Cara menggunakan Bing AI di PC, Android & iPhone

Bing adalah mesin pencari online yang dimiliki dan dikembangkan oleh Microsoft Corporation. Diluncurkan pada tahun 2009, Bing sejak itu telah menjadi salah satu mesin pencari terbesar di dunia, dengan jutaan pengguna setiap hari.

Bing memberikan hasil pencarian yang akurat dan relevan dengan fitur pencarian web, pencarian gambar, pencarian video, pencarian berita, dan banyak lagi. Bing juga dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan, seperti penerjemahan bahasa, kalkulator, dan informasi cuaca.

Bing terus berinovasi dan memperbarui fitur-fiturnya untuk memberikan pengalaman pencarian yang lebih baik dan efisien bagi penggunanya. Salah satu fitur baru yang dikembangkan oleh Microsoft adalah Bing AI.

Tertarik mencobanya? Silahkan baca penjelasan lengkah-langkahnya dibawah ini.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi ChatGPT Error

Apa itu Bing AI?

Bing AI adalah salah satu produk yang dikembangkan oleh Microsoft yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk menghasilkan hasil pencarian yang lebih akurat dan relevan. Bing AI adalah salah satu mesin pencari terbesar di dunia dan digunakan oleh jutaan pengguna setiap hari untuk mencari informasi di internet.

Bing AI didasarkan pada berbagai teknologi kecerdasan buatan, seperti mesin learning, analisis data, natural language processing, dan computer vision. Teknologi-teknologi tersebut memungkinkan Bing AI untuk memahami permintaan pencarian pengguna dengan lebih baik, dan memberikan hasil pencarian yang lebih relevan, terorganisir, dan mudah dipahami.

Selain menghasilkan hasil pencarian yang relevan, Bing AI juga dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan, seperti penerjemahan bahasa, kalkulator, dan informasi cuaca, yang dapat membantu pengguna menemukan informasi yang dibutuhkan dengan lebih mudah dan cepat.

Secara keseluruhan, Bing AI adalah salah satu mesin pencari yang paling canggih dan terus berkembang, dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk memperbaiki hasil pencarian dan memberikan pengalaman pencarian yang lebih baik bagi pengguna.

Perbedaan Bing AI dan ChatGPT

ChatGPT dan Bing AI adalah dua jenis mesin kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang memiliki beberapa perbedaan. Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara ChatGPT dan Bing AI:

  1. Arsitektur dan tujuan – ChatGPT dirancang dengan tujuan khusus untuk menghasilkan bahasa alami yang bermakna dan menghasilkan jawaban yang tepat terhadap pertanyaan, sementara Bing AI didesain sebagai mesin pencari yang membantu pengguna menemukan informasi yang relevan di internet.
  2. Pendekatan dan algoritma – ChatGPT didasarkan pada algoritma deep learning yang dikenal sebagai Transformer yang dirancang untuk memproses urutan data panjang, seperti kalimat atau teks. Sementara Bing AI menggunakan berbagai pendekatan dan algoritma, termasuk machine learning, data mining, dan analisis informasi.
  3. Kemampuan – ChatGPT memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menghasilkan jawaban yang bermakna dan terkadang dapat menunjukkan pemahaman dan pengetahuan yang mendalam. Sementara Bing AI lebih terfokus pada memberikan hasil pencarian yang relevan dan terorganisir.
  4. Interaksi – ChatGPT dapat berinteraksi secara real-time dengan pengguna dalam bentuk chat atau obrolan, sementara Bing AI cenderung memberikan hasil pencarian yang statis.

Kesimpulannya, ChatGPT dan Bing AI adalah mesin kecerdasan buatan yang berbeda dalam arsitektur, tujuan, pendekatan, kemampuan, dan interaksi. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan digunakan untuk tujuan yang berbeda-beda dalam menghasilkan jawaban dan informasi yang berguna bagi pengguna.

Cara Menggunakan Bing AI di Komputer

Cara terbaik untuk menggunakan Bing AI di komputer adalah melalui Edge, yaitu browser buatan Microsoft. Bing AI terintegrasi dengan Edge sehingga kita dapat menggunakannya dengan mudah, cepat dan efisien.

Jika kamu belum memasang Microsoft Edge, kamu dapat mengunduhnya disini. Atau jika Sobat Androbuntu adalah pengguna Windows 11, maka Microsoft Edge seharusnya sudah ada di komputer kamu.

  1. Buka Microsoft Edge, lalu login menggunakan akun Microsoft kamu.
  2. Klik tombol Bing AI yang ada di pojok kanan atas jendela Microsoft Edge.
  3. Kemudian akan terbuka kolom percakapan Bing AI, kamu juga dapat memilih nada respon yang akan digunakan oleh Bing AI yang mana tersedia 3 pilihan yaitu kreatif, seimbang dan tepat.
Cara Menggunakan Bing AI 1

Berikutnya kalian segera dapat melakukan percakapan bersama Bing AI, kamu dapat memintanya untuk menuliskan sesuatu atau menanyainya mengenai banyak hal. Berikut ini adalah contohnya:

Cara Menggunakan Bing AI 2

Cara Menggunakan Bing AI di Android dan iPhone

Untuk menggunakan Bing AI, kalian harus mengunduh aplikasi Bing terlebih dahulu. Aplikasi Bing tersedia di Android dan iOS secara gratis.

Buka aplikasi Bing kemudian masuk ke akun Microsoft kamu. Jika belum punya, maka kamu dapat langsung membuatnya menggunakan alamat email aktif yang kamu miliki.

Ketuk tombol Bing yang ada dibagian tengah bawah aplikasi.

Cara Menggunakan Bing AI 3a

Sama seperti Bing AI versi komputer, Bing AI versi Android dan iPhone juga memiliki 3 gaya percakapan yaitu kreatif, seimbang dan presisi. Silahkan pilih mana yang ingin kamu gunakan, preferensi ini dapat diubah kapan saja.

Cara Menggunakan Bing AI 4a

Setelah muncul kolom percakapan, kamu dapat bertanya apa saja kepada Bing AI, kamu bahkan dapat memintanya untuk menjelaskan sesuatu. Contohnya seperti screenshot dibawah ini:

Cara Menggunakan Bing AI 5

Demikianlah cara menggunakan Bing AI di PC, Android, dan iPhone. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, Bing AI adalah kecerdasan buatan yang sangat canggih dengan berbagai fitur yang berguna.

Dengan memahami dan mengoptimalkan fitur-fitur Bing AI, pengalaman pencarian kamu di PC, Android, dan iPhone dapat lebih efektif dan efisien, sehingga memungkinkan kamu menemukan informasi yang kamu cari dengan cepat dan mudah.

Ikuti TikTok Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari