapat digunakan di Android yang cukup lawas, mulai dari Android 4.1 atau yang lebih baru.

6. Gallery Go

Selain Google Foto, Google juga memiliki aplikasi galeri lain yaitu Gallery Go. Ini bisa dikatakan merupakan Google Foto versi ringan yang dibuat khusus untuk HP Android berspesifikasi rendah.

Google Go memiliki fitur pengaturan otomatis, dimana setiap malam aplikasi ini akan secara otomatis mengelompokkan foto kamu berdasarkan orang, berkas, screenshot, vide, dan film.

Dengan begitu kamu tidak perlu memisahkan semua foto tersebut ke dalam folder secara manual.

Ada foto dengan kualitas yang kurang bagus namun tidak ingin menghapusnya? Jangan khawatir, Google Go juga memiliki fitur untuk memperbaiki kualitas foto hanya dalam sekali ketukan.

7. Quickpic Gallery

Dengan tampilan yang simpel dan modern, serta dukungan fitur-fitur unik menjadikan Quickpic sebagai aplikasi berikutnya dalam daftar ini. Kamu dapat menyortir foto dan video berdasarkan tanggal atau nama album.

Dengan begitu foto dan video menjadi lebih mudah untuk diorganisir.

Ini merupakan aplikasi galeri offline, yang artinya kamu tidak membutuhkan koneksi untuk menggunakan aplikasi galeri ini.

Ini juga berarti bahwa Quickpic tidak akan meng-upload foto atau video kamu ke server sehingga kamu tidak akan kehabisan paket data.

8. Gallery Vault

9. Smart Gallery Pro

10. DV Gallery

Kesimpulan

Sebenarnya masih ada banyak lagi aplikasi galeri keren yang dapat kamu unduh dan gunakan. Setiap aplikasi yang saya ulas diatas memiliki fitur berbeda untuk kebutuhan yang berbeda pula.

Simple Gallery misalnya, tidak memiliki fitur cloud, namun kelebihannya ia jadi sangat ringan dan tidak menggunakan kuota internet.

Sedangkan untuk Google Photos, ada fitur cloud, namun kekurangannya mungkin akan butuh banyak koneksi internet. Silahkan di pilih sesuai dengan kebutuhan kamu.

Artikel lainnya:

Senior "Hello world" programmer, coffee addict.

Tinggalkan komentar