Cara Menggunakan TunnelBear VPN di Android

Ada banyak sekali aplikasi VPN yang dapat kita unduh di Google Play, baik yang gratis maupun yang berbayar. Namun berhati-hatilah jika kalian menggunakan aplikasi VPN gratisan karena biasanya mereka akan menjual data-data kalian.

Di lain sisi, VPN berbayar adalah opsi yang cerdas jika kalian ingin menggunakan VPN dengan jaminan keamanan yang lebih besar. Nah, salah satu aplikasi VPN berbayar yang saya rekomendasikan adalah TunnelBear.

Jika Sobat Androbuntu belum yakin dengan layanan VPN dari TunnelBear, kalian dapat mencobanya terlebih dahulu. Kalian akan diberikan kuota 500MB gratis untuk mencoba seberapa baik layanan VPN mereka.

Baca juga: Cara Menggunakan Eagle VPN di HP Android

Cara Menggunakan TunnelBear VPN di Android

Aplikasi TunnelBear tersedia secara gratis di Google Play Store untuk semua merek HP Android. Aplikasi ini dapat berjalan lancar di merek Xiaomi, Samsung, Sony, Nokia, Acer, Asus, OPPO, Advan, atau merek lainnya.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah versi Android yang kalian gunakan, minimum Android yang dapat menggunakan TunnelBear yaitu Android 7.1.

Langsung saja, berikut ini adalah langkah-langkah cara menggunakan VPN di Android tanpa root menggunakan TunnelBear:

  1. Pertama Soba Androbunu perlu mengunduh terlebih dahulu aplikasi TunnelBear di Google Play Store.
  2. Setelah TunnelBear terpasang di HP Android kamu, kemudian buka aplikasinya. Ketika pertama kali membuka TunnelBear, kamu harus mendaftarkan sebuah akun. Silahkan daftarkan sebuah akun menggunakan email aktif.
Cara Menggunakan VPN Di Android Pakai TunnelBear Gratis

3. Setelah itu geser slider yang ada dibagian atas aplikasi, kemudian muncul dialog konfirmasi, sentuh saja tombol OKE. Lalu tunggu beberapa saat hingga HP kamu selesai dihubungkan ke layanan VPN milik TunnelBear.

Cara Menggunakan VPN Di Android Pakai TunnelBear Gratis

4. Berikut ini adalah tampilan TunnelBear jika HP kamu sudah terhubung ke VPN. Dibagian bawah kamu juga bisa memilih negara mana yang kamu inginkan. Alamat server VPN default yang akan kita gunakan berlokasi di Amerika Serikat.

Cara Menggunakan VPN Di Android Pakai TunnelBear Gratis

5. Untuk mengujinya, kamu bisa mengakses halaman situs yang diblokir oleh pemerintah, contohnya adalah Tumblr. Pada tutorial kali ini saya mengakses halaman Tumblr milik Androbuntu Media. Seperti yang bisa kamu lihat pada screenshot dibawah ini, saya bisa megnaksesnya tanpa kendala.

Cara Menggunakan VPN Di Android Pakai TunnelBear Gratis

Catatan

TunnelBear VPN memberikan Sobat Androbuntu layanan VPN gratis dengan akses terbatas. Setiap bulannya kamu diberikan kuota sebesar 500MB untuk berselancar di internet menggunakan VPN.

Jika kamu sudah menghabiskan jatah kuota gratis tersebut, maka kamu tidak bisa lagi menggunakan TunnelBear. Kamu harus tunggu bulan depan lagi untuk mendapatkan jatah VPN gratis berikutnya.

Alternatif lainnya, kamu bisa berlangganan paket berbayar sehingga bisa menggunakan layanan VPN dari TunnelBear lebih lama.

Nah, itu dia tadi cara menggunakan VPN di Android tanpa root. Lain kali, saya akan menulis tutorial cara menggunakan VPN di Xiaomi dan merek HP Android lainnya secara spesifik.

Ikuti TikTok Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari