Cara Menghapus Riwayat Penelusuran Google Play Store

Sama seperti ketika menggunakan mesin pencari, kadang kita juga sering memasukkan kata kunci yang aneh-aneh di kolom pencarian Google Play Store. Entah kata kunci yang berbau vulgar, dan semacamnya.

Nah, sayangnya, Google Play Store akan menyimpan semua kata kunci yang pernah kamu masukkan. Sehingga ketika ada orang lain yang meminjam HP Android kamu dan membuka Google Play Store, mereka bisa melihat apa yang pernah kamu cari.

Kalau kamu sering mencari yang aneh-aneh, ‘kan malu. Tapi untungnya, kamu juga bisa menghapus histori penelusuran di Google Play Store. Jadi aman deh. Tidak akan ada yang tahu kamu cari apa saja disana.

Untuk kamu yang sering cari hal-hal aneh di Google Play Store, berikut ini adalah cara menghapus riwayat penelusuran Google Play.

Baca juga: 5 Tipe Pengguna Android Indonesia Saat Berkomentar di Google Play

Cara Menghapus Riwayat Penelusuran Google Play Store di Android

1. Berikut ini adalah tampilan riwayat pencarian di Google Play Store. Semua kata yang pernah kamu masukkan di kolom pencarian akan muncul ketika kamu menyentuh kolom pencarian tersebut.

Cara Menghapus Riwayat Penelusuran Google Play Store Di Android

2. Untuk menghapusnya, buka menu Setelan Google Play Store yang ada disebelah kiri aplikasi.

Cara Menghapus Riwayat Penelusuran Google Play Store Di Android

3. Lalu sentuh opsi “Hapus histori penelusuran lokal”.

Cara Menghapus Riwayat Penelusuran Google Play Store Di Android

4. Selesa. Sangat cepat dan mudah bukan?

Sekarang riwayat penelusuran tidak akan lagi muncul ketika kamu menyentuh kolom penelusuran.

Saran saya, hapuslah riwayat penelusuran secara rutin. Terutama untuk kamu yang sering meminjamkan HP Android ke adik, tetangga ataupun teman. Biar mereka tidak tahu apa saja yang kamu cari di Google Play Store.

Dan berikut ini adalah beberapa alasan kenapa kamu harus menghapus riwayat penelusuran Google Play kamu secara rutin:

  • Jika kamu ingin menjaga privasi kamu, kamu bisa menghapus riwayat penelusuran Google Play Store dengan mudah melalui menu setelan di aplikasi atau pengaturan perangkat.
  • Riwayat penelusuran Google Play Store bisa menjadi sumber informasi pribadi yang tidak ingin kamu bagikan dengan orang lain. Kamu bisa menghapusnya dengan beberapa langkah sederhana di aplikasi Play Store atau pengaturan perangkat.
  • Kamu bisa membersihkan riwayat penelusuran Google Play Store yang sudah menumpuk dengan cara menghapusnya melalui menu setelan di aplikasi Play Store atau menu clear data di pengaturan perangkat.
  • Menghapus riwayat penelusuran Google Play Store bisa membantu kamu menghemat ruang penyimpanan dan meningkatkan kinerja perangkat. Kamu bisa melakukannya dengan cara masuk ke menu setelan di aplikasi Play Store atau menu clear data di pengaturan perangkat.
  • Riwayat penelusuran Google Play Store bisa mengungkapkan minat dan kebiasaan kamu dalam mencari aplikasi atau game. Jika kamu tidak ingin hal ini diketahui oleh orang lain, kamu bisa menghapus riwayat penelusuran Google Play Store dengan cara mengakses menu setelan di aplikasi Play Store atau menu clear data di pengaturan perangkat.
  • Kamu bisa menghapus riwayat penelusuran Google Play Store yang mungkin mengandung kata kunci sensitif atau rahasia dengan cara menghapusnya melalui menu setelan di aplikasi Play Store atau menu clear data di pengaturan perangkat.
  • Riwayat penelusuran Google Play Store bisa mempermudah kamu untuk mencari kembali aplikasi atau game yang pernah kamu cari sebelumnya. Namun, jika kamu ingin menghapusnya karena alasan tertentu, kamu bisa melakukannya dengan cara menghapusnya melalui menu setelan di aplikasi Play Store atau menu clear data di pengaturan perangkat.
  • Kamu bisa menghapus riwayat penelusuran Google Play Store yang mungkin mengganggu tampilan atau fungsi aplikasi Play Store dengan cara menghapusnya melalui menu setelan di aplikasi Play Store atau menu clear data di pengaturan perangkat.
  • Riwayat penelusuran Google Play Store bisa menjadi bukti aktivitas kamu dalam mencari aplikasi atau game di Play Store. Jika kamu ingin menghapus jejak kamu, kamu bisa menghapus riwayat penelusuran Google Play Store dengan cara menghapusnya melalui menu setelan di aplikasi Play Store atau menu clear data di pengaturan perangkat.
  • Kamu bisa menghapus riwayat penelusuran Google Play Store yang mungkin berisi kata kunci yang tidak relevan atau salah ketik dengan cara menghapusnya melalui menu setelan di aplikasi Play Store atau menu clear data di pengaturan perangkat.

Ada pertanyaan seputar artikel ini? Tanyakan di Discord Androbuntu