Cara Menonaktifkan Aplikasi Sistem di Android Tanpa Root dan PC

Salah satu hal yang paling sering dikeluhkan oleh para pengguna HP Android adalah banyaknya bloatware atau aplikasi bawaan pabrik yang tidak berguna. Aplikasi-aplikasi ini selain memakan banyak penyimpanan internal juga menghabiskan banyak RAM.

Entah kenapa para pabrikan HP Android tidak menyediakan opsi untuk menonaktifkan aplikasi-aplikasi bloatware tersebut. Sehingga membuat HP Android buatannya menjadi lambat.

Untungnya, saat ini ada berbagai macam cara yang dapat digunakan untuk menonaktifkan aplikasi di HP Android. Baik itu menggunakan PC ataupun tanpa PC. Untuk opsi menggunakan PC, saya sudah pernah membahasnya disini.

Nah, di artikel Androbuntu kali ini saya akan tunjukkan ke kalian bagaimana cara untuk menonaktifkan aplikasi sistem di HP Android tanpa menggunakan PC sama sekali. Kalian juga tidak perlu root.

Download Aplikasi Shizuku dan Ice Box

Dalam tutorial ini, kita akan memanfaatkan dua aplikasi benama Shizuku dan Ice Box. Fungsi aplikasi Shizuku singkatnya adalah untuk melakukan peintah debugging tanpa menggunakan kompute.

Sedangkan Ice Box adalah aplikasi untuk menonaktifkan aplikasi dan game yang kita inginkan. Tanpa Shizuku, Ice Box tidak dapat berjalan. Silahkan download kedua aplikasi tersebut melalui link berikut:

Setelah kedua aplikasi terpasang di HP Android milik Sobat Androbuntu, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Aktifkan Mode Pengembang

Ini adalah fitur bawaan dari Android yang memungkinkan kita untuk menggunakan fitur-fitur tersembunyi. Kita perlu mengaktifkan fiturr mode pengembang terlebih dahulu.

Caranya masuk ke menu Settings > About phone, kemudian ketuk menu Android version sebanyak 7 kali hingga muncul tulisan “Anda sudah menjadi pengembang”.

Kembali ke menu Settings, sekarang kalian akan melihat ada menu baru bernama Developer options. Masuk ke menu tersebut dan aktifkan.

Cara Menonaktifkan Aplikasi Android 1

Tutorial lengkap cara mengaktifkan opsi pengembang dapat kalian baca disini.

Buka Aplikasi Shizuku

Jika opsi pengembang sudah aktif, buka aplikasi Shizuku. Kemudian ketuk tombol Start.

Cara Menonaktifkan Aplikasi Android 2

Kemudian ketuk tombol Developer options yang muncul di aplikasi Shizuku.

Cara Menonaktifkan Aplikasi Android 3

Sobat Androbuntu kemudian akan masuk ke menu Developer options. Aktifkan opsi USB debugging dan Wireless debugging. Kemudian masuk ke menu Wireless debugging.

Cara Menonaktifkan Aplikasi Android 4

Ketuk menu Pair device with pairing code.

Cara Menonaktifkan Aplikasi Android 5

Kamu akan melihat ada 6 digit angka yang muncul. Contohnya seperti pada screenshot dibawah ini:

Cara Menonaktifkan Aplikasi Android 6

Buka bilah notifikassi lalu masukkan angka terrsebut ke dalam kotak yang ada pada aplikasi Shizuku. Kemudian ketuk Send.

Cara Menonaktifkan Aplikasi Android 7

Kembali ke aplikasi Shizuku. Dibagian atas aplikasi ini kamu akan melihat ada tulisan Shizuku is running, itu artinya aplikasi ini sudah berjalan.

Ketuk menu Authoized application. Lalu izinkan aplikasi Ice Box untuk mengakses Shizuku.

Cara Menonaktifkan Aplikasi Android 8
Cara Menonaktifkan Aplikasi Android 9

Buka Aplikasi Ice Box

Langkah terakhir adalah membuka aplikasi Ice Box. Kemudian pilih aplikasi atau game yang ingin kamu nonaktifkan.

Untuk menonaktifkan aplikasi, caranya ialah dengan mengetuk kotak ceklis yang ada disamping nama aplikasi atau game.

Cara Menonaktifkan Aplikasi Android 10

Aplikasi atau game yang kamu pilih kemudian akan langsung dinonaktifkan. Kamu tidak akan melihat ikon aplikasi tersebut pada launcher.

Jika ingin mengaktifkannya kembali, buka Ice Box dan hilangkan tanda ceklis. Maka aplikasi tersebut akan dapat digunakan kembali.

Perhatian: Shizuku adalah aplikasi yang sepenuhnya gratis. Ice Box juga dapat kamu gunakan secara gratis untuk menonaktifkan 10 aplikasi.

Jika ingin menonaktifkan lebih banyak aplikasi, kamu harus membeli aplikasi Ice Box premium.

Tutorial ini juga dapat kalian tonton pada video berikut:

Artikel lainnya:

Pemikir, cowok rumahan.