Cara Menggunakan Dynamic Island di Android

Salah satu fitur baru yang paling menarik perhatian saat Apple memperkenalkan iPhone 14 adalah Dynamic Island.

Banyak yang menganggap bahwa Apple sangat cerdas dalam memanfaatkan punch hole yang ada di iPhone generasi terbaru tersebut.

Alih-alih hanya menggunakannya sebagai tempat kamera depan dipasang, Apple mengintegrasikan punch hole tersebut dengan notifikasi, aktivitas dan lainnya.

Alhasil, punch hole tersebut tidak hanya pajangan saja, tapi juga dapat kita gunakan untuk berinteraksi dengan iPhone.

Untuk kalian pengguna Android yang ingin merasakan bagaimana fitur Dynamic Island tersebut kalian dapat mengikuti tutorial dibawah ini.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Assistive Touch di HP Android

Apa itu Dynamic Island?

Dynamic Island adalah fitur esklusif yang hanya tersedia di iPhone 14 Pro, dan merupakan salah satu fitur yang paling banyak menarik perhatian.

Sama seperti namanya, ini adalah sebuah “Island” yang dapat berinteraksi dengan berbagai fungsionalitas iPhone lainnya seperti notifikasi, aktivitas, dan lainnya.

Fitur ini didesain untuk menampilkan berbagai macam informasi berguna untuk para pengguna iPhone, misal ketika ada notifikasi masuk, ketika menghubungkan AirPod, atau ketika perangkat sedang terisi.

Ketika Sobat Androbuntu memutar musik dari aplikasi Apple Music, maka Dynamic Island akan menampilkan gambar album dari lagu tersebut.

Atau ketika kamu mengaktifkan Do Not Disturb, maka Dynamic Island akan menampilkan ikon DND.

Salah satu yang paling menarik dari fitur ini ialah animasinya yang begitu fluid dan menyenangkan untuk dilihat.

Kalian dapat melihat bagaimana Dynamic Island bekerja pada perangkat iPhone 14 Pro pada video dibawah ini:

Tidak lama setelah Apple mengumumkan mengenai fitur ini, banyak pengembang aplikasi Android yang membuat aplikasi yang mereplikasi fungsi dari Dynamic Island.

Sehingga dengan aplikasi tersebut kita para pengguna Android dapat merasakan bagaimana rasanya menggunakan fitur Dynamic Island di HP Android.

Jika kalian juga tertarik untuk mencoba fitur Dynamic Island di HP Android kalian, langsung saja ikuti tutorialnya dibawah ini.

Cara Menggunakan Dynamic Island di Android

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mengunduh aplikasi bernama EDGE MASK.

Ini adalah aplikasi yang akan kita gunakan untuk mereplikasi fungsi Dynamic Island di HP Android kita. Kalian dapat mengunduhnya di Google Play Store, atau klik tautan ini.

Kemudian buka aplikasi tersebut. Jika aplikasi tersebut meminta izin untuk tampil diatas aplikasi lainnya maka izinkan saja.

Izin tersebut dibutuhkan agar EDGE MASK dapat menampilkan notifikasi dan berjalan seperti sebagaimana mestinya.

Kemudian kalian aktifkan Memblokir head-up sistem dan Suara duplikat mencegah seperti pada screenshot dibawah ini:

Cara Menggunakan Dynamic Island di Android by Androbuntu 1
Mengaktifkan Dynamic Island di Android

Setelah mengaktifkan dua opsi diatas, kini aplikasi EDGE MASK akan menangani seluruh notifikasi yang masuk.

Dengan kata lain, setiap ada notifikasi yang masuk, maka tampilannya akan terlihat seperti Dynamic Island yang ada di iPhone 14 Pro.

Cobalah minta teman kamu untuk mengirim pesan WhatsApp agar ada notifikasi yang masuk, maka kamu akan melihat notifikasi pesan WhatsApp seperti Dynamic Island, contohnya seperti milik saya dibawah ini:

Cara Menggunakan Dynamic Island di Android by Androbuntu 2
Tampilan “Dynamic Island” di Android

Sampai disini sebenarnya kalian sudah dapat menggunakan HP Android kalian seperti biasa, dan HP Android kalian akan selalu menampilkan notifikasi menggunakan Dynamic Island.

Namun ada beberapa pengaturan tambahan lain yang dapat kalian ubah dari aplikasi EDGE MASK untuk menyesuaikan penampilan Dynamics Island di HP Android kalian.

Jika di HP Android milik Sobat Androbuntu menggunakan lubang punch hole, maka ada pengaturan untuk mengaktifkan pencahayaan di sekitar lubang tersebut.

Ini akan semakin membuaat aplikasi EDGE MASK benar-benar mirip seperti Dynamic Island yang ada di iPhone.

Cara mengaktifkan fitur ini adalah masuk ke menu Efek pada aplikasi EDGE MASK, kemudian aktifkan Pencahayaan lubang pukulan.

Cara Menggunakan Dynamic Island di Android by Androbuntu 3

Sekarang cobalah lihat ke area dibagian punch hole di HP Android kamu, setelah notifikasi disembunyikan akan ada efek cahaya disekitar punch hole seperti pada Dynamic Island di iPhone 14 Pro.

Pengaturan berikutnya yang juga dapat kamu ubah ialah penggunaan Always On Display (AOD), tapi fitur ini hanya dapat diaktifkan jika HP Android kalian menggunakan layar AMOLED.

Untuk mengaktifkannya, masuk ke menu Pengaturan lanjutan lalu aktifkan opsi Selalu dipajang (AOD).

Cara Menggunakan Dynamic Island di Android by Androbuntu 4

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan EDGE MASK untuk terus menampilkan notifikasi di layar.

Namun tidak perlu takut kehabisan baterai, karena fitur AOD seperti ini terkenal sangat hemat baterai.

Itu dia tadi tutorial bagaimana cara mengaktifkan fitur seperti Dynamic Island di HP Android menggunakan aplikasi EDGE MASK.

Walaupun tidak sempurna, namun setidaknya aplikasi ini dapat memberikan sedikit pengalaman bagaimana rasanya menggunakan fitur Dynamic Island.

Artikel lainnya:

Pemikir, cowok rumahan.