Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus di HP Samsung

Di beberapa aplikasi bawaan HP Samsung, seperti galeri, file manager, perekam suara, dan pesan, saat kita menghapus sesuatu di aplikasi-aplikasi tersebut, sebenarnya file tidak akan langsung terhapus.

Contohnya, ketika kita menghapus sebuah SMS di aplikasi pesan, maka SMS yang kita hapus tersebut sebenarnya masih ada di folder “sampah” selama 30 hari ke depan.

Misalnya saya menghapua sebuah SMS di tanggal 1 Desember, maka SMS tersebut akan tersimpan di foler “sampah” sampai tanggal 30 Desember.

Dan di rentang waktu tersebut, saya masih dapat mengembalikan lagi SMS tersebut jika saya menginginkannya.

Ini cocok untuk kalian yang sering berkomunikasi menggunakan SMS kemudian ternyata ada SMS berisi informasi penting yang tidak sengaja kalian hapus.

Kalian masih dapat mengembalikannya, selama waktu penghapusannya belum melebihi 30 hari.

Baca juga: Cara Mengganti Wallpaper di HP Samsung

Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus di HP Samsung

Perhatian: Untuk mengembalikan SMS yang terhapus di HP Samsung, kalian hanya dapat menggunakan aplikasi Pesan bawaan HP Samsung.

Jika kalian menggunakan aplikasis pesan pihak ketiga, maka silahkan cek sendiri apakah aplikasi pesan yang kalian gunakan punya fitur tersebut atau tidak.

Langsung saja buka aplikasi Pesan bawaan HP Samsung kalian. Kemudian ketuk tombol titik tiga yang ada disamping tombol pencarian.

Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus di HP Samsung by Androbuntu 1

Kemudian seperti yang dapat Sobat Androbuntu lihat pada screenshot dibawah ini, akan muncul beberapa opsi. Pilih opsi Sampah.

Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus di HP Samsung by Androbuntu 2

Kalian akan melihat semua pesan yang kalian hapus. Semua pesan tersebut masih tersimpan disini untuk 30 hari ke depan.

Silahkan ketuk tombol Ubah.

Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus di HP Samsung by Androbuntu 3

Setelah itu pilih SMS atau pesan yang ingin dikembalikan. Kalian juga dapat memilih banyak SMS sekaligus jika mau.

Kemudian ketuk tombol Pulihkan.

Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus di HP Samsung by Androbuntu 4

Sekarang kembali ke tampilan awal aplikasi pesan. Maka SMS yang tadi kalian pilih akan muncul kembali di aplikasi tersebut.

Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus di HP Samsung by Androbuntu 5

Kesimpulan

Jika SMS yang ingin kamu kembalikan ternyata sudah tidak ada di folder “sampah” itu artinya SMS tersebut telah dihapus secara permanen karena sudah lebih dari 30 hari dari tanggal ia dihapus.

Atau kemungkinan lainnya adalah kalian menghapus SMS tersebut menggunakan aplikasi pesan pihak ketiga.

Jika kalian menghapus sebuah SMS menggunakan aplikasi lain, maka aplikasi pesan bawaan HP Samsung tidak akan menyimpan SMS tersebut di folder sampah. Sehingga kalian tidak dapat mengembalikannya walaupun belum 30 hari.

Karenanya jika kalian ingin memanfaatkan fitur recovery ini, pastikan kalian hanya menggunakan aplikasi pesan bawaan HP Samsung.

Ikuti TikTok Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari