Cara Scan QR Code di Android

Quick Response Code (QR Code) atau kode response cepat adalah salah satu cara terbaik untuk membagikan kode atau teks apa pun itu dengan cepat. Kita dapat menggunakan QR Code untuk membagikan password WiFi, kode produksi makanan, dan masih banyak lagi.

Untuk membaca QR Code biasanya ada alat khusus yang disebut dengan scanner atau pemindai. Alat ini biasanya dapat kalian lihat pada kasir di minimarket.

Namun kini HP Android biasa sudah dilengkapi dengan kapabilitas untuk membaca QR Code. Dan di artikel ini, saya akan tunjukkan bagaimana cara untuk memindai QR Code di HP Android.

Baca juga: Cara Melihat Barcode WiFi di Android

Cara Scan QR Code di Android

Silahkan akses aplikasi kamera di HP Android milik Sobat Androbuntu.

Cara Scan QR Code di Android 1

Setelah itu arahkan kamera kalian ke QR Code yang ingin dipindai. Jika tidak ada respon dari kamera, maka coba ubah posisi atau dekatkan / jauhkan kamera dari objek.

Cara Scan QR Code di Android 2

Setelah berhasil dipindai, maka aplikasi kamera akan menampilkan isi yang ada di dalam QR Code tersebut. Untuk menampilkan opsi lainnya, ketuk tombol Show options.

Cara Scan QR Code di Android 3

Kemudian kamu akan melihat ada dua pilihan yaitu Open link dan Copy. Jika ingin membuka link tersebut di browser, maka langsung saja ketuk Open link. Tapi jika ingin menyalinnya ketuk saja Copy.

Cara Scan QR Code di Android 4

Bagaimana, sangat mudah bukan? Cara di atas dapat di lakukan di hampir semua jenis HP Android. Terutama yang sudah menggunakan HP Android versi 5 dan yang lebih baru.

Lalu, bagaimana jika HP kalian menggunakan Android versi yang lebih lama? Tenang saja, kalian dapat menggunakan aplikasi QR Code Scanner yang dapat kalian unduh di Google Play Store.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari