Rekomendasi Laptop 2-in-1 Terbaik 2023

Laptop 2-in-1 adalah jenis laptop yang memiliki kemampuan untuk berfungsi sebagai tablet dengan mengubah mode layar menjadi mode sentuh dan dapat ditekuk hingga 360 derajat. Laptop 2-in-1 juga terkadang dilengkapi dengan stylus atau keyboard terpisah. Perlu dicatat bahwa karena desain unik laptop 2-in-1, mereka memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan laptop biasa dengan spesifikasi yang sama.

Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah hardware utama dari laptop 2-in-1. Meskipun prosesor dan kartu grafis penting, layar sentuh adalah aspek yang paling krusial. Pastikan memiliki layar dengan resolusi Full HD dan saturasi warna yang cukup – spesifikasi layar yang lebih rendah akan membuat penggunaan laptop 2-in-1 dalam mode tablet menjadi kurang maksimal.

Kamu juga harus mempertimbangkan antara laptop Windows dan Chromebook. Jika kamu memilih perangkat Windows, pilihlah CPU Intel Core i3 atau AMD Ryzen 3, minimal 8GB RAM, dan setidaknya 512GB penyimpanan SSD agar OS dapat berjalan dengan lancar. Untuk Chromebook, kamu bisa mendapatkan spesifikasi yang sedikit lebih rendah karena ChromeOS membutuhkan daya yang lebih sedikit daripada Windows. Namun, kamu mungkin kesulitan menemukan model dengan banyak penyimpanan internal.

Jika kamu mencari laptop 2-in-1 untuk pekerjaan kreatif, pastikan spesifikasi tertentu cukup baik untuk menangani pekerjaan kamu. Untuk menggambar, layar sentuh dan fungsi stylus sangat penting; untuk pengeditan foto, akurasi warna layar adalah faktor kunci.

Sedangkan untuk laptop 2-in-1 gaming, pastikan kartu grafis (GPU) cukup baik untuk game kamu. Meskipun laptop ini tipis, kamu masih bisa menemukan beberapa pilihan GPU yang baik. Namun, pastikan kamu memeriksa wattage GPU sebelum membuat pilihan, terutama jika itu adalah GPU NVIDIA. Wattage untuk model GPU yang sama berbeda-beda di setiap laptop, begitu juga dengan performanya.

Terakhir, kehandalan engsel pada laptop 2-in-1 menjadi hal yang perlu diperhatikan. Engsel pada laptop 2-in-1 adalah salah satu komponen penting, mengingat seberapa sering kamu melipat laptop. Oleh karena itu, pastikan mekanisme engsel yang kuat dan kokoh – bahkan laptop 2-in-1 paling canggih tidak berguna jika engsel mudah rusak.

Dalam kesimpulannya, sebelum membeli laptop 2-in-1, pastikan kamu mempertimbangkan beberapa faktor penting seperti layar sentuh, spesifikasi hardware, dan kehandalan engsel. Dengan memperhatikan faktor-faktor ini, kamu akan dapat menemukan laptop 2-in-1 yang tepat untuk kebutuhan kamu.

Lenovo Yoga 9i

Laptop 2-in-1 Terbaik 1

Lenovo dikenal sebagai produsen laptop berkualitas tinggi, dan jika Kamu sedang mencari laptop 2-in-1 terbaik, Lenovo Yoga 9i adalah pilihannya. Dilengkapi dengan prosesor Intel Core i7 Generasi ke-12, RAM LPDDR5 16GB, dan penyimpanan NVMe SSD 512GB atau 1TB, laptop ini akan memberikan performa terbaik untuk tugas produktivitas Kamu.

Lenovo Yoga 9i hadir dengan dua opsi layar OLED sentuh berukuran 14 inci dan rasio aspek 16:10. Kamu dapat memilih layar resolusi 2,8K dengan refresh rate 90Hz atau layar resolusi 4K dengan refresh rate 60Hz. Kedua pilihan ini memiliki cakupan warna yang luar biasa, mencakup 100% ruang warna DCI-P3, dan kecerahan hingga 400 nits.

Meskipun tidak dilengkapi dengan kartu grafis terdedikasi, Lenovo Yoga 9i masih mampu menjalankan game yang lebih ringan. Laptop ini lebih cocok digunakan untuk tugas produktivitas, dan memiliki daya tahan baterai yang luar biasa sehingga dapat digunakan sepanjang hari. Dengan teknologi Rapid Charge Boost, Kamu bisa mengisi baterai hingga dua jam hanya dengan 15 menit pengisian.

Menurut ulasan Lenovo Yoga 9i dari situs saudari kami, Review Geek, meskipun harganya cukup mahal, laptop 2-in-1 ini sangat direkomendasikan untuk Kamu yang membutuhkan laptop yang terbaik dalam performa dan kualitasnya. Selain itu, desain bodi aluminiumnya membuat laptop ini sangat nyaman digunakan dalam mode tablet.

Lenovo IdeaPad Flex 5i 14-Inch

Laptop 2-in-1 Terbaik 2

Lenovo IdeaPad Flex 5i menawarkan pilihan perangkat keras yang lebih baik dan cocok untuk menangani sebagian besar beban kerja mahasiswa. Laptop 2-in-1 ini cocok untuk tugas-tugas tipikal mahasiswa dan dilengkapi dengan pilihan konfigurasi yang berbeda.

Dalam hal CPU, Kamu dapat memilih antara Intel Core generasi ke-12 i3, i5, dan i7. Model i3 mungkin cukup untuk pekerjaan ringan, namun i5 merupakan pilihan yang lebih masuk akal untuk harga dan kinerjanya. Laptop ini dilengkapi dengan RAM 8GB DDR4 dan penyimpanan SSD NVMe 512GB Gen 4 yang lebih cepat.

Meskipun layar tidak termasuk dalam kategori yang terbaik, layarnya cukup responsif terhadap sentuhan dan memiliki kecerahan yang cukup baik. Namun, jika Kamu membutuhkan akurasi warna yang lebih tinggi, Kamu perlu melihat ke laptop lain.

Lenovo IdeaPad Flex 5i memiliki desain yang bagus dan kualitas bangunan yang baik. Versi 2022 dilengkapi dengan engsel baru yang membuatnya mudah digunakan dalam mode laptop dan tablet. Kamu juga akan mendapatkan daya tahan baterai yang luar biasa, dan fitur Rapid Charge dari Lenovo membantu pengisian daya yang cepat saat diperlukan.

Secara keseluruhan, Lenovo IdeaPad Flex 5i mungkin sedikit lebih mahal dari beberapa pilihan anggaran, tetapi dengan konfigurasi yang tepat, Kamu akan mendapatkan kinerja yang solid untuk menangani tugas-tugas mahasiswa dengan baik.

Asus ROG Flow X16

Laptop 2-in-1 Terbaik 3

Bentuk 2-in-1 selalu menjadi tantangan karena ukurannya yang ringkas sulit untuk menampung hardware gaming yang besar. Oleh karena itu, hanya sedikit laptop 2-in-1 gaming yang tersedia di pasaran, tetapi ASUS ROG Flow X16 adalah pilihan terbaik yang ada.

ASUS ROG Flow X16 dilengkapi dengan beberapa hardware yang sangat baik. Prosesor Ryzen 9 6900HS yang kuat dan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 3050 Ti, 3060, atau 3070 Ti memberikan performa gaming yang luar biasa. Dilengkapi dengan RAM DDR5 hingga 64GB dan penyimpanan SSD NVMe PCIe Gen 4 hingga 2TB, kamu juga dapat menambahkan GPU eksternal RTX 3080 menggunakan kotak GPU eksternal XG Mobile milik ASUS.

Dengan sejarah ASUS yang terkenal dengan laptop gaming mereka, ASUS ROG Flow X16 memberikan pengalaman gaming yang sangat baik. Tapi bukan hanya itu, laptop 2-in-1 ini memiliki tampilan utama yang juga sangat bagus.

Layar Mini-LED yang brilian dari ASUS ROG Flow X16 berjalan pada resolusi QHD+ dengan refresh rate 165Hz. Kamu dapat menikmati cakupan 100% dari ruang warna DCI-P3 dan kecerahan 1.100 nit. Pengalaman gaming yang luar biasa ketika kamu menggunakan laptop ini dalam mode tablet.

Meskipun memiliki hardware yang mumpuni, laptop ini tetap ringan dengan berat hanya sekitar 4,59 pon. Ini sangat ringan untuk laptop gaming, terutama mengingat ukurannya yang mencapai 16 inci. Kualitas pembuatan laptop ini sangat baik, tetapi daya baterainya mungkin tidak begitu tahan lama, meskipun cukup untuk sesi gaming.

Acer Chromebook Spin 713

Laptop 2-in-1 Terbaik 4

Acer memang dikenal sebagai produsen laptop yang memberikan nilai terbaik untuk uang yang kamu keluarkan, dan Acer Chromebook Spin 713 bisa dibilang merupakan salah satu laptop Chromebook terbaik yang pernah dihasilkan oleh Acer.

Berbeda dengan laptop-laptop lain yang menawarkan perangkat keras terbaru dan terbaik, Chromebook Spin 713 menawarkan spesifikasi yang sangat ideal. Kamu akan mendapatkan CPU Intel Core Generasi ke-11 dengan opsi antara chip i3, i5, dan i7, serta RAM LPDDR4X 8GB atau 16GB dan penyimpanan SSD 256GB. Meskipun tampak kurang besar, perangkat ini sangat mumpuni untuk menjalankan ChromeOS. Kamu juga dapat menggunakan Thunderbolt 4 untuk mengatasi keterbatasan penyimpanan internal.

Namun, bintang utama dari laptop ini adalah layarnya yang memiliki rasio 3:2 dengan resolusi 2.256 x 1.504 piksel. Layar ini bukan hanya salah satu layar terbaik yang bisa kamu dapatkan pada sebuah Chromebook, tapi juga sangat cocok untuk laptop Windows dengan harga yang sama. Layar ini menampilkan warna yang sangat baik dengan kecerahan yang memadai, dan rasio 3:2 adalah pilihan yang tepat untuk laptop 2-in-1 ini, membuat pengalaman menggunakan laptop ini semakin luar biasa, terutama saat digunakan dalam mode tablet.

Perangkat ini memiliki kualitas bangunan yang sangat kokoh, membuatnya terasa seperti mesin premium yang biasa kamu lihat pada laptop mahal. Selain itu, umur baterainya juga sangat baik dan dapat bertahan sepanjang hari, yang cukup mengesankan mengingat Chromebook ini menggunakan layar dengan resolusi tinggi dan chip Intel x86 yang memang notabene dapat mengurangi umur baterainya.

Microsoft Surface Pro 8 

Laptop 2-in-1 Terbaik 5

Microsoft Surface Pro 8 adalah komputer multifungsi yang dapat mengubah pengalamanmu dalam menggambar. Sebagai laptop 2-in-1 terbaik dari Microsoft, Surface Pro 8 awalnya dirancang sebagai tablet dengan kickstand dan keyboard terpisah. Namun, kemampuannya untuk menggambar begitu luar biasa sehingga membuatnya menjadi pilihan teratas untuk para seniman.

Dari segi perangkat keras, kamu akan mendapatkan prosesor Intel Core i5 atau i7 Generasi ke-11 yang sangat powerful. Kamu juga dapat memilih kapasitas RAM mulai dari 8GB hingga 32GB LPDDR4x dan penyimpanan SSD dari 128GB hingga 1TB. Meskipun tidak ada GPU terdedikasi yang ditawarkan, namun hal ini tidak menjadi masalah pada perangkat ini.

Layar 13 inci 3:2 PixelSense Flow sangat memukau dengan resolusi 2.880 x 1.920 piksel yang menampilkan tampilan yang jernih dan detail yang luar biasa. Layar ini juga memiliki refresh rate 120Hz dan dukungan multi-touch 10 titik yang membuat pengalamanmu semakin lancar dan mulus.

Tetapi, yang membuat Surface Pro 8 menjadi pilihan teratas kami untuk menggambar adalah Slim Pen 2. Dengan pen ini, kamu akan mendapatkan umpan balik haptik yang meniru sensasi menulis di atas kertas. Pen ini merupakan tambahan bagus untuk pengalaman menggambar secara keseluruhan, dan memungkinkan kamu untuk mengekspresikan kreativitasmu dengan lebih mudah dan natural.

Meskipun umur baterai Surface Pro 8 tidak mencapai 16 jam seperti yang dijanjikan, kamu tetap dapat menggunakan perangkat ini sepanjang hari kerja penuh dengan daya baterai yang cukup. Kualitas bangunan dan desain Surface Pro 8 sangat baik, dan dengan pengalaman Windows pada perangkat first-party ini, kamu tidak akan kecewa dengan kinerja dan kemampuannya.

ASUS Vivobook Flip 14

Laptop 2-in-1 Terbaik 6

Ketika Kamu mencari laptop anggaran terbatas, seringkali harus melakukan beberapa pengorbanan. Namun, ASUS Vivobook Flip 14 memiliki keseimbangan yang sempurna antara pengorbanan dan harga yang terjangkau. Laptop ini tersedia dalam beberapa versi, dengan perbedaan utama terletak pada pilihan CPU. Kami merekomendasikan model yang ditenagai oleh CPU Intel Core i3 Generasi ke-11.

Meskipun hanya dilengkapi dengan 4GB RAM dan 128GB penyimpanan SSD pada harga di bawah $500, Kamu masih mendapatkan laptop yang sangat berharga. Bahkan dengan penjualan, harga ASUS Vivobook Flip 14 bisa turun di bawah $400. Kamu juga akan mendapatkan chassis yang ringan dan engsel yang dapat dikamulkan, seperti yang diharapkan dari ASUS. Distribusi berat badan yang baik memberikan perasaan yang solid saat digunakan sebagai laptop atau tablet.

Meskipun ada beberapa masalah desain, seperti sudut yang tajam dan fleksibilitas dek, ini tidak akan menghambat pengalaman pengguna Kamu. Saat saya mencoba versi Ryzen 5000 yang lebih mahal, yang harganya mencapai $600, tidak ada yang terkesan. Namun, versi i3 memiliki nilai yang lebih baik dibandingkan pesaing langsungnya, termasuk Surface Go 3.

ASUS Vivobook Flip 14 juga memiliki daya tahan baterai yang sangat baik. ASUS menjanjikan baterai yang tahan sepanjang hari, dan kecuali Kamu melakukan tugas berat CPU, itu seharusnya memenuhi angka tersebut. Layar tidak terlalu terang atau akurat dalam warna, tetapi akan memenuhi kebutuhan Kamu.

Jadi, jika Kamu mencari laptop terjangkau dengan keseimbangan sempurna antara harga dan fitur, ASUS Vivobook Flip 14 adalah pilihan yang tepat untuk Kamu.

Setelah melihat beberapa laptop 2-in-1 terbaik yang tersedia saat ini, dapat disimpulkan bahwa teknologi 2-in-1 semakin berkembang dan memberikan banyak pilihan bagi pengguna yang mencari fleksibilitas dalam perangkat komputasi mereka.

Tidak hanya memungkinkan pengguna untuk menggunakan laptop sebagai tablet, tetapi juga memberikan opsi untuk melakukan pekerjaan yang membutuhkan keyboard. Dalam daftar laptop 2-in-1 terbaik untuk tahun 2023, kami melihat berbagai perangkat dari merek terkemuka seperti Lenovo, ASUS, Acer, dan Microsoft.

Dengan fitur-fitur seperti layar Mini-LED, pengalaman menggambar yang hebat, dan baterai tahan lama, masing-masing perangkat menawarkan keunggulan yang berbeda-beda. Dalam akhirnya, pilihan laptop 2-in-1 terbaik tergantung pada kebutuhan dan preferensi pribadi, tetapi kami berharap bahwa daftar ini memberikan panduan awal untuk memulai pencarian Kamu.

Ikuti TikTok Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari